blog/ingin-beli-kijang-innova-yuk-intip-estimasi-biaya-perawatannya

Ingin Beli Kijang Innova? Yuk Intip Estimasi Biaya Perawatannya

31 Okt 2020

Dalam membeli mobil, baik baru atau bekas yang biasa dilihat oleh masyarakat adalah biaya perawatannya. Tentunya mobil dengan biaya perawatan murah akan lebih dilirik, karena dianggap tidak membuat sang pemilik boros di kantong. Nah bagaimana dengan biaya perawatan untuk Toyota Kijang Innova, mobil keluarga yang sudah akrab di keluarga Indonesia sejak lama ini? Yuk intip estimasinya.

Biaya Kepemilikan Kijang Innnova

Biaya kepemilikan atau disebut juga sebagai Total Ownership Cost (TOC) untuk Toyota Kijang Innova ternyata cukup kompetitif atau tidak menguras kantong sang pemiliknya. Biaya TOC ini adalah biaya yang harus dikeluarkan pemilik mobil, sejak membeli mulai dari uang muka dan angsuran jika pembelian dilakukan secara kredit, pajak yang harus dibayarkan saban tahun, biaya perawatan berkala yang berupa ongkos penggantian suku cadang dan servis, biaya untuk pembelian bahan bakar.

Bahkan TOC ini bisa dihitung sampai depresiasi atau penyusutan dari nilai mobil yang bersangkutan, termasuk ketika mobil dijual kembali, sampai bisa kita ketahui berapa harga jual di pasar sekunder atau pasar mobil bekas. Hal ini terbukti dengan Kijang Innova yang punya harga stabil di pasar mobil bekas, terutama untuk yang bermesin diesel. 

Baca juga : Tips Agar Toyota Kijang Innova Dihargai Tinggi Saat Dijual

Biaya Perjalanan atau Biaya Konsumsi Bahan Bakar

Yang penting adalah biaya perjalanan yaitu ongkos bahan bakar (BBM), kemudian biaya perawatan baik untuk pembelian suku cadang maupun servis atau perbaikan. Untuk Toyota Kijang Innova, baik bermesin bensin maupun diesel, rata-rata menghabiskan Rp 5, 1 juta – Rp 5,2 juta hingga jarak tempuh 50.000 kilometer. Karena sampai jarak tempuh 50.000 kilometer biaya jasa servis masih gratis. Jadi pemilik kendaraan hanya membayar harga sparepart dan oli saja.

Biaya Perawatan Kijang Innova

Pada masa enam bulan pertama, atau jarak 10.000 kilometer, biaya perawatan Kijang Innova diesel yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 850.000. Biaya tersebut untuk pembelian minyak pelumas atau oli, filter udara, filter oli, serta gasket.

Untuk biaya servis 20 ribu km masih sama seperti periode servis sebelumnya. Hanya saat servis keempat atau 30 ribu km, biayanya sedikit meningkat menjadi Rp 1,159 juta. Rinciannya untuk ganti oli, gasket oli, filter oli, dan filter udara. 

Kemudian pada 40 ribu km, biaya servis untuk Innova bertransmisi manual maupun otomatis akan naik, masing-masing Rp 1,650 juta dan Rp 1,438 juta. Biaya ini untuk ganti oli, gasket oli, filter oli, filter bahan bakar, cairan rem, oli transmisi, dan oli differential.   

Biaya perawatan mobil memang akan naik, seiring dengan penggantian sparepart yang juga berkaitan dengan penggunaan mobil yang menempuh jarak lebih jauh. Namun, biaya-biaya tersebut masih sangat rasional, karena sesuai dengan harga sparepart dan nilai inflasi yang ada.

Namun ketika menginjak 50 ribu km, rincian biaya servis dan penggantian suku cadang sama seperti pada saat 10 ribu km. Sehingga untuk Kijang Innova, hingga penggunaan 50.000 kilometer pertama, total biaya perawatan Innova bermesin diesel matik sekitar Rp 5.170.000 sementara versi manualnya Rp 5.386.000. 

Sebagai catatan, rincian biaya servis ini hanya termasuk suku cadang dalam buku servis, tidak termasuk part lain yang punya umur habis pakai seperti cairan radiator, kampas rem, dan lainnya.

Baca juga : Mengenal Kijang Innova Reborn, Mobil Legendaris Toyota yang Makin Modern

Nah, untuk kamu yang ingin tahu harga bekas Toyota Kijang Innova kamu bisa cek langsung di mobil88 e-store ya. Ada berbagai tipe dan tahun untuk Innova dan juga mobil keluarga lainnya dengan harga yang terjangkau lho! Cek langsung disini : Daftar Harga Bekas Toyota Kijang Innova.

Jika kamu mau menjual mobil lama kamu terlebih dulu juga bisa di mobil88, lho. Patinya jual mobil di mobil88 prosesnya cepat dan aman, pasalnya mobil88 merupakan dealer mobil bekas terbesar dan terpercaya yang sudah hadir di Indonesia dan memiliki pengalaman lebih dari 32 tahun. 

Bahkan, di mobil88, kamu bisa mendapatkan solusi jual mobil secara cepat, bahkan hanya butuh waktu 30 menit saja sampai proses jual beli selesai. Tidak hanya itu, tapi prosesnya pun bisa dari rumah. Kamu cukup isi form pada halaman Jual mobil, selanjutnya tim dari mobil88 akan segera menghubungi dalam waktu 30 menit. Untuk proses inspeksi cukup #DariRumahAja, tim dari mobil88 yang akan datang ke lokasi untuk melakukan inspeksi. Sangat mudah, bukan?

Team appraisal professional mobil88 akan melakukan inspeksi dan memberikan penawaran harga dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraanmu. Setelah deal, kamu akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam.

Penasaran? Yuk cek langsung di www.mobil88.astra.co.id.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan