/blog/honda-supra-17-tahun-merajai-indonesia

Honda Supra, 17 Tahun Merajai Indonesia

Honda Supra-series merupakan varian Honda yang paling memorable alias memberikan banyak kenangan buat sebagian besar warga Indonesia.

Wajar, sudah 17 tahun sang raja motor bebek ini menemani banyak warga Indonesia menggapai mimpi-mimpinya.

Dari aktifitas sehari-hari baik menimba ilmu di sekolah, wara-wiri di dunia kerja, hingga dipakai untuk touring menjelajah berbagai pelosok Indonesia.

Kisah Sang Raja Motor Bebek dimulai pada tahun 1997. Honda menelurkan varian pertama Supra yaitu Honda Supra dengan kapasitas mesin 100cc.

Bentuknya yang simple namun bertenaga dan terkenal irit bahan bakar membuatnya menjadi pilihan banyak orang.

Generasi Supra yang pertama ini belum menggunakan rem cakram. Sistem pengereman masih berupa drum brake yang lazim dikenal sebagai rem tromol di bagian depan dan belakang.

Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1999 ketika Honda meluncurkan Supra X. Dari sisi desain body dan mesin memang tidak banyak berubah.

Honda Supra X sudah dibekali disc brake rem cakram di bagian depan nih Brosis. Pengereman yang makin oke bikin berkendara makin safety dan pede.

Alhasil, makin banyak orang yang memilih Supra X sebagai tunggangan mereka sehari-hari.

Varian selanjutnya mulai menyentuh bagian mesin.

Fitur baru tersebut adalah Manual Clutch alias kopling tangan! Nah, pada tahun 2002 Honda mengeluarkan Honda Supra XX dan Honda Supra V yang menganut sistem kopling manual tersebut.

Bedanya kedua varian tersebut, Honda Supra XX dibekali elektrik dan kick starter, sedangkan Honda Supra V hanya dibekali kick starter.

Tidak hanya penambahan kopling manual, sebenarnya banyak perubahan berarti pada kedua seri tersebut. Konstruksi mesinnya sudah seperti Astrea Legenda yaitu blok silinder tidak lagi menggunakan besi cor namun sudah alumunium dengan sirip kesamping.

Jika diukur blok silindernya sudah lebih tinggi dari 69 mm jadi 72,5 mm. Blok silinder lebih tinggi untuk mengimbangi pemakaian stang piston yang lebih panjang sehingga setang piston tidak menonjok blok dan juga mengurangi gesekan mesin sehingga panas mesin dapat berkurang.

Perubahan tersebut membuat panjang rantai keteng berubah, asalnya dari 28 menjadi 32 mata.

Lanjut ke varian berikutnya yaitu Honda Supra Fit yang muncul di tahun 2003. Body masih sama dengan supra terdahulu, namun perbedaan terlihat pada tambahan headlamp yang menggunakan 2 bohlam dan lampu senja.

Model ini juga digemari banyak masyarakat Indonesia sebab dianggap cocok dengan kondisi jalanan Indonesia. Mesin tetap bandel dan irit bahan bakar.

Dari varian Supra Fit, jalur Supra mulai terbelah dua. Yaitu X series dan Fit series.

Kita lanjut ke pembahasan Supra X series!

Mulai pada tahun 2005 mulailah era kebangkitan Sang Raja Motor Bebek. Honda Supra tidak dibekali dapur pacu 100cc lagi.

Kapasitasnya terdongkrak menjadi 125cc. Penambahan kapasitas mesin tentunya dibarengi dengan naiknya power. Hebatnya, konsumsi bensin Sang Raja bebek tetap terkenal irit.

Desain body pun mulai modern dan sporty!

Pada tahun 2005 Honda mengeluarkan Honda Supra X 125 PGM-FI. Motor ini adalah pelopor sistem injeksi di Indonesia.

Dengan Programmed Fuel Injection/PGM-FI, Supra X 125 PGM-FI terkenal memiliki polusi atau gas buang yang terbilang rendah bila dibandingkan dengan motor yang sejenis. Penggunaan PGM-FI adalah komitmen Honda untuk memperbaiki kualitas udara di Indonesia.

Pada tahun 2007, terjadi perubahan desain Supra X 125.

Modelnya terlihat lebih agresif dengan pemakaian double headlamp. Garis-garis bodi-nya pun mengalami perubahan. Lebih streamline, ramping, dan juga ringkas.

Gebrakan Sang Raja dimulai lagi pada tahun 2011. Pada tahun tersebut lahirlah Honda Supra X 125 Helm-in.

Fitur utama yang diusung adalah bagasi ekstra besar yang mampu menampung helm! Meski namanya Helm in, tapi bagasinya gak cuman untuk masukin helm. Ibaratnya, kalau helm aja bisa masuk, berarti barang-barang yang lain bisa masuk juga.

Akhirnya setelah 17 tahun merajai pangsa motor Bebek di Indonesia, Honda mengeluarkan lagi senjata ampuhnya. Sang Raja Kembali lagi dengan segudang fitur menarik.

Bukti dari inovasi Honda yang terus berkelanjutan. Ya, New Honda Supra X125 PGM-FI resmi meluncur pada Februari tahun 2014 !

Sesuai dengan komitmen Honda untuk membirukan langit Indonesia. Polusi udara diminimalkan dengan sistem pengabutan PGM-FI. Gak cuma itu aja, fitur-fitur menarik seperti power outlet untuk charging peralatan elektronik pun diaplikasikan.

Fitur ini pertama di Indonesia! Gak usah takut batre hape mati pas lagi jalan-jalan nih.

Gak cuma itu aja, masih banyak segudang fitur menarik di New Honda Supra X 125 PGM-FI yang membuatnya pantas dijuluki sang Raja Motor Bebek Indonesia.

Menurut data yang terhimpun, Honda Supra series telah menemani 14 juta masyarakat Indonesia dalam beraktifitas mencapai mimpi-mimpinya.

Kepercayaan dari jutaan masyarakat Indonesia-lah yang membuat PT. AHM terpacu semangatnya untuk memberikan yang terbaik untuk konsumen Indonesia.

“Kami percaya model baru ini kan lebih menyatukan ikatan emosional yang telah mendukung merek Supra X selama ini,” ungkap Johannes Loman selaku Executive Vice President Director AHM. “Desainnya yang ramping dan sporty akan semakin disukai anak muda. Kami berharap untuk terus menemani masyarakat Indonesia untuk mewujudkan impian mereka,” lanjutnya.

Selama 17 tahun ini, Anda pasti pernah mengendarai Honda Supra series.

Atau jangan-jangan ada yang masih punya Supra generasi pertama yang masih terawat? Wah salut banget!

Source : welovehonda.com
Picture : welovehonda.com

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan