×

blog/perpanjang-sim-secara-online-ternyata-mudah-simak-tata-caranya-berikut-ini

Perpanjang SIM Secara Online Ternyata Mudah, Simak Tata Caranya Berikut Ini!

29 Sep 2020

Bagi setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Begitu pun jika sudah memiliki, SIM ini harus diperpanjang lagi setiap 5 tahun sekali. Beberapa kali sering kita jumpai proses perpanjang SIM ini sering menjadi kendala, masyarakat mengeluhkan soal antrian yang panjang dan prosesnya yang ribet. 

Oleh karena itu, sekarang sudah tersedia pelayanan SIM online. Apa dan bagaimana cara perpanjang SIM online ini? Simak informasinya berikut ini seputar perpanjangan SIM secara online berikut ini.

 

Syarat-syarat

Ketika ingin melakukan perpanjangan SIM secara online, kamu juga harus siap dengan segala syarat-syaratnya ya. Banyak orang masih bingung dengan apa saja syarat perpanjangan SIM. Namun, tidak perlu khawatir, berikut adalah syarat perpanjangan SIM yang harus kamu penuhi:

  1. SIM asli atau SIM lama yang akan diperpanjang waktunya
  2. Fotokopi SIM serta Fotokopi KTP 2 lembar yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia atau dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing
  3. Surat keterangan sehat dari Puskesmas ataupun dokter
  4. Melakukan pengisian formulir perpanjangan SIM
  5. Lulus tes psikologi
  6. Menyiapkan Surat keterangan lulus uji keterampilan Simulator
  7. Meminta surat keterangan kesehatan mata dari Dokter
  8. Melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak SIM di Bank BRI



Baca juga : Jangan Panik! Begini Cara Mengurus STNK Hilang



Prosedur perpanjangan SIM Online

Jika kamu tidak ingin mengantri lama di kantor Satpas SIM atau juga Gerai SIM keliling, maka pilihannya sekarang kamu bisa melakukan perpanjangan SIM secara online. Cara dan prosedurnya seperti apa? 

  • Buka portal website resmi dari Polri, yaitu di http://sim.korlantas.polri.go.id
  • Pilih menu PENDAFTARAN SIM online
  • Pilih opsi PERPANJANGAN SIM pada kolom isian jenis permohonan
  • Isi formulir atau data permohonan SIM baru
  • Input kode verifikasi lalu klik tombol kirim. Bukti registrasi akan terkirim melalui email.
  • Lakukan pembayaran di ATM, EDC, atau teller di seluruh lokasi BRI.
  • Datang ke lokasi Satpas/Gerai/SIM keliling yang telah dipilih saat pendaftaran dengan membawa dokumen persyaratan, bukti pembayaran, dan bukti registrasi.
  • Pengambilan foto dan pencetakan SIM.

Fasilitas layanan SIM online ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang masih takut untuk keluar rumah di saat pandemik ini. Meski begitu untuk pencetakan dan foto diri di dalam SIM, kamu tetap harus mendatangi gerai SIM atau SIM keliling ya. 

Layanan SIM online ini juga sudah terhubung dengan seluruh Satpas (Satuan Penyelenggara Pelayanan SIM). Namun perpanjangan SIM beda daerah atau beda domisili tetap mengharuskan pemohon untuk mendatangi kantor polisi yang menyediakan layanan perpanjangan SIM.

 

Biaya Perpanjang SIM

Untuk mengetahui berapa biaya perpanjangan SIM, berikut daftar harga perpanjang SIM 2020 :

  • Perpanjang masa berlaku SIM A Rp 80.000.
  • Perpanjang masa berlaku SIM B Rp 80.000.
  • Perpanjang masa berlaku SIM C Rp 75.000.
  • Perpanjang masa berlaku SIM D Rp 30.000.
  • Biaya administrasi Layanan Perpanjang SIM Online Rp 5.000

Ingat ya, terkait perpanjangan SIM harus dilakukan mulai dari 14 hari atau 2 minggu sebelum masa berlaku SIM habis. Apabila melewati tenggat waktu tersebut maka SIM kamu tidak dapat diperpanjang lagi alias harus membuat SIM baru. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kapan harus perpanjang SIM secara berkala.

Jika SIM baru sudah jadi, berarti tinggal meremajakan mobil kamu nih. Kalau urusan itu sudah pasti tempatnya di mobil88, karena stok mobil pasti dalam kondisi prima. Selain itu juga unitnya dijamin bebas dari banjir dan bukan mobil curian. 

 

Baca juga : Cara Cek BPKB Online dan STNK, Punya Kamu Asli atau Palsu?

 

Buat kamu yang belum tahu, mobil88 adalah dealer mobil berkas terbesar dan terpercaya di Indonesia yang sudah berdiri sejak 32 tahun lalu. Mobil88 juga memiliki 21 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. 

Bahkan di mobil88 ini kamu juga bisa menjual mobil lama kamu terlebih dulu dengan proses cepat dan aman. Hanya butuh waktu 30 menit saja sampai proses jual beli selesai. Tidak hanya itu, tapi prosesnya pun bisa dari rumah. Kamu cukup isi form pada tautan ini : Jual mobil, selanjutnya tim dari mobil88 akan segera menghubungi dalam waktu 30 menit. Untuk proses inspeksi cukup #DariRumahAja, team kami yang akan datang ke lokasi untuk melakukan inspeksi.

Team appraisal professional mobil88 akan melakukan inspeksi dan memberikan penawaran harga dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraanmu. Setelah deal, kamu akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam. Mudah, bukan?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jual mobil di mobil88, silahkan kunjungi : https://www.mobil88.astra.co.id/mobil88/in/blog/jual-mobil-cepat-aman-hubungi-mobil88-sekarang-cukup-darirumahaja.

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan