×

blog/masalah-di-toyota-avanza-bekas-kenali-sebelum-memutuskan-membeli

Masalah di Toyota Avanza Bekas, Kenali Sebelum Memutuskan Membeli

19 Apr 2021

Toyota Avanza masih menjadi mobil pilihan masyarakat Indonesia. Tidak hanya unit baru, tetapi di pasar mobil bekas pun demikian, karena harganya sesuai dengan kondisi kantong konsumen, dan memiliki sejumlah keunggulan lain.

Tapi, dalam membeli unit bekas, kamu juga wajib ekstra hati-hati dan harus mengecek kondisi mobilnya. Namanya sudah dipakai beberapa waktu, pasti ada komponen yang mengalami kerusakan.

Baca juga : Mengapa Toyota Avanza Bekas Sangat Laris? Simak Faktanya!

Inilah kelemahan mendasar yang ada pada Toyota Avanza. Suspensi mobil tidak mendukung mobil bisa dipacu untuk kecepatan tinggi. Inilah masalah ‘bawaan orok’ yang muncul di Toyota Avanza dari generasi ke generasi.

Suspensi Terasa Limbung

Karakter suspensi yang dimiliki Toyota Avanza jauh berbeda dibawah rival-rivalnya seperti Suzuki Ertiga atau Nissan Livina. MPV yang lain memiliki suspensi yang empuk dan minim limbung sehingga nyaman bagi penumpang.

Banyak pengguna Avanza mengeluhkan limbung ketika dipacu pada kecepatan di atas 100 km/jam. Sebagai mobil keluarga, Avanza memang diciptakan untuk melaju nyaman di kecepatan menengah.

Kabin Sedikit Bising

Masalah lainnya yang bisa dibilang kerap muncul dari Avanza hampir di setiap generasi yaitu kabin yang sedikit bising. Kebisingan disinyalir karena pintu bawaan Avanza hanya memakai karet pelindung yang tergolong tipis. Ini membuat ada celah sempit yang memungkinkan angin masuk ke kabin.

Baca juga : Fakta Menarik dan Sejarah Mobil Sejuta Umat, Toyota Avanza

Seiring usia, karet pintu pun bisa getas dan membuat suara angin dan kebisingan dari luar masuk ke dalam. Cara untuk memeriksa kualitas kekedapan suara di Avanza cukup mudah. Kita cukup dengan menyelipkan kertas di pintu kemudian menggesernya. 

Apabila kertasnya mudah digeser, artinya daya elastisitas karet sudah melemah dan harus diganti. Kamu bisa mengganti karet pintu yang model jepit dengan model karet balon yang tebal di keempat pintunya. Karet seperti ini cenderung lebih elastis dan pastinya bisa meredam kebisingan lebih baik.

Umur Kipas yang Singkat

Fungsi kipas di Avanza yaitu untuk membantu saat menyalakan AC dan menstabilkan suhu mesin agar tidak overheat. Saat AC dinyalakan tak lama setelah menghidupkan mesin mobil, maka motor fan secara otomatis juga ikut bekerja.

Nah, ternyata umur kipas pada Toyota Avanza ini rupanya cenderung singkat. Cara paling mudah untuk mengetahui usia dari motor fan yaitu dengan melihat tanggal produksi yang tertera pada rumah kipas.

Untuk mobil dengan usia lebih dari 5 tahun atau mencapai jarak tempuh lebih dari 130 ribu kilometer sudah saatnya mengganti motor fan. Umumnya, motor fan yang berusia lima tahun kemampuan dinamonya telah menurun.

Daripada berpotensi rusak atau mati mendadak saat mobil digunakan, sebaiknya segeralah ganti motor fan saat melakukan perawatan rutin di rentang usia tersebut.

Nah, kalau kamu sedang mencari Toyota Avanza bekas dan tidak ingin mendapatkan masalah-masalah di atas, sebaiknya kamu mencari mobilnya di mobil88 saja. Beli mobil bekas di mobil88 dijamin mobilnya berkualitas, karena selain bebas banjir, mobil bekas di mobil88 juga bebas tabrakan.

Selain itu, untuk proses pembelian mobil bekas di mobil88 juga sekarang bisa secara kredit dengan proses mudah dan cepat. Cukup mengakses website mobil88 e-store dan pada setiap halaman detail mobil akan ada fitur “hitung kredit”. Kamu tinggal masukkan saja hitungan sesuai keinginan maka nantinya akan ada perhitungan berapa biaya cicilan per bulannya.

Baca juga : Harga mobil Avanza Bekas di mobil88

Proses simulasi perhitungan cicilan kredit pun cukup akurat, dan ada pilihan leasing atau perusahaan pembiayaan yang menjadi rekanan mobil88. Tinggal masukkan berapa uang muka yang akan dibayar, kemudian berapa lama tenor kreditnya, dan terakhir memilih leasing yang tersedia. 

Setelah itu, akan tampil hitungan besaran cicilan dan uang muka yang harus dibayarkan sesuai dengan pilhan tenor dan uang muka yang sudah kamu pilih sebelumnya. Dengan fitur ini kamu jgua bisa membandingkan besaran cicilan untuk setiap pilihan tenor dan uang muka. 

Fitur “Kalkulator Hitung Kredit” ini ada di setiap halaman detail mobil, dan terhubung pula dengan button live chat. Jadi jika kamu masih merasa kebingungan tidak perlu khawatir, karena akan ada tim profesional mobil88 yang akan membantu menjawab segala persoalan mobil bekas melalui fitur live chat tersebut.

Yuk, cek stok mobilnya disini www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan