/blog/mengenal-ban-mobil-rft

Mengenal Ban Mobil RFT

24 Mar 2019

Ban mobil Run Flat Tire (RFT) adalah jenis ban yang beredar di pasaran namun masih jarang digunakan. Salah satu merek mobil yang saat ini sudah menggunakan ban RFT adalah BMW. Untuk tipe-tipe terbarunya, BMW menggunakan ban RFT untuk menunjang keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Ban jenis RFT dibuat berbeda dengan ban mobil pada umumnya. Terutama dari sisi konstruksi dan bahan yang digunakan. Secara konstruksi, ban RFT dibuat lebih tebal di sisi samping ban (sidewall reinforce rubber) sehingga dapat menopang kendaraan walaupun tekanan angin di ban sudah jauh berkurang.

Ban RFT memiliki keunggulan dibandingan ban mobil pada umumnya. Jika kendaraan sedang melaju dengan kecepatan tinggi, dan tiba-tiba ban kempes mendadak, mobil dengan ban RFT masih tetap bisa dijalankan. Tentu saja untuk jarak yang tidak terlalu jauh dari titik kempesnya dan dikendarai dengan kecepatan yang tidak tinggi. Sehingga saat ban mendadak kempes, pengemudi tidak perlu mendadak menghentikan laju mobil tetapi cukup menurunkan kecepatan sampai mobil lebih stabil untuk dikendarai.

Keunggulan lain dari ban RFT adalah tidak perlu menyediakan ban serep di bagasi karena ban utama sudah cukup aman digunakan. Dengan demikian kapasitas bagasi lebih luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk fungsi lain, dan juga mengurangi beban kendaraan.

Sayangnya harga ban RFT masih relatif lebih mahal sehingga baru digunakan pada mobil-mobil jenis tertentu. Jika harganya lebih terjangkau tentu saja akan semakin banyak pemilik kendaraan yang menggunakan ban jenis ini.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan