/blog/masa-iya-mobil-bisa-punya-dokumen-palsu

Masa Iya, Mobil Bisa Punya Dokumen Palsu?

30 Mar 2019

Masa iya mobil bisa punya dokumen palsu? Jika dijawab tidak mungkin, lantas catatan kriminal pemalsuan dokumen masih saja terjadi dari tahun ke tahun.

Salah satu contohnya terjadi di Cengkareng, Jakarta Barat. Saat itu, sebuah mobil MPV seken yang diduga tanpa surat resmi hampir saja jatuh ke tangan seorang pembeli kalau saja polisi tidak segera melakukan penggerebekan.

Kejadian pada Januari 2015 lalu itu membuat tujuh tersangka ditangkap sebagai sindikat pemalsuan STNK dan BPKB.

"Kelompok ini sudah beroperasi cukup lama, sudah setahun," ujar Kapolsek Cengkareng Komisaris Sutardjono, seperti dikutip Kompas.com.

Menurut pengamatan saat itu, sekilas tak ada yang beda antara surat-surat palsu dan asli karena terdapat logo Samsat beserta tanda tangan petugas kepolisian. Nah loh.

Bahkan pelaku mengaku, tarif pemalsuan STNK hanya Rp 500.000, sedangkan BPKB sebesar Rp 1 juta saja.

Dengan ongkos yang terbilang tidak seberapa itu, entah sudah berapa pembeli yang rugi besar. Soalnya, sindikat tersebut katanya sudah beroperasi tidak hanya di Pulau Jawa tetapi juga Sumatera dan Sulawesi.

Bahkan caranya lebih gampang lagi, seperti pada penggerebekan untuk kasus serupa pada Juli 2017 lalu.

"Jadi para tersangka ini setelah mendapatkan mobil, kemudian menghapus isi STNK asli dan diganti nomor platnya (kendaraan) sama jenisnya," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus, dikutip oleh Kompas.com.

Aksi semacam ini memang sudah menjadi tindakan kriminal yang kerap terjadi, makanya tidak heran aturannya sudah tertera di KUHP, seperti tertera di Bab XII Pemalsuan Surat, Pasal 263 ayat 1.

"Barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat menimbulkan sesuatu hak, perikatan atau pembebasan hutang, ... diancam jika pemakaian tersebut dapat menimbulkan kerugian, karena pemalsuan surat, dengan pidana penjara paling lama enam tahun."

Baca juga: Beli Mobil Seken Malah Kena Panggil Polisi, Kok Bisa?

Lalu bagaimana cara tahu surat mobil seken yang akan dibeli ternyata palsu? Jalan yang bisa ditempuh dan cukup repot adalah selalu meminjam surat mobil dan membawanya ke kepolisian untuk dicek.

Di sinilah mengapa kita tidak bisa sembarangan membeli mobil seken. Bahkan mungkin penjual juga tidak tahu bahwa STNK dan BPKB mobil yang dijualnya pun palsu karena misalnya tidak sempat mengeceknya atau memang sudah percaya karena bentuknya tidak terlihat berbeda dengan yang asli.

Bijak memilih tempat membeli mobil seken jadi penting, dan itu bisa dilakukan jika penjual punya jaminan seperti yang diberikan mobil88.

Tanpa lepas tangan, gerai kami yang bernaung dalam PT Serasi Autoraya dan merupakan perusahaan Astra ini sangat hati-hati mengecek keaslian STNK dan BPKB.

Di samping itu, kami di mobil88 punya jaminan bernama garansi buyback. Surat-surat mobil yang dijual dijamin sudah sesuai nomor rangka dan mesin, tetapi juga ada jaminan asli.

Dengan begitu, garansi dari kami ini memberikan rasa aman saat membeli mobil bekas, di samping juga garansi sudah termasuk jaminan bahwa mobil bukan bekas terkena banjir, bukan bekas tabrakan, surat-suratnya sudah sesuai nomor rangka dan mesin, dan kilometer di odometernya asli tidak diutak-atik.

Nah, tidak perlu was-was lagi kalau beli mobil di gerai kami kan, tinggal pilih mobil impianmu yang seperti apa di mobil88

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan