×

blog/inilah-cara-mengerem-mobil-matic-saat-di-turunan-yang-benar

Inilah Cara Mengerem Mobil Matic Saat di Turunan Yang Benar!

25 Sep 2020

Salah satu keuntungan mengendarai mobil bertransmisi otomatis adalah kepraktisannya, terutama saat harus berkendara di perkotaan yang macet, kamu tinggal menginjak pedal gas dan rem saja. Tapi ada tantangan tersendiri ketika berkendara dengan mobil matic, apalagi saat menghadapi jalan menanjak dan juga turunan tajam.

Teknik untuk menghadapi jalan turunan dengan mobil matic ini berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Kalau di mobil manual, kamu bisa menggunakan gigi rendah sehingga mobil melakukan engine brake. 

Tapi, untuk mobil matic ada cara mengerem saat di turunan yang masih banyak orang belum pahami. Terkadang banyak yang hanya mengandalkan rem mobil saja, padahal ini cukup berbahaya karena dapat dengan mudah mengalami rem blong.

 

Gunakan Juga Engine Brake

Tahukah kamu, ternyata mengerem di turunan dengan mobil matic juga harus menggunakan engine brake sama seperti di mobil manual, lho. Hanya saja ada triknya, yaitu dengan memindahkan tuas transmisi dari D ke gigi 3 atau 2, sehingga mobil akan melakukan engine brake. Dengan begini kondisi rem mobil terbantu dengan engine brake. 

Fakta yang mungkin belum kamu ketahui juga adalah jika memaksakan mengerem mobil matic saat di turunan, maka akan ada beberapa potensi kecelakaan. Misalnya komponen rem akan menjadi panas, dan membuat rem menjadi blong. Ini dikarenakan minyak rem menjadi mendidih saat menginjak pedal rem terlalu keras saat turunan, ini lebih disebut vapor lock. Wah, sangat berbahaya ya ternyata.

 

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pengereman ABS

 

Hingga saat ini, masih banyak pengemudi mobil matic yang tidak tahu teknik tersebut. Sehingga kerap ditemui kecelakaan saat mobil sedang turun di turunan yang cukup terjal. Padahal, skill dari pengendara itu sendiri yang bisa dibilang kurang mumpuni. Kedua, faktor kendaraan yang kurang siap juga berpotensi menjadi penyebab kerusakan.

 

Cek rem secara rutin

Untuk itu, kamu juga perlu melakukan pengecekan dari komponen pengereman ini. Apalagi mobil matic sangat bergantung dengan rem. Cek kondisi kampas rem apakah masih tebal, kemudian juga cek minyak rem jangan sampai kurang dari batas minimal. 

Perhatikan dengan baik kedua tips tersebut, jangan sampai beberapa hal yang belum kamu ketahui ini malah berakibat fatal bagimu di kemudian hari, ya.

Nah, kalau saat ini kondisi mobilmu sudah bolak balik ganti kampas rem, atau selalu terjadi kerusakan di bagian pengereman, mungkin sudah saatnya kamu menggantinya dengan mobil yang lebih prima kondisinya di mobil88. Tidak hanya mobil bertransmisi manual, di mobil88 kamu juga bisa menjumpai banyak pilihan mobil bertransmisi matic, lho.

 

Baca juga : Bergetar Saat Nge-rem Meski Sudah di-Balancing

 

Selain itu, kalau kamu beli mobil di mobil88 kamu bisa konsultasikan dulu nih segala pertanyaan kamu mengenai mobil bekas. Mulai dari memilih mobil yang tepat, sampai ke cara pembayaran yang pas untuk kamu. Tapi di tengah pandemic Covid-19 seperti sekarang ini tentunya repot jika harus datang ke showroom mobil88 ya. 

Jangan khawatir, sekarang ini mobil88 sudah menerapkan sistem online yang akan semakin memudahkanmu dalam bertransaksi jual beli mobil bekas. Melalui mobil88 e-store, kamu bisa bertanya seputar mobil dengan ahlinya melalui fitur Live Chat. 

Apapun persoalan yang kamu bingung, seperti memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan, atau juga mobil mana yang unitnya dalam kondisi terbaik, dan bagaimana proses pembayaran di mobil88 e-store, bisa kamu tanyakan langsung melalui Live Chat ini. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur Live Chat ini, silahkan kunjungi artikel berikut : Bingung Milih Mobil? Gunakan Fitur Live Chat di mobil88 e-store Untuk Konsultasi Langsung dengan Ahlinya.

Jadi tunggu apalagi? Kunjungi www.mobil88.astra.co.id , atau download aplikasinya sekarang di Google Play Store ataupun Apple App Store.

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan