×

blog/ngebul-inilah-yang-akan-terjadi-kalau-paksa-mobilmu-terobos-banjir

Ngebul, Inilah Yang Akan Terjadi Kalau Paksa Mobilmu Terobos Banjir

03 Mar 2021

Awas jangan asal nekat untuk menerobos banjir jika kamu terjebak di tengah jalan ya. Karena niat ingin cepat tapi malah bermasalah. Bahkan paling parah mobil kamu jadi ngebul dan kemudian mogok. 

Kenapa kok mesin mobil jadi mengeluarkan asap putih ketika menerjang banjir? Kalau itu terjadi berarti mobil kamu sudah mengalami yang namanya Water Hammer. Ini adalah risiko terbesar mobil saat menerobos banjir, di mana air masuk ke ruang bakar dan membuat mesin jebol.

Bahaya Water Hammer Bagi Mobilmu

Water hammer mungkin tidak langsung membuat mesin jebol. Ada kondisi mobil mengalami water hammer beberapa waktu setelah menerobos banjir. Gejala awalnya adalah mesin terasa kasar namun mobil masih bisa jalan. Tapi suara kasar tersebut sudah pertanda kalau mesin ada yang tidak beres. Tapi karena terus dipaksa jalan maka lama-lama mesinnya bisa rontok, lho.

Baca juga : Sebelum Nekat Terobos Banjir, Pelajari Dulu Tekniknya!

Kalau pun ingin menerobos banjir, sebaiknya kamu perhatikan beberapa aspek berikut ini supaya tidak terjadi mobil mogok. 

Jangan Terobos Banjir Dengan Kecepatan Penuh

Pertama, jangan menerobos banjir dengan kecepatan penuh, karena gaya dorong mobil bisa membuat gelombang air hingga menutupi kaca hingga kap mesin mobil. Jika sudah begini maka dipastikan air bisa masuk ke ruang mesin.

Maka dari itu kamu perlu memastikan ketinggian air tidak melebihi tinggi dari ‘air intake’ di mobil kamu ya. Jika intake udara mobil kemasukan air dipastikan akan menimbulkan gejala water hammer. Kalau kamu tidak tahu posisi air intake, cukup pastikan tinggi genangan air tidak melewati bagian atas ban atau grille depan.

Gunakan Gigi Rendah

Kemudian ketika menerobos genangan sebaiknya menggunakan gigi rendah dan ditahan di kecepatan yang konstan. Jangan sampai berhenti di tengah genangan, agar air tidak masuk dari knalpot. Posisinya yang berada di belakang ketika mobil berjalan konstan maka knalpot akan tetap stabil, mendorong ke belakang

Baca juga : Waspada Dampak Mobil Terendam Banjir, Ini Daftar Kerusakannya

Pastikan juga ketika melewati banjir tidak ada mobil lain yang datang dari lawan arah, karena bisa menimbulkan gelombang air yang mengguyur mobil kamu. Tapi paling penting adalah tidak memaksakan untuk tetap lewat ketika tinggi air sudah melebih tinggi ban mobil. 

Kalau tidak, maka risiko mobil terkena water hammer lebih tinggi dan jika sudah terjadi maka mobil harus turun mesin dan pasti butuh biaya yang besar serta waktu pengerjaan yang lama. 

Nah, kalau mobil kamu sudah terkena water hammer, lebih baik kamu mengganti mobil lama kamu dengan yang lebih baru. Tapi jika dananya terbatas, kamu bisa jual mobil lama kamu lebih dulu di mobil88 lho. 

Ya, di mobil88 kamu enggak hanya bisa beli mobil bekas, tapi juga bisa menjual mobil lama dengan cepat. Kamu tidak perlu repot-repot menjual di banyak marketplace dan pastinya butuh waktu lama untuk mencari pembelinya. Di mobil88, cukup isi formulir yang ada disini, atau juga bisa melalui fitur Live Chat yang ada di website www.mobil88.astra.co.id ataupun aplikasi yang bisa kamu download baik di Google Play Store maupun Apple App Store. Caranya sangat mudah dan prosesnya juga tidak berbelit-belit. 

Setelah mengisi formulir atau menggunakan fitur Live Chat, tim mobil88 akan menghubungi kamu untuk bisa dilanjutkan ke proses menaksir secara langsung dan memberikan penawaran harga yang fair dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraan kamu. Jika ada kesepakatan, proses transaksi dilakukan langsung di cabang terdekat atau di rumahmu. 

Setelah deal kamu pun akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam. Mudah dan Cepat, bukan?

Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0804-1-000088

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan