×

blog/ini-perbedaan-pertalite-dan-pertamax-yang-mungkin-belum-kamu-tahu

Ini Perbedaan Pertalite dan Pertamax Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

22 Jun 2020

Sejak 2014 silam, pemerintah Indonesia sudah membatasi penjualan bahan bakar bersubsidi, dimana untuk bahan bakar bensin adalah Premium. Untuk itu, pemerintah melalui PT Pertamina menyediakan bahan bakar non subsidi yang baru yaitu Pertalite.

Sejak saat itu pun, Pertalite menjadi pilihan banyak masyarakat pengguna kendaraan bermotor sebagai pengganti Premium. Pasalnya kadar oktan yang dimiliki oleh Pertalite ini lebih tinggi dari Premium. Sementara harga jualnya lebih murah dari Pertamax yang memiliki kadar oktan di atasnya.

Memiliki harga yang lebih murah dari Pertamax, Pertalite tentu saja memiliki perbedaan lain dari Pertamax yang mungkin belum kamu tahu. Apa saja perbedaannya?

 

1. Nilai Oktan Yang Lebih Rendah

Nilai oktan adalah ukuran dari kualitas bahan bakar minyak untuk mesin bensin yang diambil dari nilai Research Octane Number (RON). Nilai RON ini berlaku di seluruh dunia dan Pertalite memiliki nilai RON 90. Sementara Pertamax punya nilai RON yang lebih tinggi yaitu 92.

Adanya perbedaan nilai oktan ini membedakan tekanan yang bisa diberikan sebelum pembakaran bensin secara spontan. Di mana semakin tinggi nilai oktan sebuah BBM, maka bahan bakar tersebut akan lebih lama terbakar. Selain itu juga, untuk kendaraan modern sekarang ini dengan kompresi mesin tinggi membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi.

 

2. Warna Yang Lebih Kehijauan

Perbedaan berikutnya antara Pertalite dan Pertamax adalah dari warna cairannya. Masing-masing bahan bakar memang diberikan warna yang berbeda, selain untuk pembeda antara satu dan lainnya juga sebagai membuat pembakaran semakin sempurna.

Biasanya Premium memiliki warna kuning cerah, Pertalite berwarna hijau, Pertamax 92 berwarna biru, serta Pertamax Turbo berwarna merah. Warna pada BBM ini berpengaruh pada kinerja mesin, karena bahan bakar tanpa bahan pewarna dapat menghasilkan pembakaran lebih sempurna.

 

3. Tingkat Polusi Yang Berbeda

Setiap bahan bakar seperti Pertalite dan Pertamax menghasilkan tingkat polusi yang berbeda-beda. Hal ini didasarkan pada kualitas dari bahan bakar tersebut. Karena itu, kamu sebagai pemilik kendaraan juga harus memperhatikan hal ini untuk menjaga lingkungan lebih sehat.

Semakin tinggi nilai oktan dari BBM maka polusi yang dihasilkan semakin kecil. Sebagai informasi, bahan bakar Premium merupakan penghasil polusi paling besar dan Pertamax Plus paling sedikit.

 

4. Kompresi Mesin

Secara kinerja, perbedaan antara Pertamax dan Pertalite juga menyangkut pada kompresi mesin dari kendaraan bermotor. Pertamax sendiri ditujukan untuk mesin dengan kompresi di atas 10:1 sampai 10,9:1. Sementara untuk Pertalite ditujukan untuk kompresi di bawah Pertamax.

Meski demikian, Pertamax memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan Pertalite. Mengandung zat aditif seperti pembersih, anti karat, dan zat penjaga kemurnian bahan bakar dari air atau demulsifier.

Jika kamu sudah tahu perbedaan antara Pertalite dan Pertamax, kamu juga harus paham aturan saat mengisi BBM di SPBU. Pasalnya masih banyak kejadian mobil terbakar saat isi BBM di SPBU. Hal ini sebenarnya sudah berusaha dihindari oleh pihak SPBU dengan menaruh larangan seperti tidak dibolehkan merokok, menggunakan telepon seluler, dan lainnya. Untuk itu, tetap patuhi aturan yang berlaku saat berada di SPBU agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ya.

 

Baca juga: Mobil Terbakar Saat Isi Bahan Bakar, Inilah Penyebabnya

 

Untuk kamu yang sampai saat ini masih bingung dalam menentukan bahan bakar yang cocok untuk kendaraanmu, semoga ulasan diatas dapat membantumu dalam menentukannya. Selalu jaga asupan kendaraanmu agar performanya tetap prima, karena bagaimanapun juga, kendaraan tersebutlah yang selama ini setia menemanimu beraktivitas sehari-hari, atau bahkan telah menjadi saksi perjalanan hidupmu.

×

Mau credit mobil TDP cuma 16 juta? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan