×

blog/inilah-bagian-yang-perlu-dicek-setelah-menggunakan-mobil-untuk-jarak-jauh

Inilah Bagian yang Perlu Dicek Setelah Menggunakan Mobil Untuk Jarak Jauh

20 Jan 2021

Saat libur pergantian tahun 2021 lalu mungkin banyak diantara kita yang pergi dengan mobil pribadi untuk berlibur ke luar kota menikmati malam pergantian tahun. Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang berlibur dengan mobil kesayangan, setelah pulang ke rumah jangan lupa untuk melakukan pengecekan mobil ya. 

Karena ketika pergi jarak jauh, tidak hanya melelahkan bagi pengemudi dan penumpangnya. Tapi juga mobil kamu pun merasakan hal yang sama. Untuk itu, agar tetap prima setelah liburan, perlu dilakukan pengecekan. 

Supaya kendaraan Anda kembali prima setelah menempuh ratusan hingga ribuan kilometer, ada baiknya untuk melakukan perawatan pada beberapa bagian berikut ini. 

Cek pengereman

Setelah melakukan perjalanan jauh tentunya mobil dipakai dengan jarak yang cukup panjang apalagi dengan kondisi medan jalan yang berubah-ubah. Hal ini membuat performa di bagian pengereman menjadi yang pertama harus kamu cek. Terutama jika mobil kamu bertransmisi otomatis yang pasti mengandalkan pengereman lebih berat daripada mobil manual. 

Cara mengecek yang bisa kamu lakukan sendiri adalah memeriksa kondisi kampas rem, apakah masih tebal atau sudah tipis. Jika terlihat lapisan kampas rem sudah tipis sebaiknya kamu lakukan penggantian. 

Baca juga : Sepele Tapi Penting, Perhatikan Kapan Waktunya Mengganti Kampas Rem Mobil

Selain itu, ketika jarak tempuh mobil sudah mencapai 20 ribu kilometer saat kembali pulang ke rumah, gantilah minyak rem agar pengereman tetap terjaga. Jika kamu merasakan kondisi rem yang sedikit tidak normal saat perjalanan jauh kemarin, sebaiknya diperiksa lebih lanjut ke bengkel ya. 

Ganti oli mesin

Berikutnya adalah melakukan penggantian oli mesin. Jika perjalanan kamu mencapai ribuan kilometer, hal ini sebaiknya kamu lakukan. Apalagi saat sebelum berangkat kamu tidak mengganti oli mesin terlebih dulu. Tapi jika hanya ratusan kilometer, periksa volume oli mobil dengan mengecek pada dipstick oli. Pastikan jumlahnya masih di batas aman.

Cek kondisi ban

Pasca liburan dengan mobil ada baiknya kamu mengecek kondisi ban mobil. Periksa kembangan ban apakah masih tebal atau sudah tipis. Pastinya ketika mobil digunakan dalam jarak jauh ban mobil akan mengalami kinerja yang berat, sehingga pastikan juga tekanan angin ban apakah masih sesuai rekomendasi pabrikan.

Selain itu, akan lebih baik jika kamu melakukan balancing dan juga spooring pada keempat roda. Tujuannya agar kondisi putaran ban menjadi stabil dan tidak menimbulkan getaran ke setir.

Periksa kondisi aki

Aki mobil juga tidak luput untuk diperiksa. Tujuannya agar mobil tetap dapat dinyalakan dengan baik ketika kamu sudah kembali bekerja. Bagi aki basah, cukup mengecek kondisi air apakah masih dalam batas normal, jika kurang tinggal ditambahkan dengan aki zuur. 

Pada aki kering kamu bisa melihat tanda apakah masih berwarna hijau yang berarti fungsi aki masih dalam kondisi baik dan normal. Jika sudah putih maka tandanya aki harus segera diganti ya.

Baca juga : Selain Aki, Inilah Penyebab Mobil Susah di Starter

Kalau setelah liburan kamu malah berencana ingin mengganti mobil lama kamu, jangan lupa jual mobilnya di mobil88 ya. Di mobil88, kamu enggak hanya bisa beli mobil bekas tapi juga bisa menjual mobil lamamu dengan cepat. Kamu tidak perlu repot-repot menjual di banyak marketplace, dan pastinya butuh waktu lama untuk mencari pembelinya. Di mobil88, cukup isi formulir yang ada disini, caranya mudah dan prosesnya juga tidak berbelit-belit. 

Selanjutnya, tim mobil88 akan menghubungi kamu untuk bisa dilanjutkan ke proses menaksir secara langsung dan memberikan penawaran harga yang fair dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraan kamu. Jika ada kesepakatan, proses transaksi dilakukan langsung di cabang terdekat atau di rumahmu. Cepat dan praktis, bukan?

Setelah deal, kamu pun akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam. Semua proses ini kamu juga tidak akan dikenakan biaya perantara atau komisi apapun kepada siapapun termasuk staf mobil88.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0804-1-000088 atau kunjungi www.mobil88.astra.co.id 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan