/blog/ini-8-alasan-beli-mobil-seken-bikin-untung

Ini 8 Alasan Beli Mobil Seken Bikin Untung

17 Mar 2019

Lagi cari-cari mobil seken buat dibeli? Kalau memang iya, maka sebenarnya membeli dengan pilihan tersebut banyak untungnya juga loh.

Setidaknya, ya, ada delapan keuntungan yang bisa kami ceritakan di sini. Keuntungan-keuntungan itu pun buka hanya soal faktor harga, mutu, tetapi juga hal-hal lain, seperti asuransi, bahkan bisa memuaskan hobi. Oh ya? Coba deh yuk kita lihat satu-satu.

1. Harga lebih murah

Banderol yang terpampang untuk mobil seken umumnya akan lebih bersahabat. Soalnya, kalau bicara mobil baru, harganya bagaimanapun akan turun setelah digunakan, alias ketika kemudian menjadi mobil seken.

"Harga mobil cenderung akan turun dari tahun ke tahun," kata Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer mobil88, kepada Kompas.com.

Jadi, kalau timbang-timbang berdasarkan budget, membeli mobil seken cenderung lebih cocok ketimbang mencari mobil yang baru.

2. Isi tidak murahan

Mobil seken itu bukan berarti isinya murahan. Soalnya, kalau dipikir-pikir ya, beli mobil bekas murah sebenarnya kan sama saja seperti membeli mobil yang "dulunya pernah mahal".

Otomatis, spesifikasinya juga mumpuni alias kelas atas, seperti layar hiburannya sudah model colek sentuh bahkan sudah ada pairing dengan Bluetooth atau masuk-keluar mobil tanpa harus colok kunci (keyless entry).

Plus, kenyamanannya juga lebih baik karena, misalnya, suspensinya secara standar lebih empuk mengingat dulunya adalah mobil mahal, seperti yang pernah kami ceritakan di Mobil Seken Bukan Mobil "Murahan".

3. Prestise

Salah satu keuntungan saat memilih mobil yang seken, sadar atau tidak disadari, adalah keuntungan secara prestise.

Seperti sudah kami sebutkan tadi, mobil seken kan bisa jadi dulunya adalah mobil yang mahal, atau ya kita bisa bilang, dulunya adalah mobil kelas atas.

Kalau kita bilang kelas atas (atau bolehlah kita bilang keren), maka tampilannya tidak serta-merta "ke-keren-annya" lekang, sekalipun statusnya sudah seken.

Ibaratnya, dibanding naik mobil kelas standar, dengan budget yang sama, kita bisa membeli dan memakai mobil yang secara level ekonomi lebih baik. Saat di jalan, kita secara tersirat akan bilang "we drive a better car nih".

4. Model beragam

Dalam setahun-dua tahun, mobil baru yang diperkenalkan di Indonesia bisa dikatakan berjumlah 50 hingga 100 model, apalagi saat pameran akbar digelar.

Ketika bandingkan dengan jumlah mobil seken, jumlahnya jauh lebih banyak karena bukan hanya bicara mobil keluaran tahun kemarin tetapi juga tahun-tahun kemarinnya lagi. Nah, banyak banget kan?

Alih-alih, pilihannya juga jadi banyak, seperti aneka ragam mobil yang disediakan di gerai kami, mobil88.

Mau SUV, sedan mewah, model hatchback sport, pick-up double cabin, minibus untuk bisnis, semua tersedia dan sudah dikategorikan dengan rapi di situs kami. Kalau mau yang paling laris di pasaran, di situ juga semuanya tersedia.

5. Tetap Aman

Kami bisa bilang, beli mobil seken di gerai kami, yang merupakan bagian dari PT Serasi Autoraya (SERA) di bawah perusahaan Astra, juga bisa tetap aman.

Soalnya, mobil seken "yang dulunya pernah mahal" pasti punya spesifikasi keamanan yang bawaan dari pabriknya sudah di atas standar.

Nah, di gerai kami, aneka perangkat dalam mobil, termasuk yang mendukung keselamatan itu, juga sebisa mungkin dipastikan tetap berfungsi.

Soalnya, kalau ada orang yang jual mobilnya ke kami, semuanya akan diseleksi terlebih dulu untuk bisa masuk gerai. Kemudian, mobil akan dicek dan diperbaiki, dicek lagi setelah perbaikan, masuk salon sebelum dipajang, dan akan dicek lagi sebelum dikirim ke pembeli.

6. Tak Terlalu Khawatir Harga Turun

Nah, ini juga enaknya kalau beli mobil seken. Harganya terbilang stabil asalkan tetap terawat.

Gambarannya seperti ini. Kalau mobil baru, harganya dipastikan akan turun ketika dijual kembali. Bahkan mungkin si pemilik bisa saja merasakan harganya turun 30 persen setelah dijual kembali karena berbagai faktor, mulai dari usia mobil, hingga pertimbangan populitasnya di Indonesia.

Kalau mobil seken, asalkan terawat, seperti yang kami tawarkan di gerai, harga pasarannya tidak akan jauh berbeda ketika dijual lagi.

7. Asuransi bisa lebih murah

Saat membeli mobil seken, kita bisa juga mengasuransikannya. Bahkan preminya bisa lebih murah karena angka persen akan dikalikan dengan harga mobil, yang nilainya sudah di bawah harga mobil baru.

Biaya premi asuransi itu memang disesuaikan dengan adanya tambahan faktor lain mengingat mobil seken punya pertimbangan usia dan hal lainnya.

Sekalipun demikian, biaya tetap bisa di bawahnya secara total, mengacu ke harga pasaran mobil seken kita yang dijadikan angka pengali.

8. Modifikasi

Ini jadi keuntungan mereka yang hobi dengan aksesori otomotif atau sekadar ingin mempermanis tampilan mobil.

Soalnya, berbeda dengan mobil baru, mobil seken sudah bebas dari garansi pabrik jika ingin melakukan modifikasi.

Habis beli lalu mau ganti velg yang model dan ukurannya sesuai selera, tambah perangkat hiburan yang lebih besar dan lebih canggih, ataupun modifikasi kaki-kaki, asalkan pemasangannya benar dan tidak membahayakan, kenapa tidak.

Namun, meski sudah selesai dari garansi pabrik, mobil seken yang dibeli di gerai kami masih punya garansi lagi. Garansi itu kami namai garansi buyback.

Dalam garansi itu, mobil yang dibeli dari gerai kami dijamin bukan bekas banjir dan bukan bekas tabrakan. Selain itu, kilometer di odometernya pun asli. Lalu, nomor rangka dan mesin sesuai STNK dan BPKB.

Garansi ini memang menjadi satu dari delapan keuntungan membeli mobil di gerai kami yang akan dibahas dalam artikel selanjutnya. Tunggu ya!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan