/blog/lima-pertanyaan-utama-yang-diajukan-perencana-keuangan

Lima Pertanyaan Utama Yang Diajukan Perencana Keuangan

17 Mar 2019

Perencana keuangan bisa jadi adalah satu-satunya profesional yang nantinya akan tahu “rahasia dapur” keuangan Anda. Bagaimana tidak, perencana keuangan akan menganalisa portofolio investasi Anda, rencana kepemilikan property, biaya perawatan kesehatan, membantu mencari cara untuk mendanai sekolah anak atau masa pensiun, serta memastikan Anda anggaran yang cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Agar lebih rileks saat nanti pertama kali berhadapan dengan calon perencana keuangan Anda, sebaiknya persiapkan diri agar dapat memberi informasi mengenai 5 pertanyaan utama yang biasa diajukan.

1. Apa yang Anda harapkan dari seorang perencana keuangan?
Seorang perencana keuangan yang baik perlu tahu persis apa yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin menabung untuk kuliah anak-anak Anda atau untuk membeli rumah? Apakah Anda khawatir tentang pensiun? Apakah Anda butuh bimbingan dalam hal asuransi? Atau mungkin membutuhkan rencana keuangan secara keseluruhan? Itu semua tergantung pada apa yang Anda cari dan mengapa Anda memutuskan untuk bertemu dengan seorang perencana keuangan. Seorang perencana keuangan yang baik akan membuat rencana bagi bertambahnya investasi Anda demi terjaminnya masa depan financial Anda.

2. Darimana penghasilan Anda saat ini dan apakah Anda mengharapkan perubahan?
Perencana keuangan biasanya akan bertanya tentang total aset Anda saat ini. Namun strategi investasi optimal Anda juga berhubungan erat dengan jenis pendapatan yang Anda terima selama ini dan apa yang Anda harapkan dari pendapatan dari jalur lainnya. Perencana keuangan harus memiliki pemahaman penuh akan stabilitas pendapatan klien mereka dan apa kelebihan dan kekurangannya, agar dapat menyarankan investasi yang cocok bagi klien.

3. Apakah Anda memiliki anggaran rumah tangga secara formal?
Perencana keuangan menyediakan lingkungan terstruktur sehingga Anda secara hati-hati dapat menganalisis kekayaan bersih Anda, kebiasaan pengeluaran Anda, serta nilai-nilai pribadi Anda mengenai uang. Sebaiknya miliki anggaran rumah tangga secara formal sebagai cara untuk membantu Anda mencapai salah tujuan spesifik Anda secara finansial.

Dalam hal ini biasanya perencana keuangan akan menanyakan pertanyaan seperti: Apakah Anda punya rencana? Apakah Anda tahu laba penghasilan Anda selama beberapa tahun terakhir? Apa asuransi jiwa yang Anda miliki? Apa tantangan terbesar Anda dalam hal keuangan?

4. Keterlibatan seperti apa yang Anda inginkan dalam proses perencanaan?
Sebaiknya setiap perencana menanyakan pada klien mereka tentang kapan waktu dan apa cara terbaik untuk menghubungi klien. Jasa perencana keuangan biasanya memiliki dokumen tentang rekaman waktu pertemuan yang disebut "quarterly client letter" dan analisis portofolio klien. Penting bagi penasihat keuangan untuk berkomunikasi dan melibatkan Anda sesuai jadwal yang Anda inginkan (minimal melalui email atau telepon jika tak bisa bertatap muka).

Dalam hal ini jika klien merupakan pasangan suami-istri, maka penting bagi perencana keuangan untuk bertanya bagaimana masing-masing ingin terlibat dalam proses. Jangan lantas menganggap keduanya akan memiliki pendapat yang sama.

5. Apakah Anda paham dan nyaman akan biaya untuk jasa saya?
Perencana keuangan yang baik bisa memiliki struktur biaya yang berbeda. Beberapa penasihat dibayar dari prosentase aset yang dikelolanya. Yang lain mungkin mengenakan tarif per jam atau menerima komisi untuk produk keuangan yang mereka jual pada Anda, dan beberapa mungkin menggunakan kombinasi dari pengaturan ini.

Yang penting, ketika berurusan dengan biaya, harus ada transparansi dan keterbukaan. Untuk mengetahui profesionalitas mereka secara tak langsung, amati bahasa tubuh calon perencana keuangan Anda. Jika ia tak berani menatap langsung mata Anda serta tak berbicara dengan tenang dan jelas tentang struktur biaya mereka, berpikir panjanglah sebelum memutuskan untuk bekerja dengan mereka.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan