blog/hindari-resiko-beli-mobil-bekas-dengan-tips-berikut

Hindari Resiko Beli Mobil Bekas dengan Tips Berikut

17 Des 2019

Membeli mobil bekas hampir mirip dengan berburu harta karun. Sebab, jika kita mencari mobil bekas dengan sabar dan teliti, bukan tak mungkin mendapatkan mobil yang diinginkan dengan kondisi terbaik.

Membeli mobil bekas sendiri merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang menginginkan memiliki sebuah kendaraan yang bisa digunakan bersama keluarga, rekan atau teman namun dengan budget terbatas.

Hanya saja, membeli mobil bekas kerap harus menanggung resiko, seperti usia mobil semakin tua, maka akan memiliki resiko adanya kerusakan.

Oleh karena itu, saat membeli mobil bekas yang perlu diperhatikan bukan hanya soal harga saja, tetapi juga kualitas. Sebaliknya, jika hanya mementingkan harga, bukan mungkin Kamu bakal rugi karena harus merogoh kocek lebih lantaran harus memperbaiki kerusakan.

Supaya tak salah langkah saat membeli mobil bekas, berikut ada beberapa tips yang bisa diikuti.

 

Teliti Sebelum Membeli

Melakukan riset sebelum membeli mobil bekas merupakan salah satu langkah penting yang sering diabaikan oleh calon konsumen. Cara yang semakin mudah dilakukan di zaman now yaitu memanfaatkan internet untuk melakukan riset terkait informasi jenis dan model mobil, fitur-fitur dan teknologi, hingga harga jual.

Kamu juga bisa membandingkan antara satu merek dengan merek lainnya sebelum akhirnya memilih satu yang pas sesuai budget. Cara demikian bisa dilakukan agar kamu bisa bernegosiasi dengan si penjual dan terhindar dari penipuan.

 

Lakukan Studi Banding

Ketika hendak membeli mobil bekas ada baiknya berpikir secara logis, apakah mobil yang hendak dibeli sesuai dengan harapan atau tidak. Nah, karena itu cara yang cukup menarik adalah mencari mobilnya kemudian dibandingkan.

Jangan malu untuk mencatat beberapa kelebihan dan kekurangan dari setiap mobil yang hendak dibeli.

 

Menentukan Budget

Saat pergi ke diler, pastikan Kamu sudah mengetahui dan memiliki budget yang akan dikeluarkan untuk membeli mobil bekas. Jika harga memang tipis, tidak ada salahnya untuk melakukan tawar menawar.

Jangan sampai Kamu harus mengeluarkan uang lebih karena tak mengatur budget untuk membeli mobil. Apabila ingin membelinya secara kredit, maka pastikan cicilan tersebut tidak mengganggu pengeluaran Anda yang lain dan kemungkinan mobil ditarik leasing.

 

Cek Riwayat Mobil Langsung

Apabila Kamu membelinya secara online, jangan langsung percaya dengan tampilannya yang mulus difoto. Pastikan melihat kondisi mobil secara langsung agar bisa mengecek kerusakan yang kasat mata dan tak terlihat di tampilan foto seperti membeli kucing dalam karung.

Ada baiknya Kamu datang menghampiri dan langsung melakukan pengecekan secara rutin yang masih mudah dijangkau. Oh iya, Anda juga dapat memeriksa catatan servis (service record) mobil tersebut. Tentu saja ini menghindari apakah mobil rutin masih bengkel atau kerusakan yang pernah terjadi.

Dengan keberadaan service record, Kamu dapat mengetahui apakah sang pemilik merawat mobilnya dengan baik atau tidak. Bila mobil rutin servis berkala, maka kondisinya pun akan baik. Sebaliknya jika kurang maka mobil juga jadi tidak sehat.

 

Jangan Lupa Lakukan Test Drive

Sebelum akhirnya menentukan pilihan dan membelinya, pastikan Kamu melakukan test drive terlebih dahulu. Test drive juga sangat penting untuk mengetahui performa dan kondisi mobil.

Jika memang sudah jatuh cinta dengan satu mobil, Kamu juga bisa meminta bantuan mekanik untuk memastikan kondisi mobil masih bagus dan laik dibeli. Jangan sampai baru ketika mengetahui kerusakan saat mobil sudah dibeli dan harus mengeluarkan biaya untuk mereparasinya.

 

Pastikan Beli Mobil Bekas Di Dealer Yang Memberikan Garansi

Tak seperti mobil baru, diler mobil bekas jarang mendapatkan garansi. Kamu tentu tak mau merugi kan saat membeli mobil bekas? Nah, kamu tak perlu khawatir ketika membeli mobil bekas di mobil88.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, mobil88 memberikan jaminan atas kualitas produk dan layanan yang terangkum dalam buku garansi mobil bekas mobil88. Buku garansi hadir sebagai komitmen mobil88 dalam memberikan jaminan bagi konsumen, melengkapi proses seleksi, uji mutu dan layanan jual beli mobil bekas yang dijalankan tim mobil88.

Manfaat buku garansi ini secara garis besar memberikan jaminan keamanan dokumen kendaraan dari sisi keaslian dokumen dan bebas kasus hukum, kondisi mobil bebas banjir dan bebas tabrakan, jaminan nomor rangka dan mesin fisik sesuai dengan yang tercantum di BPKB, yang terakhir jaminan bebas manipulasi odometer. Dengan adanya buku garansi, konsumen akan merasa lebih aman dan nyaman membeli mobil di mobil88.

Konsumen juga diberi kemudahan untuk mengklaim garansi tersebut. Konsumen cukup datang ke cabang mobil88 di mana konsumen melakukan transaksi. Hanya dengan melampirkan dokumen pendukung klaim, yakni buku garansi, faktur jual, SPK (Surat Pesanan Kendaraan), dan identitas pribadi, mobil88 akan memverifikasi data dan memenuhi klaim konsumen.

Yuk cari mobil idaman mu di mobil88, cek disini sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan