/blog/kenapa-mesin-mobil-tak-hidup

Kenapa Mesin Mobil Tak Hidup

30 Mar 2019

Mobil tidak bisa hidup saat di-starter adalah masalah umum yang pernah dihadapi oleh sebagian pemilik mobil. Hal ini tentu saja sangat mengganggu saat beraktivitas terutama ketika akan berangkat kerja, kuliah, mengantarkan anak ke sekolah atau kegiatan lainnya.

Berikut ini beberapa penyebab mesin mobil tidak bisa hidup yang mobil88 sajikan dalam bentuk tanya jawab singkat:

1. Tanya: mobil bertipe SUV dengan mesin 6 silinder tidak bisa distarter / dihidupkan setelah dilakukan percobaan berkali-kali. Sebelum pemilik mobil memasukkan kunci mobil untuk men-starter mobil, terdengar suara tidak wajar pada ruang mesin (area di sekitar dashboard). Hal ini terjadi setelah mobil dikendarai. Bahkan mobil tetap tidak bisa dihidupkan, setelah diberi jeda waktu 4 jam.

Jawab: penyebabnya adalah terdapat gangguan pada sirkuit listrik yang terkait dengan electromagnet. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya hambatan ketika mobil akan distarter. Suara atau bunyi klik tersebut menunjukkan bahwa ada beberapa komponen penerima arus listrik yang terhubung dengan sistem starter tidak berfungsi normal. Cek saklar yang terhubung dengan penerima arus listrik yang berada di ruang mesin.

2. Tanya: pada mobil bertipe sedan, proses pembakaran mesinnya tidak sempurna. Kondisi aki mobil masih bagus, mesin mobil sempat berputar tapi mobil tidak bisa distarter. Kabel yang terhubung dengan mesin sudah diutak-atik. Posisi kabel dan penutup selang sudah diperbaiki. Timing belt, rotor dan komponen lainnya pun sudah diganti. Port sudah dicek. ECU juga sudah dicek kondisinya. Proses pembakaran tetap tidak optimal dan mobil tetap tidak bisa distarter.

Jawab: problem ini terkait dengan sensor sirkuit temperatur saluran penghisapan udara. Gangguan/kerusakan bisa terjadi pada sensor saluran penghisapan udara tersbut. Bisa juga disebabkan oleh problem koneksi kabel antara ECU dan sensor saluran penghisapan udara. Ada komponen lain yang juga harus dites, seperti camshaft position sensor dan crankshaft position sensor. Sensor-sensor inilah yang akan memberikan laporan pada sistem komputer untuk mendukung proses pembakaran pada mesin. Buruknya fungsi salah satu sensor pada komponen tersebut, akan mengakibatkan mobil tidak bisa distarter.

3. Tanya: Tangki bahan bakar penuh, tapi mobil tetap tidak bisa distarter.

Jawab : cek tekanan bahan bakar dengan alat khusus. Pengecekan ini untuk memastikan apakah mobil tidak bisa distarter karena adanya hambatan pada sistem bahan bakar atau karena tidak sempurnanya proses pembakaran pada mesin.

4. Tanya: komponen aki, starter dan alternator pada mobil baru saja diganti. Tapi mobil tetap tidak bisa distarter.

Jawab : hal ini disebabkan karena adanya hambatan koneksi terkait dengan aki mobil yang baru diganti. Cek semua kabel yang terhubung dengan aki. Pastikan kondisinya bersih dan posisinya tepat (tidak longgar). Cek juga kabel lainnya. Jika koneksi kabel tidak terhubung secara tepat, hal tersebut akan mengakibatkan saklar terbakar.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan