/blog/ketahui-kapan-harus-tune-up

Ketahui Kapan Harus Tune Up

Pernahkah Anda mendengar bunyi bising ketika mengemudikan mobil atau tarikan gas tidak maksimal saat mobil dipacu cepat? Bisa berati mobil sudah waktunya Tune Up.

Jangan sampai Anda terlambat Tune Up dan malah menyebabkan kerusakan mobil lainnya. Sebenarnya kegiatan ini adalah hal rutin yang harus dilakukan saat servis tiga bulan sekali atau 5.000 km. Namun, masih ada sebagian orang yang menyepelekan ini. Alhasil, mobil tidak bisa berjalan dengan efektif sesuai spesifikasinya.

Dalam melakukan kegiatan servis yang menyertakan Tune Up, pastikan Anda melakukannya di bengkel resmi yang memang bisa mengerjakan mobil sesuai spesifikasi.

Di beberapa waktu tertentu, sebenarnya mungkin saja mobil butuh Tune Up. mobil88 punya tips kapan harus melakukan Tune Up pada mobil:

1.Servis 5.000 Km
Sebagaimana penggantian oli, Tune Up juga harus dilakukan setiap Anda melakukan servis 5.000 km. Selain untuk menyelaraskan seluruh fungsi mesin, ini juga berguna untuk menjaga kondisi kendaraan tetap awet.

2.Mobil Sulit di-Starter
Saat mobil sudah sulit si-starter bisa jadi ada masalah di pengaturan mesinnya. Inilah waktunya untuk melakukan Tune Up. Dengan demikian, mobil bisa kembali ke kondisi normal.

3.Suara Mesin Kasar
Ada suara seperti menggerung saat mobil baru dinyalakan atau selama mobil dijalankan? Segeralah melakukan servis ke bengkel terpercaya dan sesuai spesifikasi mobil. Jangan diamkan jika tidak mau terjadi kerusakan mesin.

4.Mobil Bergetar
Tidak hanya belum spooring atau balancing, belum melakukan Tune Up juga bisa menyebabkan mobil bergetar. Pastikan untuk melakukan servis tersebut karena bisa jadi getaran karena mobil belum di Tune Up.

5.Performa Gas Melambat
Saat performa gas melambat, bisa jadi mobil sudah waktunya di Tune Up. Tentunya akan tidak enak bila tarikan mesin lambat sehingga mobil sulit dipacu.

Cukup mudah bukan mendeteksi kapan mobil harus di Tune Up? Pastikan untuk melakukannya dengan benar agar bisa menjaga kualitas mobil itu sendiri. (SSA)


mobil88, Jual Cerdas Beli Berkualitas

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan