/blog/penyebab-goyangan-pada-mobil

Penyebab Goyangan Pada Mobil

30 Mar 2019

Pernahkah Anda merasakan situasi saat Anda mengemudikan atau berada dalam mobil terasa ada goyangan khususnya di bagian belakang. Goyangan tersebut akan membuat penumpang seakan-akan mengangguk angguk sepanjang jalan sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Jika diperhatikan dari luar maka akan terlihat putaran ban yang meliuk-liuk saat dikemudikan. Apakah penyebabnya?

Ban :


1. Pemasangan ban tidak simetris antara ban dengan velg. Sepanjang sisi dalam ban ada garis melingkar dan garis ini selalu sejajar dengan sisi luar velg.

2. Ban yang kurang baik kondisinya dipindahkan ke bagian belakang. Walaupun tekanan anginnya cukup jika kondisinya tidak baik maka akan terasa tidak nyaman. Kondisi ban yang kurang baik diantaranya permukaan ban tidak rata, hanya satu sisi ban yang habis, pelapis ban luar rusak.

3. Jika Anda menggunakan ban tubeless dan sudah lama tidak diganti maka akan memunculkan benjolan. Benjolan tersebut dapat membesar dan menyebabkan mobil bergetar terutama saat kecepatan tinggi.

Velg :


1. Velg bisa rusak jika terjadi benturan pada batu atau berkarat. Jika mobil pernah terguling dan terjadi benturan keras pada velg maka sisi luarnya akan berubah bentuk. Velg seperti itu sulit dibalans dan jika diputar tampak jelas meliuk-liuk.

2. Velg yang sudah lama digunakan akan berkarat dan berlubang. Jika lubang-lubang tersebut diperbaiki dengan cara dilas maka akan berubah bentuk. Sisi dekat bagian baut roda tidak bisa rata lagi. Jika ingin memperbaiki maka lakukan di bengkel dengan mesin bubut sehingga perbaikannya menjadi lebih baik lagi.

As Roda :


1. Ada mobil berpenggerak roda belakang as roda nya berbentuk huruf T dengan kaki yang panjang. Jika terjadi kerusakan pada as ini pada umumnya disebabkan oleh benturan keras sampai pada sisi T berubah lebih dari 90 derajat. Hal ini akan membuat ban meliuk-liuk dan bergoyang-goyang. Sehingga ban akan cepat rusak.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan