/blog/kopling-lengket-ini-cara-mengatasinya

Kopling Lengket? Ini Cara Mengatasinya

01 Mar 2019

Apakah kendaraan Anda kerap melintasi jalan yang tergenang air yang cukup tinggi atau terendam banjir hingga ½ ban atau lebih? Waspadalah jika setelahnya Anda tidak bisa memasukan gigi transmisi. Gejalanya, pedal kopling terasa berat dan saat mesin sudah dinyalakan, Anda tidak bisa mengubah posisi gigi transmisi.

Hal ini terjadi akibat perubahan bentuk plat kopling yang terendam air. Asbes sebagai bahan dasar plat kopling sangat rentan terhadap air dan berubah bentuknya jika terendam air. Perubahan bentuk ini menyebabkan plat kopling menempel pada plat penekan kopling dan flywheel di mesin. Oleh karena itu kopling tidak bisa dibebaskan meskipun Anda sudah menekan pedal kopling. Hal ini lazim disebut dengan istilah “kopling lengket”.

Cara mengatasi kopling lengket ini cukup mudah. Hidupkan mesin dan injak pedal gas hingga RPM menunjukkan angka 2000 sampai dengan 3000. Lalu mainkan pedal kopling dengan cara injak-lepas-injak-lepas beberapa kali dan sesekali sambil dicoba masukan gigi.

Jika cara di atas belum berhasil, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan cara berikut. Saat mesin belum hidup, masukan gigi 1 lalu injak pedal kopling. Bebaskan rem tangan dan kaki kanan siap menekan pedal rem. Pastikan bagian depan kendaraan tidak ada benda apapun yang menghalangi, kemudian hidupkan (start) mesin . Ketika kendaraan terasa seperti melompat, injak rem dan matikan mesin kendaraan. Setelah menetralkan kembali posisi gigi transmisi, hidupkan mesin dan coba cek apakah perpindahan gigi sudah dapat dilakukan. Jika belum berhasil, lakukan langkah yang sama beberapa kali.

Kalau kedua cara di atas sudah dilakukan namun gejala kopling lengket masih terjadi, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk diperbaiki. Bisa juga dengan menghubungi layanan bantuan darurat atau Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld di nomor (kode area) 500 898 agar mekanik AstraWorld mendatangi lokasi Anda dan memberikan bantuan.
Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan