×

blog/ingin-lapis-ulang-jok-mobil-perhatikan-side-airbagnya

Ingin Lapis Ulang Jok Mobil, Perhatikan Side Airbagnya!

13 Okt 2020

Ngomong ngomong soal interior mobil tentu ada satu bagian yang paling penting didalamnya. Bagian itu adalah jok mobil, bagian ini merupakan bagian terpenting didalam interior karena merupakan tempat yang diduduki oleh pengemudi dan penumpang. Apabila jok mobil kamu nyaman sudah pasti pengalaman berkendara mu pun jadi terasa enak dan nyaman.

Karena memegang peranan penting dalam kenyamanan dan estetika mobil, tidak jarang yang melapis ulang jok mobilnya dengan bahan tertentu yang diinginkan. Biasanya ini dilakukan di mobil yang memiliki bahan jok fabric yang ingin upgrade ke bahan kulit asli / sintetis supaya tidak gampang kotor.

Melapis ulang jok mobil tentu dengan mudah dilakukan di semua bengkel interior. Tetapi tunggu dulu, hal ini tidak berlaku untuk mobil kamu yang memiliki side airbag atau pemanas / pendingin jok ya sahabat mobil88. Ada hal hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin melapis ulang jok mobil kamu yang memiliki fitur fitur tersebut. Jangan sampai abai, karena kesalahan dalam melapis jok bisa merusak fitur fitur mobil tersebut lho. Nah mau tahu apa saja yang harus kamu perhatikan ketika ingin melapis ulang jok mobil yang punya side airbag dan pemanas / pendingin jok? Yuk simak penjelasan dibawah.

 

Jahitan Jok Harus Rapi dan Mengikuti Pola Airbag Samping

Di setiap jok mobil yang memiliki side airbag tentu memiliki knock cover / tempat keluarnya airbag. Nah jika ingin melapis ulang bahan pelapis jok haruslah dijahit dengan pola double stitching yang sangat rapi alurnya dan harus mengikuti pola dari airbag samping. Selain itu dalam pemasangannya tidak boleh menutupi knock cover dari side airbag itu sendiri, hal ini bertujuan agar fungsi airbag samping dapat keluar tanpa terhalang apabila terjadi insiden kecelakaan.

 

Baca Juga : Tips Mengatasi Kabin Mobil Berisik

 

Pemasangan Lapisan Jok Tidak Boleh Mengganggu Kelistrikan Jok

Jok yang memiliki side airbag, pemanas dan pendingin tentu memiliki sistem kelistrikan sendiri. Oleh karena itu ketika ingin melapis ulang jok mobil yang memiliki fitur fitur ini pastikan pemasangannya tidak mengganggu kabel kabel atau elemen pemanas yang ada di jok. Hal ini bertujuan supaya setiap fungsi jok tidak terganggu dan menimbulkan malfungsi di kemudian hari.

 

Perhatikan Pori Pori Pelapis pada Jok Berpendingin

Apabila kamu memiliki mobil dengan fitur pendingin jok, pastikan bahan pelapis yang ingin kamu pakai memiliki lubang pori pori yang cukup. Lubang pori pori ini berfungsi sebagai tempat keluarnya angin pendingin dari jok yang berguna untuk mendinginkan punggung dan kaki kamu. Apabila pelapis jok yang ingin kamu pasang tidak memiliki lubang pori pori tentu saja akan merusak fungsi pendingin ini karena angin tidak dapat keluar dari jok.

 

Percayakan Kepada Bengkel Spesialis

Pemasangan lapisan jok pada mobil mobil yang memiliki fitur fitur ini tentu saja hanya bisa dihandle oleh bengkel spesialis. Bengkel bengkel spesialis interior yang bisa menghandle mobil ini biasanya memang sudah terbiasa melayani mobil eropa / mobil high end yang memiliki fitur fitur ini. Tentu saja cara kerjanya berbeda dengan bengkel interior biasa karena adanya fitur fitur canggih didalam jok yang membuat pengerjaannya menjadi lebih rumit.

 

Baca Juga : Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Tukar Tambah Mobil

 

Memang, proses melapis ulang jok mobil dengan side airbag pastinya lebih rumit daripada mobil pada umumnya, terkadang faktor bosan / kurang nyaman terhadap bahan interior mobil membuat pemiliknya rela repot untuk melakukan hal tersebut. Tentunya ada alternatif lain untuk kamu yang sudah bosan sama interior mobil kamu dan nggak mau repot. Jual aja mobil kamu di mobil88! Tentunya harganya bersaing dan prosesnya sangat mudah dan cepat. Kamu juga bisa melakukan trade in dengan ratusan stok kendaraan bekas berkualitas dari mobil88 yang bisa kamu pilih! 

Tunggu apalagi, yuk jual / trade in mobil kamu di mobil88 sekarang juga!

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan