/blog/ini-penyebab-kerusakan-remote-alarm-mobil

Ini Penyebab Kerusakan Remote Alarm Mobil

18 Mar 2019

 

Remote alarm memiliki peran penting pada alarm mobil Anda. Namun, terkadang remote alarm mengalami gangguan, sehingga tidak berfungsi normal.
Berikut ini beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada remote alarm :

Tombol remote rusak. Rusaknya tombol remote biasanya dikarenakan usia remote yang sudah lama sehingga kualitasnya semakin menurun. Secara fisik tombol remote terlihat pecah atau karet keypad-nya yang rusak. remote rusak juga bisa disebabkan karena salah penggunaan misalkan terlalu sering mengantongi remote di kantong celana sehingga saat duduk remote akan tertekan.
Penyebab lainnya yaitu jatuh dan terendam air juga bisa menyebabkan kerusakan pada remote. Tandanya saat di tekan remote-nya lampu LED di-remote tidak menyala. Solusinya bisa diperbaiki atau diganti remote-nya, tergantung dari tingkat kerusakannya.


Baterai remote habis. Sumber listrik yang ada di remote mobil adalah baterai yang berada di dalam remote mobil dan suatu saat akan habis muatan listriknya. Untuk pergantian baterai remote jangka waktunya kurang lebihnya satu tahun sehingga banyak yang tidak ingat melakukan pergantian baterai remote secara rutin setiap tahun satu kali.
Baterai remote yang perlu diganti adalah remote utama dan remote cadangan. Apabila baterai remote habis maka akan kesulitan membuka pintu mobil karena harus melakukan secara manual dengan anak kunci dan alarm akan bunyi terus saat pintu dibuka.

Gangguan frekuensi alarm. Penyebabnya karena BTS, pemancar radio, kamera CCTV dan logam protector. Gangguan ini terjadi hanya di tempat tertentu, pada beberapa merk atau tipe mobil. Terutama yang mempunyai frekuensi mendekati sama dengan frekuensi yang ada di lokasi tersebut.
Solusinya, pindahkan mobil ke tempat lain yang memiliki frekuensi yang berbeda sehingga alarm akan berfungsi normal kembali. Untuk mengatasi hal ini pihak pabrikan mobil sudah menghadirkan sistem alarm dengan frekuensi ganda untuk tipe mobil tertentu, sehingga alarm bisa memilih salah satu frekuensi yang saat itu berbeda.

Modul alarm tidak normal. Untuk masalah ini yang terjadi adalah alarm bunyi terus sedangkan remote kadang berfungsi kadang tidak. Cara mengatasinya, lepaskan modul alarm-nya agar alarm sementara tidak aktif, terutama untuk alarm mobil yang modulnya masih terpisah dengan Unit Elektrik Kontrol (ECU) mesin.
Tetapi kalau modulnya sudah menjadi satu dengan ECU mesin maka solusinya harus datang ke bengkel untuk
melakukan reset atau perbaikannya sistem alarm. Apabila sedang non aktif alarm-nya maka akses buka tutup pintu menggunakan anak kunci.

Gambar : cargurus.com

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan