blog/musim-hujan-mulai-datang-yuk-mulai-persiapkan-mobilmu

Musim Hujan Mulai Datang, Yuk Mulai Persiapkan Mobilmu!

19 Okt 2020

Musim hujan kini telah tiba. Sebagai pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil sudah pasti harus mempersiapkan akan datangnya musim ini. Terlebih lagi curah hujan Indonesia yang cukup tinggi membuat kamu para pemilik mobil harus memiliki persiapan yang matang dan selalu waspada di musim hujan ini.

Berkendara pada musim hujan juga tentu berbeda dengan kondisi cuaca cerah. Seringkali banyak yang tidak mengetahui perbedaannya dan cara menyikapinya sehingga menyebabkan tingginya angka kecelakaan disaat turunnya hujan deras yang disertai angin kencang.

Bagi sebagian pemilik mobil, musim hujan juga seperti momok menakutkan. Ancaman banjir, hujan deras, kecelakaan tentu menghantui. Namun sebenarnya kamu tidak perlu banyak khawatir apabila sudah mempersiapkannya dengan matang matang. Mau tahu apa saja tips untuk mempersiapkan mobil ketika musim hujan tiba? Yuk simak ulasan dibawah.

 

Jaga Visibilitas Kendaraan Di Level Tertinggi

Hal yang utama harus diperhatikan ketika mulai memasuki musim hujan adalah visibilitas jarak pandang pengemudi. Tentu saja di musim hujan yang deras sudah pasti visibilitas pengemudi berkurang jauh dibandingkan ketika cuaca cerah. Oleh karena itu jagalah perangkat visibilitas mobil kamu di level prima sehingga kamu tidak sulit melihat jalan dan kendaraan lain disekitar mobil. Berikut adalah perangkat visibilitas yang harus kamu perhatikan.

 

  • Kaca Depan, Samping, Belakang

Satu satunya cara bagi pengemudi untuk berkomunikasi dengan dunia luar adalah melalui kaca. Oleh karena itu jagalah kaca mobil di kondisi yang selalu prima, terutama untuk kaca depan. Segera bawa mobil kamu ke salon mobil terpercaya apabila muncul jamur jamur kaca / baret baret yang parah. Jamur dan baret kaca tersebut tentunya akan membuat pandangan pengemudi menjadi bias dan membahayakan sehingga harus segera diperbaiki.

 

  • Wiper dan Cairan Wiper

Ketika hujan turun tentu saja kamu akan menggunakan wiper. Jagalah kondisi wiper agar selalu tetap prima. Wiper yang baik tentu karetnya masih elastis jika dipegang dan tidak menimbulkan bunyi mengganggu ketika dioperasikan. Selain itu jagalah level cairan wiper selalu berada di posisi maximum supaya tidak kehabisan ketika dibutuhkan.

 

  • Lampu Mobil

Lampu mobil juga menjadi perangkat vital yang diperlukan ketika berkendara di situasi hujan. Jagalah kondisinya agar tetap terang dan memudahkan visibilitas. Hindari pemasangan lampu aftermarket yang menyilaukan lawan arah atau mengganti warna lampu sen dan rem karena hal itu akan menurunkan visibilitas dan membuat bingung pengendara lain.

 

Baca Juga : Jual Mobil Kini Semakin Mudah di Era Digital

 

Tips Berkendara di Musim Hujan

Seperti yang kita ketahui, berkendara di musim hujan tentu berbeda dengan saat musim panas. Oleh karena itu kita perlu mengetahui poin poin apa yang harus diperhatikan ketika mengemudi dalam keadaan hujan. Berikut poin poinnya :

 

  • Jaga Jarak Aman

Di musim hujan, visibilitas sangatlah rendah serta jarak pengereman akan semakin jauh karena jalan yang basah. Oleh karena itu selalu jaga jarak aman dengan kendaraan didepan, hal ini berguna untuk antisipasi apabila ada rem mendadak atau situasi darurat.

 

  • Perhatikan Ketinggian Air Ketika Melewati Banjir

Biasanya ketika terjadi hujan yang cukup lebat akan muncul titik titik banjir yang dalam. Tentu kamu harus memperhatikan ketinggian air dengan jenis kendaraan yang kamu naiki. Apabila kamu naik kendaraan sedan / city car yang biasanya punya ground clearance yang rendah, hindari banjir yang melebihi betis orang dewasa karena ada kemungkinan air masuk melalui intake dan masuk ke interior. Selalu perhatikan keadaan sekitar dan jangan memaksakan mobil, air yang masuk ke dalam mesin dan interior tentu akan menimbulkan bencana yang biasanya memakan biaya tidak sedikit.

 

  • Jangan Gunakan Lampu Hazard

Menggunakan lampu hazard merupakan hal yang paling terlarang ketika berkendara di musim hujan. Lampu Hazard hanya akan membuat pengendara di belakangmu menjadi bingung karena tidak tahu ke arah mana kamu akan berbelok / pindah jalur. Sebaiknya gunakanlah lampu senja dan foglamp belakang jika ada untuk menambah visibilitas kamu dijalan.

 

  • Jaga Kecepatan dan Hindari Aquaplanning

Berkendara ketika musim hujan tentu saja harus lebih pelan daripada di musim panas. Jaga kecepatan yang aman dan sebisa mungkin hindari genangan yang dalam ketika sedang berjalan di jalan tol / jalan besar. Genangan ini akan menimbulkan aquaplanning atau keadaan dimana mobil tidak dapat traksi karena tapak ban terhalang air. Aquaplanning ini bisa menyebabkan mobil kehilangan kontrol sehingga bisa menimbulkan kecelakaan.



Nah, bagaimana sahabat mobil88? Semoga artikel diatas membantu kamu ya! Oiya, apabila kamu ingin menjual mobil sedan / hatchback kamu di musim hujan ini karena takut melewati banjir, jual aja di mobil88! Prosesnya mudah, cepat dan kamu bisa langsung tradein dengan koleksi SUV dan MPV kami yang berkualitas lho! Yuk jual dan tradein mobilmu disini!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan