/blog/mobil-sport-ini-alasan-mengapa-lamborghini-aventador-berharga-belasan-milliar

Mobil Sport : Ini Alasan Mengapa Lamborghini Aventador Berharga Belasan Milliar

28 Feb 2019

Nama mobil sport Lamborghini Aventador menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Super car buatan manufaktur otomotif terkemuka asal Italia ini kerap muncul di berbagai media, terkait kasus penggeledahan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) pada Rabu ( 2 Oktober 2013 ) lalu.

Sebagai media otomotif dan lifestyle, kopingopi merasa terpanggil untuk memberi sedikit pencerahan mengenai sosok mobil super mewah berbanderol 12 Milliar Rupiah ini.

Mungkin ada yang iseng bertanya, kenapa Lamborghini menjadikan banteng yang sedang menyeruduk sebagai icon ? Alasan dibalik pemilihan tersebut simple saja. Pendiri perusahaan otomotif yang bermarkas di Sant’ Agata Bolognese, Italia ini – Ferruccio Lamborghini - ternyata berzodiak taurus dan taurus itu bersimbol banteng.


Interior Lamborghini Aventador

Aventador yang pertama kali diluncurkan pada Geneva Motor Show 2011 ini, merupakan generasi penerus dari Countach, Diablo dan Murcielago. Lamborghini Aventador berbobot lebih ringan 198 pound dibanding Murcielago.


Konstruksi bodinya terbuat dari material berkualitas tinggi, yaitu serat karbon ditunjang chassis monocoque, suspensi fleksibel ( forged alumunium ), sistem pengereman ( carbon-ceramic brakes ), pelek kokoh ( forged wheel ) dan ban Pirelli ( depan ; ukuran 255/35-19 dan belakang ; 335/30-20 ).

Salah satu alasan mengapa Lamborghini Aventador dibanderol seharga 12 Milliar Rupiah adalah kontruksi rangka bodinya yang memproteksi penumpang yang berada di dalam kabinnya.

Seluruh rangkanya terbuat dari serat karbon, tidak ada campuran besi/baja sedikitpun. Beberapa rekan jurnalis telah menguji coba langsung daya tahan rangka body Lamborghini Aventador dengan menghantamkan palu baja berukuran jumbo berkali-kali ke body Aventador. Hasilnya ? Body Lamborghini Aventador ini tidak lecet/rusak sedikitpun.


Mesin Lamborghini Aventador

Bagaimana dengan jantung pacunya ? Lamborghini Aventador dipersenjatai mesin monster berkonfigurasi V 12 berkapasitas 6500 cc, yang mampu menyemburkan tenaga 700 bhp ( pada putaran mesin 8250 rpm ) dan torsi puncak 509 lb.ft serta diklaim penggunaan bahan bakarnya lebih irit 20 persen dibanding generasi pendahulunya.

Selain itu, Lamborghini Aventador juga disokong system transmisi “khusus” yang disebut Independent Shifting Rod transmission 7 percepatan ( ISR ). System transmisi automated manual ini menjadikan “penyaluran” tenaga semakin optimal dan akselerasi mobil sport bertampang sangar ini semakin cepat.

Dengan system transmisi khusus ini ( ISR ) daya lesat Lamborghini Aventador diyakini bakal jauh lebih cepat dibanding “saudaranya” Lamborghini Gallardo.

Jika Lamborghini pada umumnya ditunjang sistem penggerak yang bertumpu pada roda depan ( Front Wheel Drive / FWD ), berbeda dengan Aventador, super car yang kehadirannya banyak dinantikan konglomerat kelas dunia ini, disokong sistem penggerak All Wheel Drive ( AWD / 4 WD ).

Mobil sport yang diproduksi sejumlah 800 unit per tahun ini, mampu melesat mulai 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2.9 detik ! Tak hanya itu, kecepatan maksimum Lamborghini Aventador mencapai 217 mph ( 350 km per jam ).

Dengan top speed hingga 350 km per jam mungkin Anda membutuhkan sirkuit balap untuk bisa menjajal sensasi luar biasa dari Lamborghini Aventador ini !

( HDR-KopiNgopi )

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan