×

blog/inilah-alasan-kenapa-ban-mobil-harus-lurus-saat-parkir

Inilah Alasan Kenapa Ban Mobil Harus Lurus Saat Parkir

28 Mei 2020

Saat kondisi seperti sekarang ini, pasti banyak mobil yang hanya diam terparkir di garasi saja. Adanya pembatasan sosial membuat orang hanya diam #dirumahaja. Sayangnya ketika mobil harus parkir dalam waktu lama, tak sedikit pemilik mobil yang beranggapan saat parkir mobil, posisi ban harus lurus. 

 

Benarkah Posisi Ban Yang Tidak Lurus Akan Merusak Power Steering?

Jika kamu berpikir posisi ban harus lurus saat parkir, maka pasti kamu berharap agar tidak ada komponen mobil yang rusak, salah satunya seperti sistem power steering. Namun ternyata sebenarnya ini hanya mitos saja. Karena faktanya kondisi ban mobil lurus atau tidak saat parkir itu tidak ada hubungannya dengan merusak power steering. 

Kenapa? Karena mobil-mobil sekarang ini sudah banyak yang mengadopsi fitur electric power steering (EPS) dan bekerja mengikuti perputaran mesin ketika mobil menyala. Artinya meskipun parkir dalam keadaan ban berbelok, motor elektrik pada sistem EPS tidak mendapat energi listrik. 

 

Baca juga : “Apa itu EPS, dan Bagaimana Cara Kerjanya?”

 

Hal ini berbeda dengan mobil keluaran lama yang masih menganut power steering hidrolik dengan mengandalkan oli. Jika memang mobil kamu masih menganut sistem hidrolik ini maka memang ban harus dalam keadaan lurus saat parkir. Karena sistem hidrolik ini akan memiliki tekanan saat setir dibelokkan, jika dilakukan saat parkir maka kondisi ini akan membuat sil karet cepat aus akibat tekanan tersebut.

EPS sendiri merupakan teknologi pengganti dari power steering hidrolik. Sebetulnya fungsinya sama yaitu untuk meringankan putaran kemudi saat kendaraan belum berjalan atau berjalan dalam kecepatan rendah. Motor EPS hanya mengandalkan tegangan dari accu untuk memutar motor EPS, sedangkan power steering hidraulis menggunakan putaran mesin melalui v-belt untuk menggerakkan pompa agar menghasilkan minyak power steering bertekanan tinggi yang nantinya diteruskan ke rack steer yang tersambung langsung dengan roda kedua sisi, sehingga saat kita memutar kemudi akan terasa ringan. 

Meski begitu, ada saatnya kamu harus parkir dengan kondisi ban dibelokkan. Seperti saat harus parkir dalam kondisi menanjak atau menurun. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika mobil secara tidak sengaja turun dengan sendirinya dan meluncur bebas. Jika setir dibelokkan maka mobil tidak akan meluncur lurus tapi akan berbelok dan bisa tertahan oleh trotoar.

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan