/blog/pengaman-utama-dan-tambahan-pada-mobil

Pengaman Utama dan Tambahan Pada Mobil

Keamanan dan kenyamanan berkendara dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mengemudi mobil dengan stir bergetar tentu saja mengganggu keamanan karena stir susah dikendalikan. Contohnya saja, ingin belok ke kanan, tapi terhambat karena stir bergetar.

Saat berkendara juga harus melakukan antisipasi terhadap kondisi darurat, karena selalu ada hal tak terduga di jalan raya. Dengan demikian, stir yang berfungsi normal sangat penting keberadaannya.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan terjadinya getaran pada mobil :
- Saat pedal rem diinjak, kemudian stir bergetar. Pedal rem susah dikendalikan. Hal ini disebabkan oleh rusaknya rotor rem bagian depan.

- Stir bergetar pada saat mobil melaju dengan kecepatan tertentu. Hal ini disebabkan kondisi roda yang tidak seimbang.

- Stir bergetar setiap saat dan muncul suara berisik. Hal ini disebabkan oleh rusaknya ball joint.

- Stir bergetar saat mobil melintasi trek yang menanjak. Hal ini biasanya terjadi pada mobil berpenggerak roda depan. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada garden.

- Seperti apapun kondisi getaran pada stir mobil, jangan dianggap remeh, karena hal tersebut akan semakin parah, sehingga akan menguras biaya besar dan pastinya sangat berbahaya. Karena berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal. (HDR)Tingkat pencurian kendaraan bermotor yang meningkat dari waktu ke waktu membuat pemilik mobil harus lebih waspada terhadap keamanan mobilnya. Untuk menjaga keamanan mobil, ada beberapa sistem keamanan yang tersedia di mobil dan perlu Anda ketahui cara kerjanya dalam mengamankan kendaraan.

Lock steer terdapat di setiap mobil. Cara kerjanya, saat kunci kontak dilepas maka stir tidak bisa diputar. Lock steer ini bekerja pada posisi stir tidak lurus. Apabila posisi stir lurus, kunci kontak dilepas pada posisi terkunci, maka stir belum mengunci. Jika stir diputar ke kiri atau ke kanan baru akan mengunci. Lock steer ini masih bisa dirusak oleh pencuri sehingga memungkinkan stir tetap dibebaskan.

Alarm akan membantu melindungi mobil dari getaran yang berlebihan. Ketika pintu mobil dibuka secara paksa, alarm akan bunyi sehingga akan mengundang perhatian orang. Pencuri masih bisa melakukan aksinya setelah melumpuhkan alarm. Karena alarm ini sangat berpengaruh terhadap tegangan batere sehingga kalau kutub postif atau negatifnya diputus maka alarm tidak bunyi.

Immobilizer bekerja melindungi mobil dengan cara mematikan sistem bahan bakar melalui ECU (Electronic Control Unit). Cara kerjanya menggunakan chip yang berada di dalam kunci kontak. Saat menstarter mobil dengan kunci kontak bawaan, mobil bisa dinyalakan, tetapi kalau menstarter mobil dengan kunci kontak lain maka mesin mobil tersebut tidak bisa dinyalakan. Sayangnya immobilizer ini belum tersedia pada semua mobil, hanya mobil-mobil tertentu saja yang sudah menggunakannya. Mobil yang belum menggunakan immobilizer memang lebih rawan terhadap terhadap pencurian.

Pengaman tambahan berupa kunci stir, switch pengaman, dan Global Positioning System (GPS). Kunci stir dan switch pengaman bertujuan mengamankan mobil dan memperlambat aksi pencuri apabila pengaman utama sudah dilumpuhkan. Sedang GPS bisa berfungsi memantau dan melacak posisi kendaraan jika terlanjur dicuri sehingga mempermudah proses pencarian.

 

Source : astraworld.com
Picture : howstuffworks.com 

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan