×

blog/inilah-arti-garis-marka-jalan-yang-mungkin-belum-kamu-ketahui

Inilah Arti Garis Marka Jalan Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

25 Agu 2020

Setiap pengguna kendaraan bermotor wajib mentaati peraturan dan rambu lalu lintas. Tentu saja semua itu bertujuan untuk kenyamanan, keamanan, serta keselamatan berkendara ketika di jalan raya.

Salah satu yang paling mendasar yaitu mengenai warna garis putih dan kuning pada marka jalan. Pasti banyak dari pengendara mobil di Indonesia yang belum tahu apa arti dan makna dari setiap marka jalan yang ada di jalanan Indonesia. Simak informasi lengkapnya berikut ini:

 

Garis Putih Putus-Putus

Garis ini memperbolehkan pengendara melintasi marka apabila ingin berpindah jalur saat melalui jalan satu arah dan menyalip kendaraan di depan dengan hati-hati.

 

Garis Putih Penuh

Tanda ini terdapat pada jalan dengan tikungan dan zebra cross. Artinya, pengendara tidak boleh melewati garis tersebut.

 

Garis Jalan Putih Putus-Putus dan Penuh

Garis ini biasanya akan menjadi soal materi ujian SIM dan banyak yang tidak mengetahui artinya. Pengendara di jalur bermarka putus-putus boleh melintasi marka ini dan mendahului kendaraan di depannya namun harus segera kembali ke jalur seharusnya.

Apabila sedang melintasi jalan dengan marka putih lurus, pengendara dihimbau sabar dan tetap berkendara di jalur seharusnya dan tak boleh mendahului kendaraan di depannya. Artinya, garis marka putih lurus ini adalah garis yang tidak boleh kamu lewati, ya.

 

Baca juga : Cara Mengemudi yang Salah dan Masih Disepelekan, Hentikan Sekarang Demi Keselamatanmu

 

Garis Jalan Diarsir

Garis ini biasanya ada di persimpangan atau dekat bahu jalan. Tanda seperti ini bukan jalur lalu lintas, sehingga pengendara dihimbau untuk tidak berkendara pada jalan yang terdapat tanda jalan seperti itu.

 

Garis Kuning di Tepi Jalan

Selain berupa garis putih penuh di pinggir jalan untuk menandai tepinya, terdapat garis penuh berwarna kuning. Hal ini menandakan pengendara tidak boleh berhenti dan parkir di area tersebut. Marka ini juga bisa berbentuk garis zig-zag dan berwarna kuning-hitam seperti di sisi trotoar.

Sebagai pengguna jalan yang baik sudah semestinya kita mematuhi segala peraturan yang ada di jalan raya untuk menjaga keselamatan berkendara bersama.

Untuk kamu yang memang sudah tahu tentang arti garis marka jalan tapi kamu baru mau membeli mobil, kamu bisa cek stok mobil bekas di mobil88 e-store. Sekarang ini kalau beli mobil bekas di mobil88 kamu enggak perlu repot datang ke showroom, lho. Cukup dari rumah saja, tinggal akses ke website mobil88 di www.mobil88.astra.co.id, lalu kamu bisa pilih mobil mana yang sedang kamu inginkan.

Setelah menemukan mobil yang cocok, pihak mobil88 siap mengantar mobil pilihanmu ke rumah agar kamu dapat melakukan pengecekan juga melakukan test drive dengan adanya program COD (Car On Delivery).

Buat kamu yang belum tahu, layanan COD ini juga memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 e-store bahkan juga melakukan test drive #DariRumahAja, karena staff mobil88 yang akan antar mobil pilihanmu ke rumah dan free biaya antar showing.

Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan COD, silahkan kunjungi : Cek dan Test Drive Mobil Idaman Kamu Tanpa DP, Free Delivery Dengan COD mobil88

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan