blog/memilih-lampu-led-untuk-mobil-pastikan-jangan-bikin-silau

Memilih Lampu LED Untuk Mobil, Pastikan Jangan Bikin Silau!

30 Okt 2020

Lampu depan mobil atau yang biasa disebut dengan headlight merupakan salah satu komponen utama yang vital dan sangat penting perannya di dalam sebuah kendaraan. Selain berfungsi sebagai alat penerangan utama ketika berkendara di malam hari, lampu depan mobil juga merupakan tanda isyarat untuk pengemudi di depannya sehingga perannya tentu sangatlah diperlukan di sebuah kendaraan.

Lampu depan mobil biasanya berjenis halogen, namun seiring dengan perkembangan jaman, lampu depan mobil zaman sekarang biasanya sudah dibekali dengan teknologi LED karena hemat energi dan lebih terang serta tidak panas. Oleh karena keunggulan tersebut, banyak pemilik mobil dengan tahun lama mengganti lampu depan mobilnya yang berjenis halogen ke lampu LED yang cahayanya biasanya berwarna putih.

Memang, di pasaran lampu LED jenis universal ini sangat mudah ditemui, tetapi tidak jarang yang memilih asal asalan sehingga yang didapat malah lampu yang sinarnya menyebar, kurang terang, bahkan mudah mati ketika terkena goncangan.

Nah, tentunya untuk kamu yang sedang ingin mengganti lampu halogen mobil lama mu ke jenis LED nggak mau hal hal tersebut kejadian kan? Oleh karena itu, yuk simak tips memilih lampu mobil yang tepat untuk kendaraanmu berikut ini.

 

  • Perhatikan Brand dan Kualitas Lampu LED

Di online marketplace dan bengkel variasi, lampu depan jenis LED ini sangatlah beragam merk dan kualitasnya. Untuk lampu depan, pastikan kamu memilih lampu LED dengan kualitas terbaik dan dari merk yang sudah terpercaya. 

Lampu LED dari merk yang sudah terpercaya dan memiliki kualitas yang baik biasanya sudah memiliki sertifikasi IP (tahan air) , tahan goncangan dan memiliki driver dan kualitas kabel dan solderan yang baik. Hal ini sangat berpengaruh kepada durabilitas lampu tersebut dan cahaya yang dihasilkan.

Lampu LED dengan merk abal abal dan kualitas seadanya biasanya hanya terlihat terang saja. Kenyataannya cahayanya menyebar dan tidak fokus sehingga membuat pengemudi menjadi kurang jelas melihat kedepan, selain itu LED abal abal juga sangat silau apabila dilihat dari lawan arah karena sifatnya menyebar dan tidak fokus. Durabilitas lampu LED abal abal juga biasanya hanya bertahan maksimal setahun saja.

 

Baca Juga : Cara Aman Mengemudi di Malam Hari

 

Hal ini tentu berbeda dengan lampu LED merk terkenal dengan kualitas yang baik. Cahaya yang dihasilkan terang dan fokus, selain itu walaupun cahayanya putih, lampu ini tidak silau karena sudah memiliki cut off dan durabilitasnya juga rata rata bisa bertahan hingga lima tahun lamanya.

 

  • Perhatikan Temperatur Warna dan Kegunaannya

Di dalam lampu depan mobil tentu ada bermacam macam fungsi. Mulai dari lampu utama, lampu senja, lampu dim serta lampu kabut. Tentu untuk ini kamu harus menyesuaikan temperatur warna lampu LED sesuai dengan kegunaan masing masing lampu.

Untuk lampu utama, kamu bisa menggunakan temperatur 4300k( warna putih kekuningan) atau temperatur 6000K (warna putih bening). Untuk lampu dim, temperatur yang disarankan adalah 4300K agar tidak terlalu silau jika dilihat dari arah berlawanan. Sedangkan untuk lampu kabut disarankan menggunakan temperatur 3000K (kuning keemasan) / 4300K (putih kekuningan) agar bisa tembus hujan dan kabut

 

Baca Juga : Asesoris Lampu Led Mempercantik Mobil Toyota

 

  • Perhatikan Kompatibilitas Kelistrikan Mobil

Seperti yang kita tahu, merubah sesuatu diluar standar mobil tentu harus memperhatikan kompatibilitas. Ini berlaku juga dengan lampu LED, memang secara teori lampu LED dan halogen sama sama lampu, namun tentu mempunyai bentuk kelistrikan yang berbeda.

Di beberapa mobil Eropa misalnya mengharuskan lampu harus menggunakan teknologi CANbus agar tidak muncul sensor peringatan di dashboard. Sebaiknya konsultasikan hal ini kepada mekanik spesialis mobil kamu agar lampu LED yang kamu pasang dapat menyala sempurna dan tidak mengganggu sistem kelistrikan mobil.

Nah, bagaimana sahabat mobil88? Untuk kamu yang kepengen mobil bekas terkini namun sudah menggunakan lampu LED sebagai perlengkapan standar, kamu bisa langsung manfaatkan fitur live chat di website mobil88 ! Tim kami dengan senang hati akan membantumu untuk menemukan mobil bekas impian sesuai dengan kriteria kamu.

Bagaimana menurut sahabat? Semoga artikel diatas membantumu ya!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan