blog/pilih-mobil-anti-peluru-bmw-atau-mercedes-benz

Pilih Mobil Anti Peluru, BMW atau Mercedes Benz?

27 Agu 2019

Dewasa ini mobil tak hanya sekadar alat transportasi, tetapi bisa juga jadi tempat berlindung dari berbagai ancaman bahaya. Setidaknya hal ini membuat sejumlah pabrikan otomotif merancang mobil dengan sistem keamanan dan keselamatan tingkat tinggi.

Tentu saja yang membutuhkan mobil dengan sistem keamanan dan keselamatan bukan orang biasa, melainkan mereka orang-orang penting seperti halnya presiden, para pejabat, duta besar, hingga para pengusaha kaya raya.

Nah, Anda sendiri tahu atau tidak, bahwasanya di Indonesia mobil dengan sistem keamanan dan keselamatan ditawarkan para pemegang merek.. Termasuk khusus digunakan Presiden Republik Indonesia.

Ya, seperti diketahui saat ini orang nomor satu di Tanah Air, Joko Widodo, menggunakan mobil besutan Mercedes-Benz, yaitu S600 Pullman Guard. Hanya saja, mobil jenama Jerman warisan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dibeli pada 2004 itu kerap mengalami masalah, pasca kembali terpilihnya Jokowi sebagai presiden, pemerintah dikabarkan berencana akan melakukan pitching mobil dinas orang nomor satu.

Nah sebelum melihat lebih jauh mobil yang dipakai Jokowi nanti, yuk kita kupas mobil presiden apa yang berpotensi bakal dipilih.

 

Mercedes Benz S600 Pullman Guard

Mobil Mercedes Benz S600 Pullman Guard memang sudah dipilih sebagai mobil dinas kepresidenan lantaran dipercaya mampu menahan ancaman peluru hingga ledakan granat. Namun, secara global, Mercy juga punya mobil teraman lainnya yang konon lebih hebat dari Mercedes Benz S600 Pullman Guard, yakni Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard.

Mobil mewah tersebut digunakan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud saat datang ke Indonesia. Tapi balik lagi, meski hanya menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard, mobil tersebut sudah hebat, karena memiliki sertifikat perlindungan balistik tertinggi dengan resistensi VR5 dari otoritas Jerman dan juga tingkat resistensi Eropa B6/B7.

Seperti bodi lapis baja dan juga kaca jendela yang anti peluru lantaran terbuat dari bahan armaid atau serat sintetis dan komponen polyethylene yang kemudian dilapisi polikarbonat.

Mobil tersebut diyakini memiliki body cukup kokoh dan sanggup menahan ledakan dari berbagai arah, baik samping, depan-belakang atau kolong mobil. Jika ada hantaman, kaca tak akan langsung pecah sehingga tak sampai mengenai pengemudi dan penumpang di dalamnya. Bagian kaca depan dan jendela depan juga dibuat tahan panas.

Kaki-kaki mobil Mercedes-Benz S600 Pullman Guard juga tak kalah hebat berkat ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470 sehingga mampu dipacu dengan kecepatan 60 km tanpa udara atau ketika ban kempes. Mobil ini juga disebut mampu mempertahankan lajunya meski berada di jalur aspal licin atau berkerikil.

Oia, tangki bahan bakar dengan kapasitas 90 liter pada mobil ini juga tak mudah pecah jika terkena ledakan sekalipun. Belum lagi fitur canggih lainnya berupa sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard juga dilengkapi dengan fitur night view assist system sehingga mampu melihat situasi di luar meskipun kondisi gelap atau saat cahaya terbatas. Fitur yang tak kalah canggih yaitu keberadaan pengaturan udara, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela secara elektronik, panic alarm system sebagai fitur tambahan bila ada ancaman keamanan.

Untuk dapur pacu, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dijejali mesin berkapasitas V12 berkapasitas 6.000 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 530 Tk dan torsi 830 Nm mampu dipacu hingga lebih dari 210 km/jam.

 

baca juga : "BMW X5 sudah ada bekasnya, harganya lebih terjangkau"

 

BMW Juga Punya Mobil Anti Peluru

Persaingan antara Mercedes-Benz dan BMW memang ada di sejumlah segmen. Termasuk soal mobil anti peluru. Jika di atas kita sudah bahas soal mobil anti peluru Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, maka kali ini adalah kepunyaan BMW.

Ya, BMW memang punya model mobil dengan keamanan tingkat tinggi atau mereka sebut High Security Vehicle. Tentunya mobil ini juga digunakan para pejabat penting tak terkecuali presiden.

BMW sendiri memiliki mobil dengan tingkat keamanan tinggi yang bisa diterapkan pada Seri 7 dan X5, serta masing-masing model ini memiliki pilihan Security dan Security Plus. Kedua varian ini  yang membedakan adalah bahan material dan fitur yang dibenamkan. Namun keduanya tetap menerapkan keamanan tingkat tinggi.

Hanya saja, jika untuk kendaraan presiden kebanyakan menggunakan jenis sedan. Alhasil, jika saingan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, maka tentunya BMW mengerahkan Seri 7 yang juga merupakan mobil paling mewah dari jajaran BMW. Sedangkan untuk X5 merupakan jenis SUV.

Bicara soal mobil presiden, kabarnya, BMW Indonesia juga ikut melakukan pitching. Konon, BMW Seri 7 High Security Plus jadi mobil paling pas untuk ditawarkan.

Meski tak ingin disebutkan secara detail bagaimana spesifikasi dan fitur keamanan yang diterapkan, namun banyak kelebihan dari BMW Seri 7, termasuk jadi sedan pertama yang dapat menahan peluru VR7. Sementara pada area transparan, mobil ini masih menahan peluru VR9.

Selain itu, mobil ini dianggap mampu menahan peluru kaliber 0,44 Magnum, serta rentetan senjata sekelas AK-47, dan juga menahan ledakan granat.

Kaca jendela mobil ini juga diklaim sangat kuat dengan lapisan khusus dan komposisi setebal enam cm, sehingga  tak dapat ditembus peluru yang biasanya masih mampu masuk ke dalam kabin. Oia, jika kaca memang pecah,serpihannya tak dapat masuk ke dalam, lantaran bagian kaca dilapisi polikarbonat.

Tangki mobil juga didesain sangat kuat dan anti ledakan, sehingga dapat diproteksi dengan baik. Jika pun ban terkena masalah, mobil masih bisa dipacu sejauh 50 km dengan kecepatan 80 km/ jam. Hal ini dikarena ban sudah menggunakan teknologi Run Flat Tyre.

Jeroan mesin BMW Seri 7 ini telah dibenamkan mesin V12 Twin Turbo berkapasitas 6.592 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 600 Tk pada 5.400-6.500 rpm dan torsi 850 Nm. Dengan mesin ini mobil dapat berakselerasi dari 0-100 Km/ jam hanya dalam waktu 6,2 detik dan kecepatan maksimal mencapai 210 Km /jam.

Pada dasarnya, untuk fitur keamanan mobil pejabat atau mobil presiden, pabrikan tidak membocorkan lebih detail. Hal ini karena mereka juga membuat mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan klien termasuk jika presiden memilihnya.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan