blog/koleksi-mobil-klasik-bernilai-milyaran

Koleksi Mobil Klasik Bernilai Milyaran

16 Mei 2019

Mobil klasik merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari nilai historis industri otomotif. Tanpa mobil klasik kita tidak akan mengenal mobil-mobil modern.

Para classic car enthusiast ( penggemar / kolektor mobil klasik ) bekerjasama dengan masing-masing pabrikan, bekerjasama untuk terus mempertahankan eksistensi mobil klasik.

Umumnya mobil klasik diperoleh dari proses lelang atau membeli langsung ke pemilik. Tapi, hal tersebut tidak baku.

Koleksi mobil klasik pun terkadang dapat ditemukan di tempat tak terduga atau tersembunyi. 

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di area perkebunan di Prancis Barat.

Di area tersebut ditemukan 60 mobil klasik.

Mobil-mobil klasik tersebut dikoleksi oleh Roger Baillon, seorang tokoh manufaktur truk dari Perancis, yang membeli sepanjang tahun 1950-an, 1960-an dan 1970-an. 

Setengah dari seluruh koleksinya telah dijual, lalu sisanya -yang kini ditemukan-  tetap tak tersentuh sejak tahun 1978, ketika bisnisnya bangkrut.


1911 Delahaye Type 43A Fire Truck


Harta karun tersebut ditemukan oleh sebuah tim spesialis otomotif dari rumah lelang Perancis, Artcurial, yang mendengar tentang ini dari seorang teman keluarga Baillon. 


1938 Bugatti Type 57


Di antara koleksi temuan tersebut, terdapat sebuah Packard Super Eight Convertible, Bugatti 57, Delahaye Type 43, Hispano Suiza H6B Cabriolet Millon-guiet, dan Talbot Lago T26 Cabriolet Saoutchik yang pernah dimiliki oleh Raja Farouk dari Mesir. 

Mobil-mobil klasik tersebut berada dalam kondisi tidak layak jalan. Hanya Ferrari 250GT SWB California Spider yang kondisinya relatif “normal”.

Ferrari ini sangat langka karena hanya diproduksi sejumlah 37 unit. Harganya bisa mencapai 15 juta Dollar.

Baillon pernah berambisi untuk membangun sebuah museum untuk koleksinya itu, namun sayangnya tak kesampaian. 

Ia meninggal satu dekade lalu, diikuti oleh anaknya tahun lalu, sehingga mobil-mobil tersebut berakhir pada kepemilikan cucunya. 

Rencananya, koleksi mobil klasik tersebut akan ditampilkan dan dilelang selama Retromobile Salon, even mobil klasik tahunan di Paris, pada bulan Februari tahun depan. (DYN)


Editor : HDR
Picture : hemmings.com ; conceptcarz.com ; firetruckmall.com

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan