×

blog/kenali-tanda-tanda-ban-mobil-sudah-perlu-spooring

Kenali Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Perlu Spooring

03 Jul 2020

Memiliki kendaraan pribadi terutama mobil tidak hanya berkutat dengan urusan mengisi bahan bakar saja. Tapi juga harus dan wajib melakukan perawatan jika kamu sebagai pemilik mobil ingin mobilmu tetap nyaman dan juga aman dikendarai. 

Salah satu perawatan yang wajib untuk dilakukan adalah melakukan pengecekan pada kaki-kaki, seperti melakukan spooring dan balancing pada keempat roda mobil. Apalagi jika jalanan yang sering dilalui oleh mobil kamu itu tidak layak alias banyak rusaknya. 

Untuk itu kamu perlu tahu dulu apa itu spooring dan juga balancing pada ban mobil. Spooring sendiri adalah proses untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Biasanya dua ban depan yang akan diluruskan dan diatur. Sedangkan balancing yaitu menyeimbangkan keempat roda agar putarannya menjadi seimbang seperti sedia kala.

 

Baca juga : Fungsi Spooring Mobil dan Balancing Dalam Perawatan Mobil

 

Seiring dengan pemakaian, setelan roda bisa berubah dan mengakibatkan mobil kurang stabil, karena itu pemilik mobil sering melakukan spooring. Tentunya kamu perlu tahu kapan waktunya mobil untuk melakukan spooring. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui jika mobil tersebut sudah perlu dilakukan spooring, berikut ini tanda-tandanya :

 

Setelah Melakukan Pergantian Ban

Biasanya mobil sudah harus dilakukan spooring ketika melakukan pergantian ban atau melakukan rotasi ban setiap tiga bulan sekali. Tujuan utamanya adalah untuk meluruskan dan menyeimbangkan keempat roda mobil tersebut.

 

Handling dan Kestabilan Mobil Terasa Berbeda

Selain itu, ciri lainnya adalah apabila kamu sudah merasa bahwa handling dan juga kestabilan dari mobilmu sudah mulai tidak seperti biasa. Cara mengeceknya pun cukup mudah, yaitu bawa mobil itu berjalan dengan kecepatan 40-50 km/jam, dan lepaskan setir kemudi, apabila laju mobil tidak lurus atau berbelok ke kanan atau ke kiri sendiri maka harus dilakukan spooring.

Untuk mengetahui kapan pastinya mobil kamu harus spooring, kamu bisa melihat dari 2 hal diatas yang bisa dijadikan indikasi bahwa waktu untuk spooring mobil dan balancing memang sudah tiba. 

Sebaiknya jika sudah seperti itu, langsung saja bawa mobilmu ke bengkel untuk dilakukan spooring dan balancing. Jangan sampai tidak, karena resikonya adalah ban bisa cepat rusak karena kemiringan dan titik tumpuan mobil berubah. Selain itu, ban akan habis secara tidak rata alias hanya habis setengah. Jika sudah begini malah harus keluar biaya lebih mahal untuk mengganti ban baru kan.

Memang tidak ada acuan khusus kapan harus melakukan perawatan seperti spooring dan juga balancing ini. Jika mengacu anjuran pabrikan, perawatan ini sebaiknya dilakukan tiap enam bulan sekali atau 10.000 km, mana yang dicapai lebih dulu. 

Sebaiknya patokan untuk perawatan spooring ini lebih mengacu pada kenyamanan berkendara sang pemilik mobil saja. Atau, ketika sedang melakukan servis berkala jangan lupa minta dicek pada bagian kaki-kaki juga dan kembangan ban. 

Dengan rutin melakukan spooring dan juga perawatan pada komponen kaki-kaki, maka ban mobil kamu akan lebih bisa tahan lama dan juga aman saat digunakan sehari-hari. 

Jika kamu sedang mencari mobil bekas berkualitas jangan lupa untuk cek stok mobil incaran kamu di mobil88 e-store. Caranya gampang dan juga prosesnya cepat, buruan langsung saja cek mobil bekasnya di sini ya https://www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan