/blog/pentingnya-lampu-dan-wiper-mobil

Pentingnya Lampu dan Wiper Mobil

Mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling mendukung. Jika salah satu fungsi komponen tidak bekerja optimal, maka hal tersebut akan mempengaruhi komponen lainnya. Di antara komponen tersebut adalah lampu dan wiper (pembersih kaca).

Berikut ini beberapa hal penting terkait lampu dan wiper pada mobil :
- Lampu dan wiper memiliki peran penting pada keselamatan dan keamanan berkendara. Potensi kecelakaan semakin besar, jika kondisi kaca mobil dan wiper tidak optimal.

- Wiper berfungsi untuk menghilangkan noda pada kaca depan sehingga tidak menghalangi pandangan pengemudi

- Sistem lampu pada mobil akan membantu pengemudi saat mengemudi pada malam hari, memberi tanda kepada pengendara lain, mempermudah untuk mendapatkan informasi dari panel instrumen dan akan mendukung kenyamanan interior (kabin mobil).

Wiper akan mengalami kerusakan. Hal tersebut tergantung pada kondisi cuaca dan durasi penggunaan wiper. Pada kondisi cuaca panas, wiper cenderung lebih cepat rusak.

Indikasi kerusakan pada lampu ketika cahaya kedap-kedip dan hilang timbul, serta biasanya kekuatan sorot lampu berkurang. Sedangkan pada wiper, karet yang menipis atau wiper menimbulkan goresan di kasa.

 

Menghilangkan Embun di Lampu

Meredupnya sorotan lampu depan mobil bisa disebabkan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Diantaranya adalah adanya embun yang menempel pada lampu depan tersebut.

Hal ini tentu saja sangat berbahaya, karena sorot lampu depan merupakan salah satu faktor penentu keamanan berkendara, terutama saat mengemudi pada malam hari atau kondisi hujan.

Selain mengurangi sorotan cahaya dari lampu depan, embun juga dapat mengakibatkan korsleting, jika uap air tersebut mengenai kabel.

Jika terdapat uap air pada lampu depan, hal tersebut harus segera ditangani agar tidak menimbulkan kerusakan lebih parah.

Lepas penutup lampu, lap dengan kain bersih dan keringkan dengan kompresor. Agar sorotan cahaya lampu depan semakin optimal, ganti mika dan perekat. Karena embun tersebut disebabkan adanya celah pada lampu depan, sehingga air hujan/air bekas pencucian mobil masuk ke sela-sela perekat atau mika yang sudah retak.

Retaknya perekat lampu depan mobil karena efek panas saat mobil dikendarai pada siang hari, sinar matahari akan mengenai lampu depan. Hal ini berlangsung rutin dan terus menerus sehingga perekat lampu akhirnya retak.

 

Mencegah Wiper Bunyi

Suara mencicit atau berisik saat wiper membersihkan kaca depan mobil tentunya sangat mengganggu. Hal ini akan mengganggu konsentrasi pengemudi dan mengganggu kenyamanan penumpang.

Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan bunyi pada wiper :
- Bersihkan kaca depan mobil. Bisa menggunakan cuka atau baking soda. Tapi, pilih salah satu. Jangan menggunakan keduanya untuk membersihkan kaca depan mobil.

- Ganti bilah pada wiper secara berkala.

- Lakukan isi ulang cairan pembersih kaca depan secara rutin. Pastikan cairan pembersih kaca depan tersebut cukup untuk digunakan.

- Bersihkan wiper kaca depan menggunakan alkohol. Gunakan kain lap atau handuk kecil. Pembersihan bilah wiper kaca depan dengan alkohol akan mengikis kotoran atau noda yang melekat.

- Cek apakah bilah atau wiper longgar atau terlalu ketat atau rapat.

- Jika proses perawatan terhadap wiper sudah dilakukan. Namun, wiper masih bermasalah, maka wiper tersebut harus segera diganti. (HDR)

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan