blog/mobil-matik-mogok-ini-cara-penanganan-yang-benar

Mobil Matik Mogok, Ini Cara Penanganan yang Benar

31 Okt 2020

Pernah mengalami mobil mogok saat di tengah perjalanan? Memang paling tidak enak kalau mobil tiba-tiba bermasalah di tengah jalan, apalagi kalau mobil kamu bertransmisi otomatis atau matik. Masalahnya penanganan mobil matik tidak bisa sembarangan, berbeda dengan mobil manual.

Jika memang sampai tidak bisa ditangani di tempat, maka solusinya mobil harus diderek ke bengkel. Namun cara untuk menderek mobil matik ini tidak bisa sembarangan. Ada dua model yang bisa dilakukan saat menderek mobil matik, model gendong dan tarik. 

Baca juga : Perbedaan Merawat Mobil Transmisi Matic dan Manual

Mobil Derek Gendong dan Mobil Derek Tarik

Nah mobil derek gendong ini merupakan cara yang paling aman karena mobil diletakkan di atas bak mobil derek. Sementara untuk model tarik, ada dua roda yang diangkat dan dua roda lagi bergerak mengikuti mobil dereknya.

Bagi mobil matik, jika diderek dengan model tarik ini harus benar-benar tepat penanganannya. Jangan sampai salah ketika menarik dua roda, karena harus roda penggerak yang diangkat agar tidak merusak sistem transmisi.

Baca juga : 5 Tips atau Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula

Perhatikan Sistem Roda Penggerak Mobil

Jadi ketika mobil matik dengan penggerak roda depan, maka roda depan tersebut yang diangkat. Sebaliknya jika penggerak roda belakang maka roda belakang ini yang harus diangkat. Kenapa begitu?

Karena pada sistem transmisi matik ini ada bagian di dalamnya yang butuh pelumasan dari oli matik. Ketika mobil tidak menyala dan roda penggerak ini tetap bergerak maka akan membuat kerusakan pada sistem matiknya.

Sistem transmisi otomatis ini terdapat disc flange yang membutuhkan pelumasan, ada disc dan clutch, ketika mobil mogok maka tidak ada pelumasan sama sekali karena mesin mati sehingga pompa oli pada transmisi juga mati. Karena tidak ada pelumasan maka disc-nya akan haus karena gesekan sehingga terjadi kerusakan.

Baca juga : 10 Tips atau Cara Merawat Mobil Matic dengan Mudah

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi oli transmisi terutama bagi mobil matik, supaya kinerja sistem matik mobil selalu dalam kondisi baik. Oli transmisi juga sebaiknya diganti secara periodik, disesuaikan dengan ketentuan yang ada di buku manual kendaraan.

Kalau kamu baru berencana membeli mobil matic bekas, jangan lupa belinya di mobil88 ya. Karena kalau kamu beli mobil di mobil88 kamu bisa konsultasikan dulu nih segala persoalan kamu soal mobil bekas. Mulai dari memilih mobil yang tepat, sampai ke cara pembayaran yang pas untuk kamu. Tapi di tengah pandemic Covid-19 seperti sekarang ini tentunya repot jika harus datang ke showroom mobil88 ya. 

Jangan khawatir, sekarang ini mobil88 sudah menerapkan sistem online yang akan semakin memudahkan kamu dalam bertransaksi. Melalui mobil88 e-store, kamu bisa bertanya seputar mobil dengan ahlinya melalui fitur Live Chat. 

Apapun persoalan yang kamu bingung, seperti memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan, atau juga mobil mana yang unitnya dalam kondisi terbaik, dan bagaimana proses pembayaran di mobil88, semua ini bisa kamu tanyakan langsung melalui Live Chat ini. 

Fitur ini tersedia di mobil88 e-store dan akan langsung terhubung dengan tim ahli dari mobil88. Fitur ini tersedia setiap hari, dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam ya. Yuk langsung cek stok mobilnya disini.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan