blog/perluasan-ganjil-genap-tak-pengaruhi-penjualan-mobil-bekas

Perluasan Ganjil Genap Tak Pengaruhi Penjualan Mobil Bekas

16 Sep 2019

Mulai 9 September 2019 mendatang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan perluasan kebijakan ganjil genap untuk mobil pribadi di 16 ruas jalan. Dengan begitu, setidaknya ada 25 ruas jalan yang terkena kebijakan ganjil-genap di Ibukota.

Rencananya, pelaksanaannya sistem ganjil genap akan lebih panjang, yaitu 06.00-10.00 dan 16.00-21.00. Sementara sebelumnya hanya 06.00-10.00 dan 16.00-21.00.

Ke-16 ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap antara lain Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati sampai simpang Jl TB Simatupang, Jalan Suryopranoto Jalan Balikpapan, Jalan Kyai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, dan Jalan Gunung Sahari.

Namun begitu, sebelum pelaksanaan ganjil genap diberlakukan, sejak 7 Agustus sampai 8 September 2019 dilakukan sosialisasi. Dalam waktu tersebut, pengguna mobil yang memasuki ke-16 ruas jalan belum diberikan tindakan. Akan tetapi jika memasuki ruas jalan di titik yang sebelumnya diterapkan, tetap akan dikenakan tilang.

Seperti diketahui, perluasan sistem ganjil genap sengaja dilakukan untuk mengendalikan lalu lintas di jam sibuk dan mengurangi polusi udara di Jakarta.

Perlu dicatat, sistem ganjil genap itu artinya, kendaraan bernomor polisi ganjil pada bagian belakang hanya boleh digunakan saat tanggal ganjil. Sebaliknya, jika nomor polisi genap pada bagian belakang, maka hanya diperbolehkan melintas saat tanggal genap.

Sanksi Pelanggar Ganjil Genap

Jika sistem ganjil genap diberlakukan, ada baiknya Anda mematuhinya. Sebab, melanggar regulasi ini bisa dikenakan pelanggaran rambu lalu lintas yaitu pasal 287 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sanksi tersebut berbunyi: “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu”.

Sedangkan Pasal 106 ayat 4  huruf a dan b UU No 22 tentang LLAJ sendiri, nantinya di setiap ruas jalan yang  hendak diberlakukan wilayah ganjil genap akan dipasangkan rambu sebagai penanda. Karena itu, apabila Anda melanggar, maka dapat dikenakan sanksi seperti tersebut.

Pengecualian Kendaraan Ganjil Genap

Meski begitu, sistem ganjil-genap ini ada juga kendaraan yang tidak diberlakukan, seperti :

  1. Kendaraan yang membawa masyarakat disabilitas
  2. Kendaraan Ambulans
  3. Kendaraan pemadam kebakaran
  4. Kendaraan angkutan umum plat kuning
  5. Kendaraan angkutan barang khusus (BBM/BBG)
  6. Kendaraan dinas pemimpin lembaga tertinggi negara antara lain: Presiden/ Wakil Presiden, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat/ Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Ketua Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi/ Komisi Yudisial/ Badan Pemeriksa Keuangan.
  7. Kendaraan dinas operasional plat dinas, TNI dan Polri.
  8. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing, serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara
  9. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas
  10. Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas polri, seperti kendaraan pengangkut Uang (Bank Indonesia, antara Bank, pengisian ATM) dengan pengawasan dari Polri.

 

Pasar Mobil Bekas

Banyak yang orang awam yang asal prediksi jika, ganjil genap diberlakukan maka penjualan mobil menurun. Namun hal itu tidak berlaku pada mobil bekas.

Sebaliknya, mereka tetap membeli mobil bekas. Namun strateginya membeli kendaraan dengan plat nomor yang berbeda.

Tidak dipungkiri, mereka yang memiliki penghasilan lebih tinggi ditunjang dengan mobilitas tinggi, membuat mereka harus memiliki lebih dari dua mobil.

Nah, jika kamu ingin tambah mobil bekas dengan plat nomor berbeda bisa juga lihat produknya di mobil88. Di situs ini, khusus pembelian via e-store baik melalui website maupun aplikasi bisa dapetin benefit 3 Days Drive & Switch!

Apa itu 3 Days Drive and Switch? Program ini adalah added value dari mobil88 e-store yang memungkinkan konsumen mengganti mobil bekas yang telah dibeli dengan mobil lain yang ada di mobil88 e-store dalam jangka waktu 3 hari dari tanggal pembelian pada invoice.

Untuk up date mobil bekas apa saja yang tersedia, bisa juga melakukan cek stock mobil di mobil88 e-store via www.mobil88.astra.co.id atau aplikasi yang sudah tersedia di playstore dan app store. Di jamin, mobil bekas yang dibeli tetap berkualitas.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan