/blog/jangan-panik-begini-cara-mengurus-stnk-Hilang

Jangan Panik! Begini Cara Mengurus STNK Hilang

05 Mar 2019

Sensor temperatur pada sistem pendingin mesin mobil berfungsi untuk mengukur suhu pada sistem pendingin mesin pada sistem pembakaran mesin.

Informasi yang berasal dari sensor ini merupakan respon terhadap engine control unit, yang menggunakan data ini untuk menyesuaikan injeksi bahan bakar dan waktu pembakaran yang tepat.

Sensor temperatur terdiri dari berbagai variasi. Sensor ini memiliki kemampuan untuk bertahan pada berbagai temperatur.

Pada variasi sensor NTC (Negative Temperature Coefficient), sensor temperatur pada sistem pendingin mesin ini akan menurunkan suhu saat terjadi peningkatan temperatur panas.

Sebaliknya pada variasi sensor PTC (Positive Temperatur Coeffecient), sensor ini akan meningkatkan suhu panas, jika terjadi kenaikan temperatur panaa pada sistem pendingin mesin mobil.

Tanda Kerusakan Sistem Pendingin

Kondisi cuaca panas akan mempengaruhi kondisi mesin mobil. Hal ini juga berpengaruh terhadap kerja sistem pendingin mobil.

Jika pendingin mesin tidak bekerja optimal, maka berpotensi besar merusak sistem mesin mobil secara keseluruhan.

Ada beberapa tanda atau gejala umum jika sistem penddingin mesin mengalami masalah. Seperti panas yang berlebihan, terdapatnya kebocoran, adanya aroma aneh yang tercium dan cairan pendingin yang harus diganti berulang kali.

Mengabaikan kondisi sistem pendingin mesin akan mengakibatkan kerusakan parah. Bahkan, dapat merusak sistem mesin pada mobil. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Melakukan pengecekan secara rutin terhadap tali kipas, selang, pompa air dan oli akan memperpanjang usia sistem pendingin mesin.

Fungsi utama sistem pendingin mesin adalah untuk menghilangkan/menghalau panas selama proses pembakaran.

Pompa air akan mengalirkan cairan pendingin melalui mesin. Cairan pendingin akan menyerap panas dan mengalirkannya kembali ke radiator setelah panasnya hilang.

Sedangkan thermostat berfungsi mengatur suhu cairan pendingin agar tetap konsisten sehingga dapat menjaga fungsi kerja mesin agar bekerja secara efisien.

Faktor utama yang sangat mempengaruhi kondisi sistem pendingin mesin adalah proses perawatannya, seperti penggantian cairan pendingin secara berkala.

Para pemilik mobil sebaiknya melihat panduan terkait penggantian antifreeze dan pengurasan sistem pendingin mesin pada owner’s manual.

Pengurasan sistem pendingin mesin merupakan perawatan utama terhadap sistem pendingin mesin. Hal tersebut akan menjadikan mesin bekerja optimal dan pengurasan akan menghilangkan kotoran atau endapan pada sistem pendingin sehingga tidak merusak komponen yang terdapat pada sistem pendingin mesin. (HDR)

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan