×

blog/keuntungan-mempunyai-mobil-hybrid-yang-irit-dan-ramah-lingkungan

Keuntungan Mempunyai Mobil Hybrid yang Irit dan Ramah Lingkungan

06 Okt 2020

Akhir akhir ini banyak pabrikan mobil yang memasarkan mobil hybrid di Indonesia. Mulai dari pabrikan Jepang seperti Toyota, Honda, Nissan, pabrikan Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW maupun pabrikan Korea seperti Hyundai. Nah, sebetulnya apa sih mobil Hybrid itu? Dan apa saja keuntungan memiliki mobil hybrid? Untuk penjelasan lebih lengkapnya yuk simak penjelasan dibawah!

 

Pengertian Mobil Hybrid

Sesuai dengan namanya yaitu Hybrid. Mobil Hybrid adalah mobil yang menggabungkan dua sumber daya / bahan bakar sekaligus untuk menggerakkan mobil. Sumber daya yang populer digunakan oleh mobil hybrid adalah listrik dan bensin dimana di dalam mobil terdapat dua mesin yaitu mesin bensin dan mesin listrik. Kedua mesin ini bersinergi dan berjalan bersamaan untuk menggerakkan kendaraan.

 

Tipe Mobil Hybrid

Walaupun semua mobil hybrid itu memiliki dua mesin yaitu mesin bensin dan mesin listrik ternyata cara kerjanya berbeda beda tergantung pabrikan mobil. Semuanya memiliki keuntungan dan minus sendiri sendiri. Berikut adalah listnya

  • Hybrid Synergy Drive

Sistem ini adalah sistem hybrid yang pertama kali diterapkan. Nama Hybrid Synergy Drive ini dipopulerkan oleh Toyota dan kebanyakan produk produk Toyota dan Honda Hybrid menggunakan sistem ini sebagai sistem hybrid mereka.

Didalam sistem Hybrid Synergy Drive ini terdapat mesin bensin dan mesin listrik yang berkerja secara bersamaan. Sistem penggunaannya adalah mesin listrik berperan untuk menggerakan mobil di putaran atau kecepatan rendah, dan mesin bensin berperan untuk menjalankan mobil di putaran atau kecepatan menengah sekaligus sebagai alat pengisi daya baterai mesin listrik ketika kehabisan daya.

Sistem Hybrid seperti ini merupakan sistem close loop. Dimana penggunanya hanya perlu mengisi bensin sebagai bahan bakar mesin bensin yang berperan sekaligus charger baterai mesin listrik, pengguna tidak bisa mengisi daya mesin listrik dengan menggunakan charger listrik.

Sistem ini punya keunggulan dimana sistemnya relatif lebih simpel dan pengguna masih dapat merasakan sensasi mobil bensin karena mesin bensinnya masih digunakan langsung untuk menggerakkan mobil. Penggantian baterai secara berkalanya pun juga relatif lebih murah dibandingkan jenis lainnya karena baterai didalamnya hanya berkapasitas kecil. Namun dari segala jenis mobil Hybrid, secara konsumsi BBM ia masih kalah dengan sistem Hybrid lainnya

  • Plug in Hybrid

Sistem Plug in Hybrid adalah sistem Hybrid dengan cara kerja mirip dengan Hybrid Synergy Drive namun dengan sumber daya mesin listrik yang bisa diisi dari charger listrik langsung. Kegunaannya adalah tentu daya mesin yang digunakan untuk melakukan pengisian daya ke mesin listrik lebih kecil sehingga konsumsi BBM pun lebih irit dibandingkan dengan Hybrid Synergy Drive

Namun kekurangannya tentu adalah di sistem pengisian listriknya itu sendiri. Mobil dengan sistem Plug in Hybrid harus dicharge ke sumber daya listrik secara berkala, dimana untuk pengisiannya membutuhkan daya listrik bangunan yang lumayan tinggi kapasitasnya. Di Indonesia sendiri yang masih sangat sedikit tempat chargingnya tentu hal ini akan menjadi kekurangan.

  • e-Power Hybrid

Teknologi e-Power Hybrid adalah teknologi Hybrid yang dipopulerkan oleh Nissan. Sistemnya sendiri lebih mirip mobil listrik dibandingkan dengan mobil hybrid dimana mesin listrik adalah penggerak mobil satu satunya di mobil ini. Mesin bensin hanya digunakan sebagai genset atau alat pengisi daya mobil listrik, tidak berperan langsung sebagai penggerak roda mobil.

Kelebihan mobil ini tentu ada di karakternya sebagai mobil listrik yang senyap dan canggih. Pengguna bisa langsung merasakan tenaga instan dan senyap layaknya mobil listrik namun tidak harus ketakutan habis daya ditengah jalan karena punya mesin bensin sebagai pengisi daya. Kekurangannya adalah rasa berkendara yang kurang natural, bagi banyak orang yang suka dengan karakter dan suara mesin bensin tentu tidak bisa berharap banyak kepada mobil ini karena mesin bensinnya hanya digunakan sebagai genset. Selain itu sistemnya yang relatif lebih rumit membuatnya lebih sulit untuk diperbaiki.

 

Keuntungan Mobil Hybrid

Memiliki mobil Hybrid tentu mempunyai banyak keunggulan dibandingkan mobil bensin biasa. Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki mobil Hybrid dibandingkan mobil bensin biasa seperti yang dijabarkan berikut :

  • Irit BBM

Efisiensi dan ekonomis merupakan tujuan utama mobil Hybrid diciptakan. Mobil Hybrid memiliki konsumsi BBM yang jauh lebih irit dibandingkan mobil bensin konvensional. Sebagai contoh, Toyota CH-R Hybrid Synergy Drive memiliki konsumsi BBM 1:18 - 23 didalam Kota dengan rute macet dan tol, sedangkan Toyota CH-R bermesin bensin konvensional hanya menorehkan angka 1:8 - 9 untuk penggunaan yang sama. Selisih perbedaan konsumsi BBM mobil Hybrid bisa 100 hingga 150% dibandingkan dengan mesin bensin konvensional.

Dengan BBM yang lebih irit tersebut tentu membuat running costnya semakin rendah. Meskipun kamu tetap harus mengganti baterai Hybridnya selama 7 tahun sekali tetapi perbedaan konsumsi BBM yang jauh lebih irit tetap akan lebih hemat dibandingkan mobil bermesin bensin konvensional.

  • Ramah Lingkungan

Seperti yang kita tahu polusi di kota kota besar lama kelamaan semakin parah. Oleh karena itu mobil Hybrid yang lebih irit dan tidak banyak menggunakan BBM Fossil tentu akan lebih sedikit mengeluarkan emisi karbon. Dengan emisi karbon yang lebih rendah tentu akan lebih ramah lingkungan dan membantu Bumi untuk lebih hijau dan lebih sejuk.

  • Lebih Halus dan Senyap

Karena banyak menggunakan mesin listrik untuk penggeraknya tentu saja mobil Hybrid akan terasa lebih halus dan senyap dibandingkan dengan mobil bensin konvensional. Hal ini tentu menjadi nilai plus untuk kamu yang tinggal di kota besar yang macet dan bising dimana mobil yang halus dan senyap menjadi poin plus tersendiri ketika berkendara di tengah tengah macet dan suasana yang sangat bising.



Kesimpulan

Memiliki mobil Hybrid tentu saja memiliki banyak keuntungan bagi kamu yang concern akan konsumsi BBM, lingkungan dan kehalusan berkendara. Dengan konsumsi BBM yang lebih irit juga tentu akan membantu kamu untuk menghemat biaya operasional sehari hari, apalagi bagi kamu yang tiap hari macet macetan di kota besar.


Ingin memiliki mobil hybrid seken dengan harga terjangkau? Yuk coba cek stok mobil di mobil88 e-store untuk mendapatkan mobil hybrid seken berkualitas dengan jaminan garansi!

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan