×

blog/immobilizer-bisa-cegah-pencurian-mobil-begini-cara-kerjanya

Immobilizer Bisa Cegah Pencurian Mobil, Begini Cara Kerjanya

28 Jul 2020

Hampir sebagian besar mobil baru yang beredar di Indonesia saat ini sudah dilengkapi sistem pengaman kunci immobilizer. Sistem keamanan ini katanya bisa mencegah mobil dicuri oleh maling, lalu seperti apa cara kerjanya?

 

Immobilizer Terintegrasi Dengan ECU

Kunci jenis immobilizer adalah sistem keamanan pada mobil yang terintegrasi dengan ECU atau komputer mobil. Sistem ini membuat mobil yang dimiliki oleh sang pemilik hanya dapat dinyalakan lewat satu buah anak kunci saja.

Mobil yang menggunakan kunci immobilizer berarti mobil tersebut telah dilengkapi dengan microchip yang diprogram agar bisa dikenali ECU. Ketika kamu memasukkan kunci mobil ke lubang kunci atau membawa kunci mobil mendekati mobil, maka kunci mentransmisikan kode elektronik ke dalam kendaraan.

Mesin mobil kamu akan menyala jika ECU mampu membaca microchip tersebut, sedangkan jika tidak sama, maka maka mesin mobil tidak dapat hidup. Walaupun mobil kamu bisa dicongkel kunci pintunya dengan kunci palsu, tapi tetap saja untuk menyalakan mesin tidak akan bisa. 

 

Baca juga : Mengenal Apa itu ECU Mobil dan Fungsinya

 

Lantas, apakah dengan sistem immobilizer ini berarti mobil kamu aman dari tindak pencurian? Yang jelas sistem ini merupakan sistem yang paling terkini, meski begitu orang jahat tentunya akan mencari cara untuk bisa membobol sistem ini. 

Masalah keamanan, dengan sistem immobilizer ini sudah pasti mobil kamu akan lebih aman ketimbang mobil tanpa immobilizer. Akan tetapi lebih baik jika kamu menyediakan kunci pengaman cadangan juga untuk mobil kamu. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Jika kamu sedang mencari mobil bekas yang sudah dilengkapi dengan sistem immobilizer, jangan lupa carinya di mobil88 ya. Di sini ada banyak mobil bekas keluaran terbaru dengan sistem kekinian lengkap dari berbagai tipe.

Yuk, kalau mau cek unit mobil bekas di mobil88 kamu bisa langsung cek di website resminya di www.mobil88.astra.co.id dan juga melalui aplikasi yang bisa kamu download baik di Google Play Store ataupun Appstore, atau kamu bisa langsung aja klik disini : Daftar Mobil Bekas di mobil88.

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan