blog/hati-hati-tertipu-beli-mobil-bekas-banjir

Hati-hati Tertipu Beli Mobil Bekas Banjir

Mobil seken mulus, tetapi banderolnya di bawah rata-rata. Masa iya tidak ada yang mau mengambil tawaran semacam ini?

Namun, jangan langsung tunduk dengan tawaran tersebut. Serius! Pasalnya, bisa saja ada "cerita horor" yang bisa menimpa pembelinya manakala tawaran segar tersebut ternyata jebakan untuk menjual mobil bekas banjir.

"Mobil yang sudah pernah terendam banjir pasti nanti ada masalah, apakah korslet atau masalah lainnya, meski sudah diperbaiki," ujar Chief Operation Officer mobil88, Halomoan Fischer Lumbantoruan, seperti dikutip Kompas.com.

Kenapa air banjir bisa sedemikian bermasalah? Nah, air bening saja kalau mengenai sistem kelistrikan di dalam mobil akan memutuskan aliran listrik yang menyebabkan hubungan pendek alias korsleting.

Untuk air banjir, efeknya bukan cuma memutus aliran listrik, karena banjir entah datang dari mana, dan entah mengandung apa.

Pasalnya, air kotor itu bahkan bukan hanya bisa merusak sistem kelistrikan, melainkan juga mesin.

Contohnya ada pada kasus ketika mesin mobil tiba-tiba terasa tersendat-sendat lalu mati total gara-gara air sudah masuk dan merusak batang penggerak piston atau crankshaft.

"(Perbaikan besar jika) kondisinya bila memang air sudah masuk, dan kondisi crankshaft sudah tidak bisa diputar," kata Saiful Anwar, wakil kepala salah satu bengkel di kawasan Jakarta Timur, seperti dikutip Otomania.

Dengan kata lain, mesin mobil mesti dibongkar total atau yang juga dikenal dengan istilah "turun mesin". Karena itu, jangan pernah beli mobil seken hanya karena lihat luarnya saja. Bodi mulus bukan jaminan mobil sehat luar dalam, seperti yang pernah dibahas dalam artikel “Jangan Tertipu Bodi Mulus Mobil Seken, Cek Kondisi Mesinnya!”

Hanya ada satu kesimpulan jika masalah di atas menimpa pembeli seperti dikatakan kedua narasumber tersebut, yakni biaya yang bikin kita tepok jidat.

"Komponen-komponen yang harus diganti itu biayanya mahal,” ujar Fischer.

Soalnya, belum tentu hanya mesin yang rusak. Pembeli juga akan dihadapkan pada sistem engine control unit (ECU) yang bermasalah, tanpa juga luput dari masalah kebersihan dalam kabin.

Saiful Anwar sendiri menyebut perkiraan biaya sebesar sekian puluh juta rupiah untuk turun mesin, sesuatu yang sudah dipastikan tidak akan menimpa pembeli di gerai mobil88.

Jaminan

Di gerai kami, mobil seken bukan bekas banjir adalah satu dari lima jaminan yang diberikan kepada konsumen. Kelima poin jaminan itu sendiri kami beri nama buyback guarantee.

Bukan cuma bebas dari mobil bekas banjir, buyback guarantee juga menjamin bahwa mobil dari gerai kami bukan bekas tabrakan karena ada efeknya. Selain itu, jumlah kilometer di odometernya tidak diutak-atik sehingga pembeli tidak tertipu dengan usia mobil, seperti pernah dibahas dalam artikel “Ini Hasilnya kalau Kilometer di Odometer Mobil Diutak-atik”.

Di luar urusan fisik, jaminan tersebut juga menyentuh masalah hukum. Jaminannya adalah mobil seken dari gerai kami dipastikan punya nomor rangka dan nomor mesin yang sesuai dengan nomor di BPKB dan STNK sehingga tidak ada masalah saat perpanjangan pajak dan kaitannya terhadap persoalan hukum lainnya.

Bahkan, kami juga menjamin mobil bebas sengketa, hal yang tidak mudah dilihat secara fisik pada mobil seken. Lagi pula, masa rasa senang bisa beli mobil malah berujung pada kasus hukum. Mudah-mudahan tidak begitu akhir ceritanya.

Siap upgrade mobil? Cek stok mobil kami di halaman ini yuk.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan