blog/orang-bilang-mobil-seken-abal-abal-cek-5-jurus-ini

Orang Bilang Mobil Seken Abal-abal, Cek 5 Jurus Ini!

31 Mei 2019

Mobil seken bisa jadi pilihan saat kita ingin punya mobil yang keren tetapi budget cekak. Sayangnya, banyak yang bilang, mobil seken incaran kadang terlihat bagus di luar, tetapi ternyata bermasalah saat dibawa pulang.

Padahal, tidak semua mobil seken seperti itu. Baca juga: Siapa Bilang Mobil Keren Pasti Mahal? Makanya, coba simak lima cara memilih mobil seken di bawah ini agar jangan rugi gara-gara urusan perbaikannya.

 

1. Coba dulu

Kalau mau beli mobil seken, nomor satunya adalah dicoba dulu, apakah starter mesin bermasalah, apakah ada bunyi-bunyi dari mesinnya, atau misalnya ada masalah kelistrikan.

Jangan sampai pengeluaran malah jadi bengkak gara-gara urusan perbaikan, apalagi biaya servis terus naik.

Tahun 2016 lalu, rata-rata kenaikan biaya servis mobil Rp 650.000 atau naik 8 persen dari tahun 2015, menurut data JD Power Asia Pasifik 2016 Indonesia Customer Service Index (CSI) Study.

 

2. Jangan terpengaruh harga

Harga murah memang bikin kita terpikat, apalagi jika mobil tersebut terkenal mahal di pasaran.

Namun, di balik harga yang murah, biasanya tersimpan masalah. Misalnya saja, mobil tersebut bekas tabrakan atau ternyata bekas banjir.

"Mobil yang sudah pernah terendam banjir pasti nanti ada masalah, apakah korslet atau masalah lainnya, meski sudah diperbaiki," kata Chief Operation Officer mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan, dikutip Kompas.com, Kamis (26/2/2015).

 

3. Surat-surat beres

Mobil bagus tetapi pajak mati akan merepotkan dalam pengurusannya. Bahkan lebih repot lagi kalau ternyata tidak ada suratnya, atau malah mungkin ada tetapi ternyata palsu. Maka dari itu, cari mobil yang sudah dipastikan punya surat-surat asli.

"Jadi ini saya berikan warning kepada masyarakat ketika nanti membeli mobil dicek betul surat surat dan dokumennya, karena pelaku (kejahatan) sudah mampu membuat STNK dan BPKB palsu," ujar Krishna Murti saat masih menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (4/9/2015).

 

4. Lihat di internet

Era internet memang membuat kita gampang memilih-milih mobil. Foto-foto tersedia dan bisa diilihat-lihat, begitu pula dengan keterangannya secara umum.

Namun, tidak jarang bahwa mobil yang dipajang sebenarnya sudah laku, dan malah membuat kita buang-buang waktu kalau ingin melihatnya secara langsung. Kadang pula, data-data spesifikasinya tidak sama. Dengan begitu, carilah situs jual beli mobil seken yang terjamin, apalagi kalau punya cabang banyak supaya bisa cari yang paling dekat rumah dan bisa tanya-tanya informasi.

 

5. Ada jaminan

Belilah mobil seken yang sudah punya jaminan. Dalam hal ini, jaminan tersebut sama artinya bahwa mobil ini akan baik-baik saja saat dicoba dan ketika digunakan nantinya.

Jaminan itu bisa berupa buyback guarantee seperti yang ditawarkan mobil88. Jaminannya dokumen lengkap dan asli jadi tidak terjerat masalah hukum, jaminan bukan bekas tabrakan yang bisa mengubah struktur rangka alih-alih bikin gerak mobil tidak stabil.

Mobil juga dijamin bukan bekas terendam banjir yang bikin karat, kerusakan elektronik dan mesin,sama bau tak sedap. Urusan nomor rangka dan mesin juga sesuai BPKB & STNK jadi tidak terjerat kasus pidana. Masih ada jaminan juga soal odometer asli jadinya tidak ada urusan tertipu usia mobil atau tertipu harga.

Mobil seken yang dijual di kami sudah melalui seleksi dulu sebelum masuk gerai, lalu mobil akan dicek dan diperbaiki, dicek lagi setelah perbaikan, masuk salon sebelum dipajang, dan akan dicek lagi sebelum dikirim ke pembeli.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan