/blog/mengapa-kami-harus-merekrut-anda

Mengapa Kami Harus Merekrut Anda?

22 Mar 2019

Dalam sesi wawancara kerja, salah satu pertanyaan klasik dan agak menjebak yang menjadi andalan pewawancara adalah, "Mengapa kami harus merekrut Anda?”. Di balik pertanyaan itu, si pewawancara seolah hendak meminta kepastian apakah Anda sungguh-sungguh sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan perusahaan.

Alih-alih menjawab dengan santai, Anda harus menjawab pertanyaan itu dengan serius.
Dari pertanyaan tersebut, sejatinya yang ingin diketahui pewawancara adalah,"Apa yang istimewa atau berbeda dari Anda dibandingkan kandidat lain yang melamar untuk posisi ini?". Atau singkat kata,"Apa yang bisa Anda tawarkan ke perusahaan dibandingkan kandidat lain?"

Sebenarnya 5 faktor yang harus Anda tunjukkan sebagai jawaban atas pertanyaan diatas adalah :
1. Keahlian Anda
2. Pengetahuan Anda mengenai perusahaan
3. Kemampuan Anda mengelola
4. Kemampuan Anda menerima
5. Apakah Anda bisa fleksibel dengan tanggung jawab pekerjaan

Sadarilah bahwa akan selalu ada kompetisi antar kandidat dengan tingkat keahlian yang lebih tinggi, lebih berpengalaman, lebih berpendidikan dan mendapat lebih banyak pelatihan, bahkan pada sesi wawancara yang berlangsung santai. Sudah jelas bahwa kemampuan Anda tampil menonjol dan menunjukkan sesuatu yang lebih untuk perusahaan, termasuk menerima tugas di luar job deskripsi, akan menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan pewawancara.

Pernah bekerja selama 60 jam seminggu, berupaya menambah keahlian baru, memenangkan kontrak yang sulit atau bagaimana menangani situasi krisis yang pernah Anda jalani, amat layak disampaikan. Jika Anda dapat menyertakan data kontrak miliaran yang pernah anda menangkan, maka itu akan berpeluang membuat Anda layak diterima.

Tapi hati-hati, jangan sampai cerita Anda terkesan bertele-tele. Ambil saja salah satu contoh terbaik secara runut dan akurat. Atau bagaimana keahlian baru yang Anda pelajari banyak menolong memenangkan persaingan dengan perusahaan kompetitor. Isyaratkan dengan jelas bahwa Anda rela mengerahkan seluruh kemampuan demi perusahaan.

Karena tidak ada kandidat lain yang dapat menduplikasi kisah tersebut, maka Anda akan diingat sebagai kandidat paling potensial. Jangan kaget jika beberapa jam kemudian ponsel Anda berbunyi,"Selamat bergabung!"

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan