×

blog/ini-dia-perbedaan-aki-basah-dan-aki-kering-pada-mobil

Ini Dia Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering Pada Mobil

02 Mar 2021

Bagi kamu para pengguna mobil, wajib tahu kalau pada aki itu terdiri dari dua jenis, yaitu aki basah dan aki maintenance free (MF) atau dikenal dengan sebutan aki kering. Masing-masing model tersebut tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan.

Aki Kering

Pertama kita ulas dari aki kering, jenis ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu tidak perlu ada perawatan rutin, sedangkan aki kering memiliki harga yang relatif lebih mahal. Soal keawetan tergantung dari perawatan dan bagaimana cara penggunaannya. 

Aki kering ini umumnya menggunakan gel sebagai pengganti air aki dan sangat bergantung pada kondisi mesin dan juga komponen kelistrikan pada mobil, karena sifatnya yang tidak perlu perawatan. Jika ada komponen yang bermasalah dan dibiarkan berlarut maka risikonya aki kering ini dapat mudah rusak.

Aki Basah

Selanjutnya aki basah, jenis aki ini perlu mendapatkan perawatan, paling tidak rajin mengisi cairan yang ada di dalam. Sebab, cairan pada aki basah dalam kurun waktu tertentu akan menguap dan perlu ditambah agar umur aki bisa bertahan lama. Secara harga juga aki basah ini sedikit lebih murah dari aki kering.

Baca juga : Selain Aki, Inilah Penyebab Mobil Susah di Starter

Mengenai masa pakai, asalkan keduanya mendapatkan perawatan yang rutin, seperti dibersihkan, diisi cairan, maka bisa mencapai dua tahun. Tetapi, jika malas merawat, umur aki tersebut hanya bisa bertahan sekitar satu tahun.

Nah kalau aki mobil kamu terus menerus bermasalah mungkin itu tandanya kamu sudah harus mengganti mobil dengan yang lebih muda. Langsung saja kalau kamu tertarik mencari mobil bekas berkualitas, kamu bisa mencarinya di mobil88. Karena di mobil88 sekarang bukan hanya bisa beli mobil bekas secara online, tapi kamu juga bisa melihat unitnya secara langsung dan juga test drive dari rumah lho. Ya, mobil88 sekarang ini menghadirkan layanan Car On Delivery (COD) untuk setiap konsumennya. 

Layanan COD ini memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 e-store secara online, baik melalui website www.mobil88.astra.co.id, atau juga melalui aplikasi yang bisa kamu download di Google Play Store maupun Apple App Store

Mau tahu caranya gimana? Gampang banget, cukup kamu akses laman resmi mobil88 atau aplikasinya. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih mobil yang jadi incaran kamu. Di mobil88, banyak pilihan merek mobil dan juga modelnya. 

Kamu dapat melakukan pencarian komprehensif berdasarkan merek, harga, tahun, transmisi, lifestyle, hingga promo dan hot deal. Setelah mendapat pilihan mobil yang ingin kamu beli, tinggal lakukan booking showing melalui fitur Live Chat. Nah, dari sini kamu tinggal janjian deh dengan tim mobil88 untuk showing unitnya. Mudah sekali bukan?

Ingin tahu ada mobil apa saja saat ini di mobil88? Yuk klik disini www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan