blog/jangan-panik-ini-dia-tips-menderek-mobil-matic-yang-mogok

Jangan Panik! Ini Dia Tips Menderek Mobil Matic yang Mogok

26 Okt 2020

Mobil mogok tentu merupakan hal darurat yang seringkali menimpa kita para pemilik mobil. Terkadang perawatan mobil yang terlewat, kondisi alam yang ekstrim atau jadwal penggantian yang terlupa membuat mobil mogok dan tidak dapat dioperasikan.

Tentu hal ini membuat sebagian dari kita menjadi panik. Terutama untuk yang memiliki mobil matic, sistem transmisi matic yang berbeda dengan mobil manual membuat mobil ini mempunyai perlakuan berbeda ketika ia mogok dan harus diderek. Tidak boleh sembarangan dalam memperlakukannya karena mobil matic tentu lebih sensitif dan rawan rusak apabila kamu salah memperlakukannya.

Nah supaya kamu yang punya mobil matic nggak panik ketika harus menderek mobilmu karena mogok, yuk simak beberapa tips bermanfaat berikut!

 

Pastikan Mobil dalam Posisi Netral dan Gunakan Shift Lock Bila Perlu

Ketika kamu ingin menderek mobil kamu atau mendorong mobil. Pastikan tuas transmisinya berada di posisi N (Netral). Selain itu jika kamu harus mendereknya dengan model derek tarik maka kamu bisa menggunakan shift lock dan posisikan transmisi ke posisi N sehingga kamu tetap bisa mencabut kunci mobil / mematikan sistem kelistrikan mobil.

 

Mobil Matic Nggak Akan Bisa Nyala Dengan Didorong

Bagi para pemilik mobil manual yang mobilnya mogok karena kehabisan daya aki tentu saja sering melakukan start dorong (jump start) dengan memasukkan posisi transmisi ke gigi 1 / 2 dan mendorong mobil secara cepat untuk menyalakan mesin. Namun sayangnya hal itu tidak bisa dilakukan di mobil dengan transmisi matic. Walaupun kamu melihat ada tulisan 1-2 dan 3 pada tuas transmisi matic, tetap saja pengoperasiannya butuh tekanan oli ketika mobil dinyalakan. So jangan pernah coba coba melakukan start dorong pada mobil matic karena selain tidak ada gunanya juga berpotensi merusak transmisi matic itu sendiri.

 

Baca Juga : Kopling Mobil Keras Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Gunakan Derek Gendong

Di zaman sekarang ini, mobil derek gendong semakin banyak populasinya. Oleh karena itu gunakanlah mobil derek dengan jenis ini karena mobil derek dengan jenis ini membuat ban mobil kalian tidak bergerak sehingga aman untuk transmisi matic kalian.

 

Perhatikan Penggerak Roda untuk Model Derek Tarik

Apabila dalam situasi emergency ini tidak terdapat mobil derek gendong yang bisa disewa. Kamu tetap bisa menggunakan mobil derek jenis tarik untuk menderek mobilmu. Hanya saja, selalu perhatikan bagian penggerak roda mobil ketika ingin menderek mobil. Apabila mobil kamu mempunyai penggerak roda depan, sebaiknya angkatlah bagian depan mobil, begitu juga apabila mobilmu mempunyai penggerak roda belakang maka roda belakanglah yang diangkat.

Cara ini digunakan untuk mencegah putaran berlebihan pada transmisi matic yang tentunya akan membuat rusak / keausan di transmisi mobilmu.

Nah, bagaimana sahabat mobil88? Semoga tips ini membantu kamu ya! Oiya kalau kamu sudah lelah dengan mobil maticmu yang sering mogok dan ingin mencari mobil bekas yang lain dengan kondisi bekas berkualitas, kamu bisa mendapatkannya dengan metode COD di mobil88. Praktis, mudah dan nggak perlu keluar rumah! Yuk COD mobil bekas pilihanmu hanya di mobil88!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan