×

blog/mitos-atau-fakta-mobil-diesel-lebih-kuat-terobos-banjir

Mitos atau fakta, Mobil Diesel Lebih Kuat Terobos Banjir

02 Mar 2021

Sering kita dengar pernyataan kalau mobil bermesin diesel itu lebih kuat untuk menerjang banjir. Alasannya, karena mobil diesel tidak menggunakan busi melainkan nozzle sehingga lebih aman jika terkena air.

Namun, jangan karena mobil diesel umumnya punya postur SUV atau mobil komersial terus aman diajak menerjang banjir, kamu jadi seenaknya jika menemukan jalan banjir dilewati begitu saja. Sebab, mobil berbahan bakar solar ini juga bisa rusak akibat menerabas banjir lho!

Mobil Diesel Juga Bisa Mogok Karena Banjir

Faktanya, air tetap bisa masuk ke saluran udara dan menyebabkan watter hammer atau kerusakan parah pada bagian mesin, baik mesin bensin maupun diesel. Apabila mobil diesel sudah mengalami water hammer, maka ada kemungkian harus melakukan perbaikan total pada sektor jantung pacu atau dikenal dengan istilah turun mesin. 

Baca juga : Cara Merawat Mobil Bermesin Diesel

Jadi, baik mesin diesel maupun mesin bensin tidak ada yang kebal terhadap air ya. Kalau ada yang bilang mesin diesel lebih kuat menerabas banjir itu hanya mitos, karena memang mobil bermesin diesel punya ground clearance yang lebih tinggi dari mobil mesin bensin. 

Tips Menerabas Banjir Untuk Mobil Diesel

Tipsnya, apabila genangan air atau banjir terlalu dalam maka disarankan jangan nekat untuk dilewati. Takutnya terjadi hal yang tidak diinginkan, salah satunya water hammer seperti yang dijelaskan tadi di atas. Sebaiknya kamu ukur dahulu ketinggian genangan air yang akan dilewati, apakah masih aman untuk mobil kamu atau tidak. 

Masalahnya kalau mobil bermesin diesel sudah harus turun mesin karena water hammer maka bisa dipastikan biaya yang dikeluarkan juga tidak murah. Apalagi untuk mesin diesel modern yang sudah dibekali dengan turbo, ada kemungkinan kamu harus mengganti piranti turbo di mesin diesel jika sampai bermasalah karena kemasukan air. 

Jika sudah begitu, sebaiknya kamu mencari mobil pengganti saja. Tidak perlu mencari mobil baru jika dananya terbatas, kamu bisa mencari mobil bekas yang berkualitas di mobil88. Apalagi sekarang ini di mobil88 bukan hanya bisa beli mobil bekas secara online, tapi kamu juga bisa melihat unitnya secara langsung dan juga test drive dari rumah lho. Ya, mobil88 sekarang ini menghadirkan layanan Car On Delivery (COD) untuk setiap konsumennya. 

Layanan COD ini memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 e-store secara online, baik melalui website www.mobil88.astra.co.id, atau juga melalui aplikasi yang bisa kamu download di Google Play Store maupun Apple App Store

Mau tahu caranya gimana? Gampang banget, cukup kamu akses laman resmi mobil88 atau aplikasi mobil88 e-store. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih mobil yang jadi incaran kamu. Di mobil88, banyak pilihan merek mobil dan juga modelnya.  Setelah mendapat mobil pilihan kamu, tinggal lakukan booking showing melalui fitur Live Chat. Mudah sekali, bukan?

Yuk langsung aja cek stok unit mobil di mobil88, kunjungi www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan