/blog/mewaspadai-penipuan-terkait-perbaikan-mobil

Mewaspadai Penipuan Terkait Perbaikan Mobil

29 Mar 2019

Pabrikan atau dealer umumnya menganjurkan agar pemilik mobil memperbaiki mobilnya di bengkel resmi yang memiliki kerjasama dengan pabrikan.

Umumnya, dealer mobil juga dilengkapi dengan layanan servis. Tapi, ada sebagian pemilik mobil yang tetap bersikeras untuk melakukan servis mobil di bengkel umum.

Sebagian bengkel umum tersebut memang jujur tapi terkadang ada beberapa bengkel umum yang sengaja melakukan penipuan terhadap konsumen.

Agar tidak mudah tertipu, berikut ini beberapa hal yang mobil88 informasikan agar jadi perhatian saat memperbaiki mobil:

- Penipuan terkait dengan penggantian oli.

Untuk menghindari penipuan terkait dengan penggantian oli, sebaiknya pemilik mobil memperhatikan proses penggantian oli tersebut. Terkadang ada oknum mekanik di bengkel yang mengatakan kepada konsumen bahwa mereka telah mengganti oli dan filter oli tapi faktanya penggantian tersebut tidak dilakukan sama sekali.

- Penipuan terkait dengan penggantian rem.

Untuk melakukan perbaikan rem mobil, tidak hanya dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli otomotif Ada beberapa orang nekat yang juga mengaku bisa memperbaiki rem mobil. Tentu saja hal ini akan berdampak buruk terhadap rem. Beberapa bengkel ada yang gemar melakukan teror terhadap konsumen dengan menakut-nakuti konsumen bahwa mereka harus mengganti suatu komponen yang sebenarnya tidak harus diganti.

- Penipuan terkait dengan pemasangan alat yang diklaim mampu menghemat bahan bakar.

Hal ini adalah penipuan yang sangat nyata karena berdasarkan hasil penelitian tidak ada satu alatpun yang mampu menghemat bahan bakar. Penghematan bahan bakar sangat tergantung terhadap sikap mengemudi, trek yang dilewati, jarak tempuh, rutin atau tidaknya servis, dan lain-lain.

Jika merasa yakin pernah ditipu oleh bengkel saat memperbaiki mobil, sebarkan kasus tersebut kepada orang lain agar bengkel tersebut jera dan tidak melakukan tindakan penipuan lagi.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan