blog/lakukan-hal-ini-pada-motor-baru

Lakukan Hal ini Pada Motor Baru

29 Mei 2019

Perasaan senang, gundah, gak sabar, pasti sering menghinggapi, ketika motor Honda baru akan datang untuk diantar ke rumah. Tapi perlu diingat yah, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah motor diantar oleh dealer.

Kebanyakan Honda Lovers ketika motor datang, pasti akan langsung mengisi bensin dan lanjut jalan-jalan. Padahal ada beberapa tahap pengecekan sebelum hal tersebut dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang bisa Honda Lovers lakukan ketika motor baru kalian datang.

 

Periksa oli mesin

Setelah mesin turun dari mobil pengangkut, langsung cek kadar oli mesinnya. Caranya adalah dengan melihat takaran oli dengan membuka tutup oli kemudian melihat ujung tungkainya. Apabila kurang dari takaran, Honda Lovers bisa langsung menambahkan oli mesin tersebut.

 

Cek oli hub untuk motor Honda matic

Setelah dari oli mesin, jangan lupa mengecek oli Hub. Sebagai contoh, pada motor Honda Vario, letak oli hub berada pada belakang box v-belt sejajar dengan keberadaan poros roda belakang.

 

Cek bodi secara keseluruhan

Inspeksi terhadap bodi jangan lupa dilakukan. Pasalnya karena pengiriman tidak hanya satu atau dua motor saja, jadi ada kemungkinan bodi lecet atau mungkin saja beda warna. Oleh karena itu, cek secara mendetail dan segera lakukan klaim apabila ada cacatnya. Pengecekan ini berlaku juga untuk lampu mika, spedometer dan lain-lain.

 

Cek kelistirikan dan kinerja motor

Jangan lupa untuk mengecek kelistrikan seperti klakson, lampu-lampu, sampai perputaran roda. Meskipun sudah ada pengecekan ketika motor sampai di dealer, ada baiknya ketika motor sampai ke tangan Honda Lovers, dilakukan pengecekan kembali.

 

Cek kelengkapan surat

Surat-surat di sini bukan STNK atau BPKB, karena surat tersebut biasanya akan memakan waktu 3 minggu setelah motor sampai ke tangan Honda Lovers. Cek buku-buku manual, mulai dari buku panduan pengguna sampai buku servis berkala. Cek juga kelengkapan kunci-kunci, mulai dari obeng, kunci inggris, kunci busi, dan lain-lain.

 

Cek juga ketersediaan helm serta jaket

Meskipun jaket atau pun helm kebanyakan diberikan secara gratis karena adanya promo, namun dari pabrikan sendiri sudah menyediakan helm serta jaket yang sudah sesuai dengan standarisasi nasional.

 

Usai melakukan inspeksi di atas, baru deh Honda Lovers langsung isi motor baru dengan bahan bakar yang sesuai dengan kompresi mesinnya.

Dan satu tahap lagi, yakni inreyen juga perlu dilakukan loh. Misalnya motor 4 tak. Biar kondisi mesin masih baru, bukan berarti bisa langsung tancap gas.

Ada baiknya jalan senormalnya, sampai waktu ganti oli atau servis pertama. Fungsi dari inreyen sendiri adalah untuk merontokan gram yang masih menempel di komponen mesin. Setelah ganti oli, gram tersebut akan ikut terbuang.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan