blog/fakta-dan-sejarah-toyota-yaris-di-indonesia

Fakta dan Sejarah Toyota Yaris di Indonesia

02 Okt 2019

Toyota Yaris memang cukup populer di pasar otomotif Indonesia. Apalagi, mobil jenis hatchback tersebut jadi salah satu yang banyak disukai anak muda lantaran desain dan bentuknya yang kompak.

Jika bicara soal Toyota Yaris tentu saja ada beberapa fakta-fakta menarik mengapa mobil ini hadir.

Pertama, Toyota Yaris tak lepas dari sosok mobil mungil Toyota Starlet yang pamornya melesat di era 80-90’an. Ya, Toyota Starlet memang merupakan cikal bakal dari mobil tanpa buntut Toyota Yaris.

Kedua, kehadiran Yaris sendiri ditunjuk sebagai suksesor Starlet yang pertama kali dipamerkan di hadapan public pada ajang Frankfurt Motor Show 1997 dan Tokyo Motor Show 2017 dengan sebutan Toyota Funtime Concept.

Ketiga, Toyota Yaris memang dipasarkan secara global, namun Eropa menjadi landasan pertama mobil ini dipasarkan, dan mengedepankan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan, serta konsumsi bahan bakar yang optimal.

Keempat, nama Yaris sendiri diambil dari kata Charis atau Grace, yang merupakan sosok tiga dewi (The Three Graces atau Charities) dalam mitologi Yunani. Tiga dewi Yunani ini disebut melambangkan pesona, kesuburan, keindahan dan elegan.

Oh iya, kata ‘Ch’ rupanya diganti dengan kata ‘Ja’ atau ‘Ya’ dari bahasa Jerman yang artinya ‘Iya’. Kata tersebut melambangkan sambutan positif dari pasar Eropa terhadap mobil ini.

Kelima, nama Yaris juga ternyata tidak dipakai di sejumlah negara. Faktanya, di Jepang nama Yaris diganti dengan kata Vitz

Keenam, Yaris hadir di segmen hatchback dengan pesaing utama mereka yaitu Honda Jazz, Hyundai Getz, KIA Rio, Suzuki Swift, Ford Fiesta, Renault Clio dan juga Volkswagen Polo.

Setelah melihat fakta-fakta Toyota Yaris, tidak ada salahnya kini kita flashback ke belakang atau melihat sejarah perkembangan mobil tersebut.

Generasi Pertama (1999-2005)

Toyota Yaris generasi pertama hadir dengan  menggunakan platform P atau (XP10). Kehadiran Toyota Yaris ini cukup memikat terlebih masih mengusung Hatchback bergaya 3 dan 5 pintu, namun wheelbase lebih panjang Starlet P90 yang masih diproduksi pada waktu itu.

Yaris generasi pertama ini nyatanya tidak serta merta meluncur di Indonesia pada akhir 90’an. Sebaliknya, di Indonesia awal 2000’an Toyota Starlet masih menjadi primadona.

Di Jepang, Vitz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia dan RS. Clavia adalah model bergaya klasik, sedangkan RS adalah model sporty.

Vitz RS hadir dengan gril jaring, body kit dan interior sporty. Mobil yang sejenis dengan Vitz RS disebut Yaris T-Sport di Eropa, Echo RS di kanada, atau Echo Sportivo di Australia.

Untuk urusan jantung pacu, Toyota Yaris mengusung beberapa pilihan mesin, yakni 1SZ-FE 1000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1300 cc, atau 1NZ-FE 1500 cc bensin. Mesin diesel 1ND-TV 1400 cc hanya tersedia di Eropa.

Generasi Kedua (2005-2013)

Generasi kedua Toyota Yaris  jadi generasi pertama di Indonesia cukup menarik perhatian. Hal ini karena masyarakat melihat Yaris sebagai mobil modern yang mampu mengalihkan desain Starlet yang dianggap jadul.

Kehadiran Toyota Yaris sendiri di Indonesia cukup menarik. Karena bentuknya yang ngembang, tak sedikit orang menyebut mobil Yaris dengan sebutan Yaris Bakpao.

Saat pertama kali Toyota Yaris diluncurkan pada 2006, setidaknya ada tiga varian, yaitu Tipe E, Tipe S, dan Tipe S Limited.

Kendari tipe E paling rendah, namun kenyataanya Yaris sudah disematkan fitur cukup lengkap mulai dari Dual SRS Airbags, ABS, EBD, Brake Assist, dan Electric Mirrors.

Sedangkan tipe S yang membedakannya hanya tambahan body kit, Retractable Electric Mirrors,  dan Intermittent Wiper. Sementara untuk S Limited lebih lengkap dari E dan S, namun mendapatkan tambahan fitur berupa Keyless Entry dan Engine Start/Stop Button.

Kendati baru satu tahun meluncur di Indonesia, selang satu tahun Yaris bakpao mendapatkan ubahan khususnya pada bagian depan yang mirip Vios di masanya.

Selang 2009, Yaris hadir dengan wajah baru yang terlihat pada bagian desain bumper depan, front gril, dan lampu LED di bagian belakang.

Pada tahun ini pula, Toyota Yaris menghadirkan dua tambahan varian yaitu Tipe J (lebih rendah dari E), dan tipe bergaya lebih sporty yaitu TRD Sportivo (awal - J series).

Memasuki 2012 Toyota Yaris versi facelift hadir dengan ubahan minor pada bumper depan dan lampu kabut, bumper dan lampu belakang yang mirip Vitz Jepang. Sedangkan versi TRD Sportivo tetap tersedia namun kali ini berbasis model S dengan tambahan hanya body kit dan aksesoris lainnya tanpa suspensi sport. Ini merupakan facelift terakhir sebelum pergantian model secara total.

Generasi Ketiga (2011- Sekarang)

Toyota Yaris generasi ketiga yang hadir di pasar otomotif nasional pada 2013 ternyata tak lagi dibuat di Thailand, melainkan langsung digarap Toyota Indonesia di pabriknya yang terletak di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Nama panggilan Yaris bakpao juga hilang, namun muncul sebutan baru yaitu Yaris lele. Hal ini dikarenakan wajah depan Yaris dianggap mirip seekor ikan berkumis yang tak lain adalah ikan lele.

Yaris generasi ketiga juga berbeda dengan Yaris generasi ketiga (XP130) untuk pasar Eropa, Australia, Selandia Baru dan Amerika Utara atau Vitz generasi ketiga untuk pasar Jepang, akan tetapi Yaris yang dibuat di Indonesia  berbasis platform yang sama dengan Toyota Vios (XP150), yang juga digunakan untuk pasar Asia.

Pada 2016, Yaris menghadirkan varian terbaru, yang disebut Yaris Heykers. Konon, Yaris Heykers ini masuk segmen crossover dan menggunakan mesin 1500 cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i yang juga digunakan oleh Toyota Sienta generasi kedua.

Tak sampai disitu, pada 20 Februari 2018, Yaris hadir lagi dengan versi facelift dan tersedia dalam tiga tipe yang sama dengan versi pre-facelift serta varian Yaris Heykers dihentikan. Versi facelift ini menggunakan fasia depan yang sama dengan sedan Yaris ATIV, dengan bentuk bodi yang sedikit berbeda dengan versi pre-facelift dan lampu belakang terinspirasi oleh Toyota Auris generasi kedua, tetapi masih lebih jelas mirip dengan Toyota Aygo untuk pasar Eropa.

Nah, jika menginginkan Toyota Yaris bekas dengan kondisi terbaik, maka solusinya terdapat di mobil88. Di sini Anda akan mendapatkan Toyota Yaris dengan kondisi bagus yang usianya tidak terlalu tua.

Di mobil88 ada jaminan berupa buyback guarantee untuk pembelian merek dan tipe mobil apapun. Jika ada salah satu dari poin garansi yang tidak sesuai, Anda tidak akan merugi karena mobil itu bisa dibeli kembali.

Untuk mengetahui berapa kisaran harga mobil Toyota Yaris, Anda bisa langsung melihatnya di situs resmi mobil88.astra.co.id.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan