blog/kopling-mobil-keras-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Kopling Mobil Keras Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

19 Okt 2020

Pada mobil bertransmisi manual, pasti kamu akrab dengan yang namanya kopling. Pedal paling kiri ini adalah bagian terpenting dalam mobil transmisi manual karena jika tidak ada maka mobil tidak bisa dijalankan. Tapi banyak juga pengguna mobil manual yang sering mengeluhkan jika pedal kopling terasa keras untuk diinjak.

Kerasnya pedal kopling pada mobil tentu mengindikasikan ada sesuatu yang tidak benar pada sistem transmisi. Selain menyebabkan kaki jadi bekerja lebih ekstra, kerasnya pedal kopling ini juga bisa membuat pengendara bisa kehilangan konsentrasi saat berkendara.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi padamu, sebaiknya kamu kenali dulu apa saja penyebab kerasnya kopling ini, dan bagaimana cara mengatasinya.

 

  • Kabel Kopling Kering

Hal pertama yang bisa membuat pedal kopling keras biasanya karena kabel kopling telah kering. Hal ini sudah biasa terjadi pada mobil manual, oleh karena itu sebaiknya kamu rutin melumasinya dengan oli atau serbuk khusus. Tidak hanya itu, tapi setelah diberi pelumas kamu juga harus melakukan setel ulang kabel kopling agar lebih fleksibel dan sesuai dengan keinginan kamu, ya.

 

Baca juga : Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

 

  • Kampas Kopling yang Sudah Menipis

Penyebab lain kopling menjadi keras adalah karena kondisi kampas kopling yang sudah menipis. Jika dibiarkan, kampas kopling yang menipis ini bisa menimbulkan masalah lebih serius. Bukan tidak mungkin, kerusakan akan merembet pada komponen mesin lainnya.

Kampas kopling yang sudah tipis ini memang biasanya karena usia pemakaian, dan sebaiknya tidak disiasati. Sebaiknya kamu melakukan penggantian kampas kopling dengan yang baru.

 

  • Daya Tekan Cover Clutch Menurun Karena Sudah Usang

Selain kondisi kampas kopling bisa juga karena kondisi cover clutch yang membuat kopling jadi keras. Nah, ketika melakukan penggantian kampas kopling juga bisa kamu cek kondisi cover clutch atau biasa disebut juga matahari kopling karena bentuknya. 

Cover clutch ini juga biasanya aus seiring dengan pemakaian mobil. Cover clutch yang sudah usang akan menurun daya tekannya. Daya tekan yang melemah akan membuat komponen pressure plate tidak dapat bekerja dengan normal. Sama seperti kampas kopling, cover clutch juga harus diganti dengan baru jika ini terjadi. Usahakan untuk mengganti di bengkel agar pemasangannya tepat.

 

Baca juga : Mobil Jarang Dipakai Karena PSBB? Lakukan Hal Ini Agar Mobil Tetap Prima

 

  • Release Bearing yang Sudah Aus

Kemudian penyebab lain kerasnya pedal kopling juga dapat disebabkan oleh realese bearing yang ada di cover clutch. Komponen ini juga sama akan aus seiring dengan penggunaan mobil. Saat release bearing aus, tekanan pada pegas diafragma pun lemah.

Bila kondisi ini dibiarkan, release bearing lama-kelamaan akan menggerus pegas diafragma. Jika sudah rusak, release bearing tidak dapat diperbaiki lagi. Artinya, komponen ini harus diganti dengan baru.

 

  • Kebiasaan Mengemudi yang Salah

Terakhir penyebab kopling mobil keras adalah karena kamu sendiri, atau sang pengemudi. Salah satu kebiasaannya adalah tetap menginjak pedal kopling ketika mobil sudah melaju. Hal ini lama kelamaan akan membuat kampas kopling dan komponen lain di dalam transmisi jadi cepat aus. Biasakan juga ketika menginjak dan melepas kopling dilakukan secara perlahan supaya komponennya jadi lebih awet.

 

Baca juga : Cara Mengemudi yang Salah dan Masih Disepelekan, Hentikan Sekarang Demi Keselamatanmu

 

Kalau kamu sudah merasa bosan menggunakan mobil manual dan ingin mengganti dengan mobil bertransmisi matic, bisa lho cari mobil matic di mobil88. Selain itu, di sini kamu juga bisa menjual mobil lama kamu.

Menjual mobil kamu di mobil88 juga akan mendapat harga yang fair, karena team appraisal professional mobil88 akan melakukan inspeksi dan memberikan penawaran harga dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraan kamu.

Paling penting adalah, jika mobilmu deal terjual maka kamu bisa segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu 1x24 jam.

Untuk lebih jelas tata cara dan keuntungan jual mobil bekas kamu di mobil88, kunjungi : Jual Mobil Cepat & Aman Hubungi mobil88 Sekarang! Cukup #DariRumahAja

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan