/blog/kenali-istilah-teknis-seputar-sepeda-motor

Kenali Istilah Teknis Seputar Sepeda Motor

31 Mar 2019

Bahasa atau istilah teknis terkait sepeda motor terkadang tidak terdapat pada kamus atau literatur ilmu tehnik mesin atau tehnik otomotif.

Ada istilah yang sama sekali bukan bahasa Indonesia, tapi bukan juga bahasa asing.

Berikut ini beberapa kata atau istilah “unik” seputar sepeda motor :

1. Busi

Part kecil-kecil cabe rawit ini merupakan salah satu komponen vital di kendaraan bermotor. Nah asal kata busi ternyata berasal dari Bahasa Belanda yaitu Bougie.

2. Seher

Seher berasal dari Bahasa Belanda yaitu Zuiger yg dibaca swiher. Ketika diucapkan oleh lidah Indonesia ya jadi seher, alias Piston.

3. Laher

Ini juga nama salah satu komponen yang sering beredar di kalangan mekanik. Biasanya dipadukan dengan kata Oblak alias peyang. Laher adalah istilah lain dari Bearing yang berasal dari Bahasa Belanda yaitu Lager.

4. Noken As

Alias camshaft. Kalau nama komponen yang satu ini sudah menjadi bahasa Indonesia yang baku. Diserap dari Bahasa Belanda yaitu Nokkenaas. Komponen ini berfungsi untuk mengatur waktu membuka dan menutup klep sehingga klep bisa teratur pada saat motor bekerja.

5. Kruk As

Mungkin ada Brosis yang belum ngeh komponen yang mana sih Poros Engkol itu. Tapi kalau bilang Kruk As, bisa jadi Brosis langsung paham. Istilah ini berasal dari Bahasa Belanda juga yaitu Krukaas. Bahasa kerennya sih Crankshaft.

6. Kiprok

Nama asli dari komponen ini adalah Regulator/Rectifier (RR). Menurut Sarwono Edhi dari Astra Honda Training Center, istilah Kiprok muncul karena dulunya komponen ini terbuat dari tembaga yang bahasa kerennya Cuprum.

7. Sepul

Sepul adalah generator mini yang menghasilkan daya listrik agar motor bisa melaju. Daya listrik ini juga akan disimpan di aki untuk keperluan lampu dan klakson. Sepul merupakan serapan dari Bahasa Belanda yaitu Spoel yg berarti gulungan.

8. Keteng

Kalau motor berbunyi tek-tek-tek di bagian head silindernya, ada kemungkinan cam chain atau yang biasa disebut rantai keteng-nya kendor. Istilah keteng berasal dari Bahasa Belanda, Keten yang artinya rantai. Segala jenis rantai disebut keten.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan