blog/mengenal-kei-car-mobil-imut-ala-jepang-yang-irit-bbm

Mengenal Kei Car, Mobil Imut ala Jepang yang Irit BBM

30 Okt 2020

Berbicara tentang negara Jepang tentu serasa tidak lengkap apabila tidak membahas Kei-Car nya. Mobil dengan ukuran imut serta desain yang nyeleneh ini sudah menghiasi negara Jepang untuk bertahun tahun lamanya.

Kei-Car atau K-Car ini diambil dari kata “keijidosha” (Light AutoMobile) yang berarti adalah kategori kendaraan kecil di Jepang dengan mesin di bawah 660 CC. Mobil ini dirancang sebagai solusi atas peraturan pajak dan asuransi kendaraan pemerintah Jepang yang mahal dan ketat. Bahan bakar Kei-Car ini juga sangat irit, seperti yang kita tahu harga BBM di negara Jepang merupakan salah satu yang tertinggi di dunia, tentunya mobil yang irit BBM akan menjadi solusi untuk hal tersebut. Selain itu kehadiran Kei Car yang berdimensi mungil tentu merupakan sebuah solusi bagi para pemilik mobil di Jepang yang notabene sangat minim lahan parkir.

 

Sejarah Kei – Car

Mobil ini pertama kali dikenalkan kepada masyarakat Jepang setelah Perang Dunia 2, dimana pada saat itu ekonomi Jepang sedang berada di titik terendahnya. Kei-Car ini menjadi solusi untuk masyarakat Jepang yang mampu membeli motor namun tidak mampu membeli mobil normal pada umumnya. Jadi, kalau diasosiasikan dengan Indonesia, Kei-Car ini mirip dengan istilah LCGC yang digunakan untuk mobil mobil city car murah yang segmen pasarnya adalah pengendara motor yang ingin beralih ke mobil.

Napak tilas mobil Kei ini dibagi dalam tiga era yaitu era 300cc, 550cc dan 660cc. Pada yakni Era 300 cc  beberapa mobil Kei yang terkenal di era ini ialah Subaru 360 (1958 – 1970), Honda N360 (1968 – 1972) dan Daihatsu Fellow Max (1970).

Kemudian di era 550 cc ,mobil yang terkenal adalah Honda Life Step Van (1972), Suzuki Cervo (1977) dan Daihatsu Hijet S40 (1971). Setelah itu adalah era 660 cc yang dimulai di tahun 1990 an dengan perkembangan mesin dan teknologi yang lebih inovatif dengan mobil yang populer diantaranya adalah Suzuki Cappucino (1991) Daihatsu Copen (2012) serta yang paling baru ada Honda S660 (2015) dan Daihatsu Taft Reborn (2020)

 

Baca Juga : Tips Beli Mobil Hatchback Murah Meriah Berkualitas di Indonesia

 

Fakta Menarik Mobil Kei-Car

Tidak hanya ukurannya yang kompak dan minimalis. Mobil ini juga mempunyai beberapa fakta fakta menarik yang membuat mobil ini berbeda dengan seluruh mobil di seluruh dunia. Yuk simak beberapa fakta menariknya

  • Tidak Dijual Selain di Negara Jepang

Karena kapasitas mesin mobilnya yang cenderung kecil dan bentuknya yang nyeleneh. Mobil ini tentu punya pasar yang segmented, yaitu masyarakat Jepang yang butuh kendaraan roda empat namun ingin biaya pajak yang murah dan kemudahan untuk parkir. Oleh karena itu kamu dijamin akan kesulitan menemukan mobil ini di negara selain Jepang karena memang tidak dijual secara resmi di negara lain.

  • Memiliki Bentuk yang Unik

Peraturan Kei-Car di Jepang hanyalah mengatur kapasitas mesin dan dimensi mobil itu sendiri. Bentuk dari mobil itu sendiri tidak ditentukan oleh pemerintah Jepang. Oleh karena itu bentuknya pun bervariasi, ada yang menyerupai roadster (Daihatsu Copen, Suzuki Cappucino, Honda S660) , ada yang berbentuk seperti micro SUV (Daihatsu Taft Reborn, Suzuki Hustler) dan ada juga yang berbentuk seperti MPV (Daihatsu Tanto, Mitsubishi eK) 

Dengan bentuk yang unik dan bervariasi ini tentu menambah pilihan bagi para calon pembelinya sehingga walaupun berharga murah tetapi tetap memiliki fleksibilitas untuk memilih bentuk mobil

  • Memiliki Interior Luas

Walaupun secara dimensi tergolong imut imut, yakni hanya berdimensi maksimal panjang 3,4 meter, lebar 1,48 meter, dan tinggi 2 meter, tetapi ternyata interiornya tergolong luas. Mobil ini mampu menampung 5 orang (model MPV dan SUV) dengan layak dan barang bawaan yang banyak. Hal ini bisa dicapai karena bentuk dari Kei-Car cenderung mengotak yang menghemat space serta bentuk dashboard yang hemat tempat

Nah bagaimana sahabat mobil88 tentang si Kei-Car ini? Menarik banget kan? Nah buat kamu yang ingin Kei-Car ini bisa mencari alternatifnya yaitu mobil LCGC. Mobil88 menyediakan stok LCGC bekas berkualitas dengan harga yang reasonable. Kamu bisa mengunjungi situs mobil88 dan langsung melakukan live chat di website untuk bertransaksi langsung di platform

Yuk berburu LCGC bekas berkualitas hanya di mobil88!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan