/blog/pentingnya-menjaga-kapasitas-mobil

Pentingnya Menjaga Kapasitas Mobil

30 Mar 2019

Kapasitas dalam sebuah mobil baik untuk penumpang maupun barang adalah berbeda-beda satu sama lainnya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh jenis dan ukuran mobil. Sebelum menunggangi mobil dan mengisinya, pastikan untuk menjaga kapasitas mobil tetap seimbang dan tidak berlebihan.

Pentingnya menjaga kapasitas mobil ini juga terkait erat dengan terjaganya kualitas kendaraan. Terutama dari segi kaki-kaki dan kursi penumpang. Maka dari itu, kita perlu memilih mobil yang tepat guna dan sesuai dengan kebutuhan. Tentukan mobil yang bisa mengakomodir segala kebutuhan.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan, penggunaan mobil juga harus menghadirkan keamanan dan kenyamanan. Selama perjalanan, jangan sampai kita tidak betah sebab kapasitas mobil yang berlebihan.

Sebelum melakukan perjalanan, coba sesuaikan jenis mobil dengan banyak penumpang dan barang diangkut. Sebagai pertimpangan, kita bisa mengetahui maksimal kapasitas penumpang dari jenis mobilnya.

Berikut yang dapat mobil88 paparkan terkait kapasitas penumpang:

1. MPV
Sesuai dengan namanya multi purpose vehicle (MPV), mobil ini memang memiliki banyak kegunaan dan biasanya diperuntukan untuk penggunaan banyak penumpang. Namun, kita juga perlu menjaga kapasitas mobil jangan sampai lebih dari maksimal kemampuannya. Mobil jenis ini biasanya memiliki kapasitas maksimal 9 orang jika sisi terbelakang memiliki posisi duduk menyamping yang muat untuk 4 orang.

Tidak semua MPV mampu menampung hingga 9 penumpang. Ada sebagian MPV yang hanya memiliki kapasitas maksimal 7 dan 8 penumpang. Kenali jenis MPV mana yang digunakan untuk perjalanan dan pastikan untuk membawa barang yang tidak berlebihan karena bagasi belakang mobil jenis MPV cenderung sempit.

2. SUV
SUV merupakan Sport Utility Vehicle. Penggunaannya lebih diperuntukan untuk perjalanan luar kota atau perjalanan dengan jalan yang lumayan terjal. Walaupun bentuknya cenderung besar dan berukuran tinggi, mobil jenis ini tidak memiliki kapasitas sebanyak MPV. Ketika memilih menggunakan ini, ada baiknya kita tidak membawa penumpang lebih dari 5 kecuali jika barang bawaan tidak ada. Kita bisa memanfaatkan ruang di belakang untuk membawa 2 penumpang. Namun, pastikan hanya membawa 5 penumpang jika ruang terbelakang dijadikan bagasi untuk membawa barang bawaan.

3. Crossover dan Hatchback
Sebagaimana bentuknya yang relatif kompak, ketiga jenis mobil tersebut tidak memiliki kapasitas yang terlalu besar. Sama dengan SUV, mobil-mobil itu hanya mampu menampung maksimal 5 penumpang dengan barang bawaan yang ringkas. Bagian belakangnya yang tanpa bagasi membuat kita harus memaksimalkan barang yang dibawa agar tidak terlalu banyak.

4. Sedan
Bentuknya relatif memiliki lebar yang tidak jauh berbeda dengan jenis hatchback. Hanya saja, sedan memiliki bagasi tersendiri sehingga kita bisa membawa barang bawaan lebih banyak dibanding menggunakan mobil Crossover atau Hatchback. Akan tetapi, maksimal penumpangnya sama, yakni 5 penumpang.

Bagaimana? Penjelasan singkat mobil88 mungkin dapat menjadi acuan sehingga kita bisa menjaga kapasitas mobil. Dengan kapasitas yang sesuai, kita juga bisa membuat kondisi mobil baik interior maupun eksteriornya awet. Mengapa? Bobot mobil yang berlebihan akan membuat kaki-kaki mobil cepat rusak.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan