blog/perbedaan-mengemudi-pagi-dan-malam

Perbedaan Mengemudi Pagi dan Malam

16 Mei 2019

Mengemudi pada pagi dan malam hari memiliki perbedaan yang bisa jadi sangat terasa oleh pengemudi. Maka itu, pastikan Anda mengetahui bagaimana berkendara yang benar sesuai waktu.


Untuk lebih bisa menentukan bagaimana Anda bersikap saat mengemudi, ketahui perbedaan mengemudi pagi dan malam hari dari mobil88:

1.Pencahayaan
Pada pagi hari, Anda mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari untuk berkendara. Adapun matahari juga belum terlalu terik sehingga bisa lebih nyaman berjalan di lalu lintas. Pada pagi hari, terutama jam 7-10 pagi adalah waktu yang ideal untuk berkendara dan penglihatan juga tidak terganggu sehingga pengemudi akan lebih mudah melakukan perjalanan.

Berbeda dengan saat malam hari, pengemudi tidak mendapatkan pencahayaan alami dan hanya mengandalkan lampu depan, serta penerangan jalan seadanya. Beruntung bila jalanan yang dilewati dilengkapi dengan penerangan jalan yang memadai. Tapi, jika jalanan tidak memiliki penerangan yang cukup, maka pengemudi harus dengan seksama mengendarai mobil. Apalagi penggunaan lampu sorot jauh harus dihindari agar tidak mengganggu pengemudi mobil lainnya.

Saat malam hari, pastikan untuk menggunakan lampu depan bersorot normal. Bagi yang menggunakan kacamata, pastikan Anda menggunakannya dengan ukuran tepat. Jangan sesekali menyepelekan bantuan penglihatan ini, pengemudi malam harus bisa dengan jeli melihat keadaan lalu lintas.

2.Kesiapan Roda
Seperti biasa, di mana kita harus selalu mengecek tekanan ban sebelum melakukan perjalanan dengan mobil. Hal ini adalah penting. Baik pada pagi hari maupun malam hari. Akan tetapi, ada perbedaan persiapan yang harus disiapkan terkait roda mobil.

Jika pada pagi hari, kita bisa mengecek roda mobil dengan seksama karena bisa dilihat dengan jelas. Bila ada yang mengganjal, kita bisa mengepaskan kondisi tekanan ban menjadi normal. Namun, berbeda pada malam hari, butuh kejelian ekstra agar taru kondisi roda normal atau tidak. Untuk memudahkan, ada baiknya mengecek ban mobil di tempat tekanan yang tersedia di pom bensin. Pastikan kondisinya normal dan siap untuk dibawa berjalan. Dengan mengeceknya di tempat yang sudah pasti, Anda bisa menghindari terjadi celaka di jalan. Apalagi pada malam hari akan lebih sulit untuk menanggulangi kecelakaan.

3.Kecepatan Mobil
Kecepatan mobil adalah hal yang penting dijaga untuk tetap bisa selamat dalam berkendara. Ketika pagi hari, akan lebih mudah bagi pengemudi untuk memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi. Ini juga jadi hal yang perlu diperhatikan karena kondisi kecepatan mobil pada malam dan pagi haruslah berbeda. Jika memang ingin memacu mobil dengan cepat, ada baiknya dilakukan pada pagi. Saat malam Anda harus menjaga kecepatan maksimal Anda. Kalau bisa, mobil hanya melaju paling cepatnya 80 kilometer per jam.

Memacu kecepatan mobil dengan tinggi saat malam hari akan sangat berbahaya. Jarak penglihatan akan berkurang dan banyak muncul blind spot. Menghindari potensi kecelakaan, harus dilakukan dengan membatasi kecepatan.

4.Kondisi Fisik
TIdak bisa dipungkiri kalau mengemudi pagi dan malam ada pengaruhnya dengan bagaimana kondisi fisik kita. Namun, ada juga sebagian orang yang memiliki kondisi sebaliknya.

Kondisi fisik mengemudi saat malam hari akan kurang optimal dibanding pagi. Saat malam sudah masuk waktu istirahat dan cuaca malam akan membuat kondisi tubuh juga berbeda. Ini bisa jadi karena pengaruh suhu udara dan bagaimana kondisi penerangan. Jika pada pagi Anda kuat mengemudikan mobil 2 jam tanpa berhenti, berbeda dengan malam. Pastikan untuk berisitirahat setiap 2 jam sekali saat mengemudi malam.

5.Keamanan
Sebenarnya tidak ada jaminan pasti kapan potensi tindak kejahatan besar, pagi atau malam. Namun secara logika, tentunya pada malam hari akan lebih mudah melakukan kejahatan karena kondisi jalanan sepi dan kebanyakan orang sudah beristirahat di rumahnya. Maka itu, tidak ada salahnya untuk membawa peralatan keamanan ekstra, seperti gas air mata saat bepergian pada malam hari.

Di pagi hari, keamanan dari tindak kejahatan cenderung aman. Akan tetapi, bukan berarti harus mengumbar seenaknya harta pribadi kita di dalam mobil. Justru Anda perlu menyimpan barang berharga dalam mobil di tempat yang tidak terlihat dari luar. Ini untuk menghindari dari penjambretan secara tiba-tiba. Entah di perempatan atau saat lampu merah. (SSA)


mobil88, Jual Cerdas Beli Berkualitas

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan