×

blog/kenali-penyebab-mobil-susah-distarter-jangan-hanya-salahkan-aki-ya

Kenali Penyebab Mobil Susah Distarter, Jangan Hanya Salahkan Aki, ya!

03 Mar 2021

Gara-gara pandemi, banyak mobil pribadi yang lebih sering hanya terparkir saja di garasi rumah. Ketika ingin digunakan lagi tiba-tiba mobil malah tidak bisa distarter, biasanya penyebab utamanya adalah aki mobil sudah soak dan minta diganti baru. 

Tapi ternyata tidak hanya itu saja penyebab mobil kamu tidak bisa distarter lho, kamu harus memeriksa beberapa bagian yang berhubungan dengan komponen starter mobil. Beberapa komponen mobil yang berhubungan dengan masalah mobil tidak bisa distarter ini antara lain ada dinamo, aki, saluran bahan bakar, dan busi. Wah, banyak ya ternyata.

Cek Kondisi Aki

Ini memang jadi hal yang pertama harus kamu cek. Tanda-tanda kalau aki bermasalah selain mobil tidak bisa dinyalakan juga bisa dilihat apakah kelistrikan mobil bermasalah atau tidak. Contohnya kamu bisa cek klakson mobil berbunyi atau tidak, kemudian head unit mobil menyala atau tidak, dan cek juga lampu-lampu di mobil apakah terangnya normal atau redup bahkan tidak menyala sama sekali. Kalau sudah tidak ada yang berfungsi normal maka itu tandanya aki mobil kamu harus diganti.

Periksa Dinamo Starter dan Alternator

Jika aki mobil masih normal, kamu perlu memeriksa dua piranti ini dinamo starter dan alternator. Ini juga menjadi penyebab lain mobil tidak bisa distarter, terutama pada mobil yang sudah berusia di atas lima tahun. Apabila komponen ini rusak aliran listrik dari aki tak bisa lagi disalurkan, jika dibiarkan maka lama-lama juga bisa membuat aki tekor.

Baca juga : Banyak yang Belum Tahu, Ini Cara Jumper Aki Mobil Saat Keadaan Darurat

Alternator memiliki fungsi untuk tetap menjaga tegangan pada daya listrik air aki agar selalu dalam kondisi yang stabil. Ciri-ciri alternator jika akan mengalami disfungsi adalah arus listrik sudah tidak stabil lagi, logo aki selalu ON dan mobil mendadak sulit dinyalakan. Untuk dinamo starter sendiri memiliki fungsi untuk memutar mesin ketika kunci kontak diputar atau ditekan. Ciri-ciri dinamo starter bermasalah biasanya ketika kunci kontak diputar tidak terjadi apa-apa, dan berarti sudah perlu diganti. 

Cek Fuel Pump

Fuel pump atau pompa bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Ketika rusak, maka bahan bakar tidak tersalurkan dari tangki BBM ke mesin sehingga tidak terjadi pembakaran. Gangguan yang dialami fuel pump adalah aliran bahan bakar tidak lancar atau terputus sama sekali. Penyebabnya adalah ada kotoran atau mesin yang dingin, oleh karena itu sangat penting untuk mengecek filter bahan bakar dan juga rutin mengisi bahan bakar ketika kondisi tangki belum kosong, ya.

Ganti Busi

Penyebab lain mobil tidak bisa menyala adalah busi yang sudah rusak. Busi diperlukan untuk memberikan percikan pembakaran. Kalau kotor dapat dibersihkan, tapi kalau sudah rusak kamu cukup menggantinya dengan yang baru. Namun tentu saja, hal ini sudah tidak lagi berlaku untuk mobil-mobil modern yang sudah menggunakan injection, atau tanpa menggunakan busi.

Koil Tidak Berfungsi 

Koil dan busi bekerja secara berirama, jika salah satu rusak maka risiko yang terjadi adalah mesin tidak menyala. Fungsinya mengatur pengapian pada mesin mobil. Biasanya tanda-tanda koil bermasalah adalah mobil mengalami putaran mesin yang tidak stabil karena pengapian yang dihasilkan juga fluktuatif. Sampai akhirnya koil tidak berfungsi sama sekali dan mobil jadi tidak bisa dinyalakan. 

Baca juga : Tips Mencegah Aki Meledak

Kalau mobil kamu sudah sering mogok, berarti itu sudah saatnya mengganti mobil lama kamu dengan yang lebih baru. Tapi jika dananya terbatas, kamu bisa jual mobil lama kamu lebih dulu di mobil88 lho. 

Ya, di mobil88 kamu enggak hanya bisa beli mobil bekas, tapi juga bisa menjual mobil lama dengan cepat. Kamu tidak perlu repot-repot menjual di banyak marketplace dan pastinya butuh waktu lama untuk mencari pembelinya. Di mobil88, cukup isi formulir yang ada disini, atau juga bisa melalui fitur Live Chat yang ada di website www.mobil88.astra.co.id ataupun aplikasi yang bisa kamu download baik di Google Play Store maupun Apple App Store. Caranya sangat mudah dan prosesnya juga tidak berbelit-belit. 

Setelah mengisi formulir atau menggunakan fitur Live Chat, tim mobil88 akan menghubungi kamu untuk bisa dilanjutkan ke proses menaksir secara langsung dan memberikan penawaran harga yang fair dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraan kamu. Jika ada kesepakatan, proses transaksi dilakukan langsung di cabang terdekat atau di rumahmu. 

Setelah deal kamu pun akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam. Mudah dan Cepat, bukan?

Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0804-1-000088

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan