×

blog/pakai-lampu-hazard-ada-aturannya-jangan-asal-ya

Pakai Lampu Hazard Ada Aturannya, Jangan Asal Ya

02 Mar 2021

Setiap mobil pasti dilengkapi dengan fitur lampu hazard. Namun, masih banyak pemilik mobil yang bingung, kapan lampu ini digunakan, tentunya selain dalam kondisi darurat. Mungkin kamu pernah mengalami saat kondisi hujan lebat ada mobil di depanmu yang menyalakan lampu hazard, tapi mobil ini tidak berhenti melainkan tetap berjalan meski pelan. Nah, ternyata hal ini salah dan termasuk ke dalam penyalahgunaan lampu hazard oleh pengguna mobil. 

Begitu juga ketika berada di dalam terowongan, masih banyak pengguna mobil yang kerap menyalakan lampu hazard. Inilah sebagian dari salah kaprah mengenai penggunaan lampu hazard di mobil kamu.

Arti Penggunaan Lampu Hazard

Secara harfiah, hazard atau bahaya adalah faktor intrinsik yang melekat pada sesuatu (bisa pada barang ataupun suatu kegiatan maupun kondisi). Hazard berarti sesuatu yang menyebabkan bahaya yang tak bisa dihindari.

Baca juga : Memilih Lampu LED Untuk Mobil, Pastikan Jangan Bikin Silau!

Penggunaan lampu ini sebenarnya adalah untuk menginformasikan pengemudi lain di sekitar kamu bahwa mobil kamu sedang mengalami masalah. Itu sebabnya penggunaan lampu ini juga tidak boleh asal, bahkan pemerintah mengaturnya dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Aturan Dalam Menggunakan Lampu Hazard

Pada pasal 121 isinya menyatakan: 1. Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan.

Kemudian pasal 2. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku untuk Pengemudi Sepeda Motor tanpa kereta samping. Pada bagian penjelaskan diurai bahwa yang dimaksud dengan isyarat lain adalah lampu darurat (lampu hazard) atau senter. Sedangkan keadaan darurat maksudnya dalam kondisi mogok atau mengganti ban.

Baca juga : Arti Lampu Indikator Menyala di MID Mobil

Nah, jadi kamu jangan salah kaprah menggunakan lampu darurat ini. Kebanyakan orang sering menggunakan dalam kondisi cuaca buruk alias hujan. Padahal hal ini semakin membahayakan bagi pengguna jalan lainnya. Ketika hujan, kamu cukup menyalakan lampu kota atau jika kondisi gelap maka bisa menyalakan lampu utama ya. 

Selain itu, saat memberi tanda lurus di persimpangan juga menyalakan lampu hazard. Ini tidak perlu, karena dengan tanpa menghidupkan lampu sein berarti sudah menandakan akan bergerak lurus.

Nah kalau kamu sudah paham penggunaan lampu hazard dan baru mau mencari mobil bisa mencari mobil bekas yang berkualitas di mobil88. Apalagi sekarang ini di mobil88 bukan hanya bisa beli mobil bekas secara online, tapi kamu juga bisa melihat unitnya secara langsung dan juga test drive dari rumah lho. Ya, mobil88 sekarang ini menghadirkan layanan Car On Delivery (COD) untuk setiap konsumennya. 

Layanan COD ini memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 e-store secara online, baik melalui website www.mobil88.astra.co.id, atau juga melalui aplikasi yang bisa kamu download di Google Play Store maupun Apple App Store

Mau tahu caranya gimana? Gampang banget, cukup kamu akses laman resmi mobil88 atau aplikasi mobil88 e-store. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih mobil yang jadi incaran kamu. Di mobil88, banyak pilihan merek mobil dan juga modelnya.  Setelah mendapat mobil pilihan kamu, tinggal lakukan booking showing melalui fitur Live Chat. Mudah sekali, bukan?

Yuk langsung aja cek stok unit mobil di mobil88, kunjungi www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan